<< Back

7 Tips Investasi Saham Online Saat Pasar Global Bergejolak

Melakukan investasi di pasar saham memang tak pernah mulus saja jalannya, selalu saja ada kejutan tak terduga dalam perjalanan investasi tersebut. Salah satu hal yang kerap menjadi tantangan bagi para pelaku investasi saham ini adalah pasar global yang kondisinya tengah bergejolak atau volatil. 

Pada kondisi pasar global yang tengah bergejolak ini, investor harus pintar memainkan strategi investasi. Memilih strategi investasi saham yang tepat di kala pasar global sedang tak stabil ini akan bisa mewujudkan tujuan investasi yang dilakukan. Saat pasar global tengah bergejolak di masa mendatang, Smart People bisa cobakan tips investasi saham online berikut ini untuk bisa bertahan. 

 1. Jangan Panik dan Pertahankan Investasi 

Saat pasar global sedang bergejolak, posisi saham yang tak stabil merupakan pemandangan yang biasa. Biar bagaimanapun juga, gejolak pasar global yang kemudian berefek pada naik turunnya saham merupakan hal yang umum terjadi. Lantas, pada kondisi seperti ini, apa tindakan yang sebaiknya dilakukan? Jawabannya adalah pertahankan investasi dan tepis keinginan untuk menjual saham.  

Bertahan di tengah gejolak pasar global dan menahan diri untuk tak terburu-buru menjual saham karena takut harganya jatuh merupakan hal yang bisa Smart People lakukan. Seiring dengan berjalannya waktu, gejolak pasar global akan mereda yang kemudian berujung pada kembali stabilnya saham dan harganya pun kembali mengalami peningkatan. 

 2. Fokus pada Rencana Awal 

Siapa sih yang tak panik saat melihat pasar saham yang tak stabil? Sah-sah saja untuk merasakan kepanikan tersebut, apalagi jika Smart People masih terbilang baru di bidang ini. Namun, pahami kalau ketidakstabilan pasar bukanlah hal yang baru alias sudah lumrah dan sering terjadi. Sebagai investor, hal yang sebaiknya Smart People lakukan adalah stick to the plan atau fokus pada rencana awal. 

Pada rencana awal investasi, Smart People tentu sudah mengetahui apa saja risiko yang bakal dihadapi saat menjalani investasi nantinya, dimana gejolak pasar global merupakan salah satunya. Dari risiko ini, Smart People tentu sudah memilih strategi apa yang sebaiknya dilakukan saat berinvestasi, sehingga investasi bisa tetap berhasil walau pasar global sedang tak stabil.  

 3. Tetap Lakukan Investasi dengan Rutin 

Tips investasi saham online kala pasar global sedang tak stabil adalah dengan tetap melakukan investasi seperti biasa. Jika Smart People sudah menjadikan investasi sebagai rutinitas, di mana investasi itu dilakukan secara reguler, maka tetaplah melakukannya walau pasar global sedang bergejolak. Saham yang turun tak akan memberi efek yang dahsyat pada performa investasi rutin Smart People

Berinvestasi atau membeli saham saat pasar sedang tak stabil memang tak menjamin adanya imbal atau tidak adanya kemungkinan rugi. Namun, membeli saham di saat harganya sedang turun tentu akan memberi hasil lebih bagi Smart People. Harganya yang lebih murah, memungkinkan Smart People untuk membelinya dalam jumlah yang lebih banyak.  

 4. Hindari Day Trading 

Saat melakukan investasi saham online kala pasar global tengah bergejolak, salah satu hal yang harus Smart People hindari adalah day trading. Day trading ini merujuk pada tindakan membeli dan menjual saham dengan tujuan untuk mendapatkan imbal dari rendahnya harga di kala terjadi fluktuasi di pasar saham akibat gejolak pasar global. 

Meskipun tampaknya terbilang mudah untuk dilakukan, day trading pada saat pasar global sedang tak stabil akan begitu menyita waktu, sulit untuk dilakukan, serta begitu berisiko. Bahkan, jika Smart People tidak begitu paham cara untuk melakukan day trading ini, bisa-bisa kerugian besar akan menghampiri. 

 5. Lakukan Diversifikasi Portofolio 

Agar Smart People bisa lebih tenang di kala pasar global tengah bergejolak, lakukanlah diversifikasi portofolio investasi. Alih-alih hanya berinvestasi dalam bentuk satu aset saja, berinvestasilah pada aset yang berbeda untuk bisa meminimalisir risiko yang nantinya dihadapi kala salah satu aset mengalami penurunan nilai. 

Investor yang melakukan diversifikasi portofolio investasi umumnya akan bisa lebih tenang saat pasar global tengah bergejolak. Alasannya, meskipun salah satu asetnya sedang mengalami penurunan, aset lainnya pun sedang mengalami peningkatan. Diversifikasi portofolio investasi juga akan bisa menghindarkan Smart People dari kerugian besar karena hanya investasi di satu aset saja.  

 6. Pilih Sektor Investasi yang Terbilang Lebih Stabil 

Saat Smart People memutuskan untuk tetap berinvestasi seperti biasanya kala pasar global sedang dalam kondisi tidak stabil, pilihlah sektor investasi yang terbilang relatif stabil  dibandingkan sektor lainnya. Sektor investasi yang stabil ini maksudnya adalah sektor investasi yang meskipun juga merasakan efek dari ketidakstabilan pasar global, tetap bisa lebih stabil dan menghasilkan timbal. 

 7. Minta Pendapat dari Konsultan 

Jika Smart People merasa tak bisa menghadapi ketidakstabilan pasar saham akibat bergejolaknya pasar global, jangan ragu untuk meminta saran dan bantuan dari konsultan atau advisor. Kerja sama dan sinergi dengan advisor ini akan bisa memberi titik terang mengenai tindakan, strategi, atau keputusan apa yang sebaiknya diambil terkait dengan investasi di kondisi tersebut. 

Itulah tadi tips investasi saham online yang bisa Smart People lakukan saat pasar global tengah bergejolak dan mengakibatkan pasar saham menjadi tak stabil. Ingatlah bahwa naik turunnya pasar saham merupakan hal yang wajar. Saat kondisi itu terjadi, hindari kepanikan dan pengambilan keputusan yang tergesa-gesa untuk menghindari kerugian besar pada investasi yang dilakukan.  

Bagi Smart People yang tertarik dengan dunia saham juga bisa belajar melalui RHB Tradesmart. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah Smart People yang ingin trading maupun investasi saham. Langsung Download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store supaya transaksi saham Smart People semakin lancar.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal