<< Back

7 Rekomendasi Film Tentang Saham yang Menarik, Cocok Untuk Belajar Saham

Belajar saham untuk pemula ataupun yang sudah berpengalaman bisa dilakukan dari mana pun, tak terkecuali lewat film. Film tentang saham yang menarik bisa menjadi sumber yang bagus untuk menambah ilmu seputar saham dengan cara yang menghibur. 

 

Biar Smart People gak pusing mencari mana yang sebaiknya ditonton, ayo cek dan tonton rekomendasi film saham yang kami rangkum di artikel berikut ini.

  • The Big Short 

The Big Short menjelaskan bagaimana beberapa orang yang mencoba meraih imbal hasil dengan cara paling berisiko dalam dunia saham, yakni short selling, terhadap Efek Beragun KPR atau Mortgage-Backed Securities (MBS). 

 

Mereka berani bertaruh setelah memprediksi bila MBS dengan kecacatan aset subprime mortgage-nya itu akan mengalami kejatuhan di bursa efek. Benar saja, ekonomi global pada 2008 jatuh karena itu dan mereka berhasil mendapatkan imbal hasil yang besar walaupun dilema muncul di antara mereka.

 

Film yang diangkat dari kisah nyata ini menghadirkan aktor-aktor ternama, seperti Christian Bale dan Brad Pitt, serta berhasil memenangkan satu penghargaan Oscar. 

 

Selain mempelajari dampak yang bisa ditimbulkan dari sebuah investasi yang riskan, film tentang saham ini juga menjelaskan beberapa istilah dalam dunia saham lewat beberapa selingan dengan detail yang menarik dan sederhana. 

  • Margin Call

Margin Call yang dibintangi beberapa aktor kawakan Kevin Spacey ini menceritakan apa yang dilakukan sebuah bank investasi untuk bisa bertahan pada permulaan Krisis Ekonomi 2008 dalam waktu 24 jam, setelah mereka tahu bahwa aset yang mereka miliki telah mengalami penurunan drastis menuju limit.

 

Yang menarik dari cerita di dalamnya adalah bagaimana keputusan yang diambil pihak eksekutif hingga CEO perusahaan berdampak bagi perusahaan hingga para pegawainya, terkadang dengan cara yang pahit. 

 

Dari film ini, Smart People bisa melihat gambaran kehidupan para pekerja yang menawarkan saham dan pandangan mereka terhadap investor. Ini juga menjadi pembelajaran di mana investor harus memahami saham apa yang akan dibelinya. 

  • Inside Job

Jika Smart People mencari film yang tak sebatas drama tapi juga padat informasi, film dokumenter terbaik di ajang Oscar 2011 ini wajib masuk daftar tontonanmu. Pasalnya, Inside Job menghadirkan banyak wawancara dari tokoh-tokoh penting dunia seputar ketimpangan di balik krisis ekonomi dunia, khususnya pada 2008. 

 

Di balik itu juga, film tentang saham ini menjelaskan bagaimana investasi saham tradisional yang stabil digantikan investasi modern yang berisiko karena regulasi pemerintah yang melemah. Produk investasi modern penuh celah seperti collateralized debt obligation (CDO) pun dijelaskan secara mendetail di film ini.

  • Becoming Warren Buffett

Belajar saham pemula belum lengkap rasanya bila tidak mengenal investor sekaligus salah satu miliarder tertinggi di dunia, Warren Buffett. Di film Becoming Warren Buffett ini, Smart People akan diajak masuk ke kehidupan pria yang sudah mulai membeli saham sejak umurnya masih belasan tahun ini. 

 

Lewat film ini, Smart People bisa menyaksikan bagaimana manajemen keuangan penting dalam hal berinvestasi ataupun trading. Di awal film misalnya, Warren akan memotong sedikit uang makan hari itu karena harga bursa sedang turun. 

 

Di samping itu, film produksi HBO ini juga menerangkan berbagai poin penting. Di antaranya termasuk hal lebih yang bisa dilakukan dengan membeli saham dan juga bagaimana memilih saham versi Warren, serta pandangan pribadinya terhadap Wall Street.

  • Floored

Film arahan James Allen Smith ini merupakan film dokumenter yang mengisahkan bagaimana kehidupan trader saham dari para floor trader. 

 

Floor trader sendiri sama halnya trader biasa yang menjual dan membeli saham untuk dirinya sendiri. Bedanya, mereka melakukannya langsung secara fisik di tempat bursa saham ketimbang menggunakan gawai, mirip dengan gambaran film kebanyakan yang memotret keramaian orang di ruangan Wall Street yang dipenuhi layar grafik saham.

 

Film tentang trading saham ini berfokus pada bagaimana para trader tradisional ini berusaha mengikuti peralihan era trading dengan menggunakan komputer. Smart People juga bisa memahami mental dan kehidupan seorang trader dari film ini.

  • Wall Street

Film keluaran tahun 1987 dikenal sebagai fim berpengaruh bagi para trader dan broker saham. Hal ini khususnya berasal dari karakter Gordon Gekko, seorang investor saham besar yang menggunakan praktik ilegal insider trading atau orang dalam sehingga dia bisa mendapatkan informasi dan mengendalikan bursa saham.

 

Smart People bisa mengetahui betapa berbahaya praktik insider trading ini dan bagaimana keserakahan menjadi faktor pendorong yang buruk dalam bertransaksi saham. 

  • Wolf of Wall Street

Film yang diangkat dari tokoh nyata bernama Jordan Belfort yang diperankan Leonardo DiCaprio menceritakan penipuan dalam penawaran saham terhadap investor. 

 

Praktik yang dilakukan oleh Jordan dan perusahaan pialang yang dibangunnya dari nol ini berupa penjualan saham dari perusahaan kecil dengan harga tinggi dan rekomendasi saham yang salah.

 

Lewat film ini, Smart People bisa mempelajari penipuan saham yang haruslah dihindari, terlebih bila Smart People ditawari saham dengan imbal hasil yang terlalu tinggi dan terdengar mencurigakan.

 

Ilmu tentang saham bisa dipelajari dari sumber apa saja. Teori yang Smart People dapat pun tentu akan semakin meningkat bila terjun langsung merasakan bagaimana berinvestasi atau trading saham. 

 

Jika tertarik untuk memulai langsung investasi atau trading saham, Smart People bisa mencoba memanfaatkan aplikasi RHBTRADESMARTID yang sudah dilengkapi berbagai fitur untuk memudahkan transaksi saham di mana saja dan kapan saja. 

 

RHB Tradesmart juga menyediakan layanan kelas belajar saham untuk para nasabahnya. Dan lagi, kelasnya tidak dipungut biaya. Download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store sekarang.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal