<< Back

7 Langkah Tepat untuk Mencapai Financial Freedom, Jadi Independen Soal Keuangan!

Financial freedom

Financial freedom merujuk pada kondisi keuangan di mana seseorang memiliki tabungan, investasi, serta uang kas yang bisa mencukupi gaya hidupnya. Seseorang yang sudah berada di fase financial freedom, memungkinkannya untuk bisa pensiun dari pekerjaannya, disebabkan karena dia sudah punya cukup simpanan untuk bisa menghidupinya tanpa harus bekerja. 

Mencapai financial freedom tentu menjadi impian dari banyak orang. Siapa sih yang tidak ingin hidup dengan santai, tanpa harus memusingkan biaya ini dan itu. Bahkan, Smart People bisa memulai karier baru, tanpa harus dihantui kewajiban untuk menghasilkan uang alias murni karena keinginan sendiri. Ingin mencapai financial freedom ini? Yuk simak langkah-langkahnya di sini. 

  1. Tentukan Tujuan Hidup

Langkah pertama untuk bisa mencapai financial freedom adalah dengan menentukan tujuan hidup. Terdengar sepele, namun hal ini sama sekali tidak mengherankan, karena di luar sana banyak orang yang tidak tahu apa sih hal yang ingin dicapainya dalam hidup. Alhasil, orang tersebut tidak memiliki ambisi, sehingga tentu tidak ada upaya apa pun yang dilakukannya. 

Buatlah tujuan hidup se-spesifik mungkin, karena semakin spesifik tujuan hidup tersebut maka akan semakin besar usaha yang nantinya dilakukan untuk mencapainya. Dalam menentukan tujuan tersebut, selalu pertimbangkan bagaimana gaya hidup yang dijalani, berapa banyak uang yang harus dimiliki, serta pada umur berapa tujuan tersebut ingin bisa diwujudkan. 

  1. Tentukan Bujet Bulanan 

Langkah selanjutnya untuk mencapai financial freedom adalah dengan menentukan bujet bulanan. Dengan adanya penyusunan bujet bulanan, Smart People akan mengetahui kemana sih aliran dana yang dikeluarkan tiap bulannya. Budgeting juga akan menghindarkan Smart People dari overspending serta pengeluaran yang sifatnya sama sekali tidak diperlukan.   

  1. Hindari Utang 

Jika ingin mencapai financial freedom, Smart People harus menghindari yang namanya utang. Tidak hanya sekadar utang yang dipinjam dalam bentuk dana tunai saja, melainkan juga utang dalam bentuk kartu kredit dan lainnya. Makanya, sebelum memulai perjalanan menuju financial freedom, pastikan Smart People sudah membayar utang-utang yang dimiliki sebelumnya.  

  1. Pilih Karier yang Tepat 

Salah satu faktor utama dalam mencapai financial freedom adalah pendapatan. Makanya, mau tidak mau, karier yang dijalani akan sangat berperan besar dalam menentukan keberhasilan dalam mencapai financial freedom tersebut. Carilah pekerjaan yang bisa Smart People nikmati mengerjakannya, serta bisa mendukung tercapainya tujuan finansial yang diinginkan. 

Dalam memilih pekerjaan yang tepat, ada beberapa hal yang bisa Smart People jadikan pertimbangan. Hal-hal tersebut seperti potensi peningkatan pendapatan dari pekerjaan tersebut, peluang jenjang karier, kenyamanan dalam menjalankan karier, serta ketersediaan benefit lain seperti dana pensiun dan asuransi kesehatan. 

  1. Siapkan Dana Darurat 

Menyiapkan dana darurat juga menjadi langkah yang tepat dalam proses mencapai financial freedom. Dana darurat ini nantinya akan berguna saat Smart People dihadapkan pada situasi darurat atau tiba-tiba terjadi, misalnya saja kehilangan pekerjaan, bangkrut, jatuh sakit, terkena musibah, dan situasi di luar perkiraan lainnya. 

Adapun besaran ideal untuk dana darurat ini minimal sebanyak 3 kali pengeluaran Smart People per bulannya. Jadi, jika sekiranya pengeluaran Smart People adalah 5 juta rupiah per bulan, pastikan Smart People menyiapkan dana darurat sebesar 15 juta rupiah. Ketersediaan dana darurat akan menjadi pegangan nantinya, jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. 

  1. Mulai Investasi 

Investasi merupakan salah satu kunci untuk bisa mencapai financial freedom. Dengan melakukan investasi, maka Smart People bisa menghasilkan passive income, di samping pendapatan rutin yang Smart People hasilkan dari pekerjaan utama. Semakin cepat Smart People memulai investasi, maka akan semakin cepat pertumbuhan uang yang nantinya Smart People dapatkan. 

Dalam memilih investasi ini, pilihlah investasi yang sesuai dengan profil risiko Smart People. Profil risiko maksudnya adalah seberapa besar risiko yang bisa Smart People tanggung dalam menjalankan investasi tersebut. Beberapa opsi investasi yang bisa jadi pilihan Smart People seperti reksa dana dan saham. 

  1. Hemat Pengeluaran 

Menghemat pengeluaran akan bisa membantu mewujudkan keinginan Smart People mencapai financial freedom. Hemat pengeluaran tak melulu berkaitan dengan menahan keinginan untuk membeli suatu hal yang sebenarnya tidak Smart People perlukan. Smart People juga bisa menghemat pengeluaran dengan mengubah kebiasaan atau gaya hidup sehari-hari. 

Coba buat daftar pengeluaran yang selama ini rutin Smart People anggarkan. Kemudian, coba lihat ketersediaan peluang untuk mengurangi pengeluaran tersebut. Contoh simpelnya saja bisa dilihat dari pengeluaran untuk listrik. Smart People bisa coba kurangi pengeluaran untuk biaya listrik, dengan tidak menghidupkan lampu pada siang hari ataupun alat elektronik pada saat tidak digunakan.   

Capai Financial Freedom dengan Investasi Saham 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu cara untuk mencapai kebebasan finansial adalah dengan berinvestasi. Salah satu instrumen investasi yang bisa Smart People jadikan pilihan untuk menghasilkan passive income adalah saham. Smart People bisa gunakan aplikasi RHB Tradesmart ID, untuk mendukung aktivitas investasi saham tersebut. 

Investasi leher ke atas lewat RHB Smart Talk bersama tim riset RHB Sekuritas setiap hari.

Mengapa harus RHB Tradesmart ID? Alasannya tentu saja karena ketersediaan fitur-fitur unggulan miliknya, yang bisa bantu Smart People dalam mengoptimalkan imbal hasil investasi saham nantinya. Memulai investasi saham melalui RHB Tradesmart ID pun juga gampang kok, Smart People bahkan bisa memulai investasi saham mulai dengan dana minimal 100 ribu rupiah saja. 

Bagaimana, sudah siap untuk selangkah lebih maju dalam mencapai financial freedom? Financial freedom tak hanya akan jadi sekadar mimpi, jika Smart People bersungguh-sungguh untuk mencapainya. Smart People bisa ikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, untuk membantu mencapai kebebasan finansial yang selama ini diimpikan. 

Makin cepat memulai investasi, maka Smart People pun selangkah lebih maju mencapai financial freedom. Makanya, yuk mulai investasi saham mulai dari sekarang dengan menggunakan aplikasi RHB Tradesmart ID, yang bisa Smart People unduh aplikasinya di iOS ataupun Android. 

Sumber: 

Danielsson, Matt. (2022, September 23). How to Reach Financial Freedom: 12 Habits to Get You There. Investopedia. Diakses pada tanggal 2 Februari 2023 melalui https://www.investopedia.com/articles/personal-finance/112015/these-10-habits-will-help-you-reach-financial-freedom.asp

Ramsey Solutions. (2022, Oktober 15). 15 Ways to Achieve Financial Freedom. Ramsey. Diakses pada tanggal 2 Februari 2023 melalui https://www.ramseysolutions.com/retirement/what-is-financial-freedom

BFI Finance Team. (2022, Juni 15). 8 Ways to Achieve Financial Freedom The Best Version of Yourself! Diakses pada tanggal 2 Februari 2023 melalui https://www.bfi.co.id/en/blog/8-cara-mencapai-financial-freedom-versi-terbaik-dari-diri-sendiri

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal