<< Back

6 Tips dan Trik Saat Mengamati dan Membaca Pergerakan Saham

Pergerakan Saham 2

Pergerakan harga saham terjadi karena terus bergantinya suplai dan permintaan atas saham tersebut. Saat permintaan lebih besar dibanding suplai, maka harga saham akan bergerak naik. Sedangkan saat suplai lebih banyak dari permintaan, harga saham akan bergerak turun. Saat membaca pergerakan saham ini, Smart People bisa lakukan beberapa tips berikut ini. 

Tips Membaca Pergerakan Saham 

Pergerakan saham biasanya digambarkan dalam bentuk grafik atau chart. Dari chart tersebut, investor atau trader bisa memperoleh insight seputar saham, termasuk memprediksi arah pergerakan saham tersebut ke depannya. RHB Tradesmart ID merupakan salah satu aplikasi investasi online yang menghadirkan chart ini. Smart People bisa lakukan tips berikut ini saat membaca saham

  1. Tentukan Periode Waktu Pergerakan Saham 

Bagi Smart People yang ingin membaca pergerakan saham, mulailah dengan menentukan periode waktu atau time frame pergerakan saham yang ingin dibaca dan dianalisis. Biasanya, grafik pergerakan saham yang dihadirkan oleh aplikasi investasi saham menghadirkan periode waktu pergerakan saham per hari, per minggu, hingga per bulan. 

  1. Identifikasi Tipe Grafik Pergerakan Saham 

Hal penting yang harus Smart People ketahui jika ingin membaca pergerakan saham adalah grafik pergerakannya bisa ditampilkan dalam beberapa tipe. Ada yang namanya line chart, bar chart, hingga candlestick chart, yang masing-masing menyimbolkan bentuk grafik tersebut. Jadi, sebaiknya Smart People tentukan dulu grafik tipe mana yang memang Smart People pahami penggunaannya. 

Sebagai informasi, pergerakan saham yang ditampilkan melalui line chart akan menghadirkan gambaran pergerakan aset saham dengan cara menghubungkan harga penutupan dengan sebuah garis. Sedangkan untuk pergerakan harga saham dengan bar chart, akan memberi representasi yang lebih mendetail atas harga-harga saham, seperti harga terendah, tertinggi, dan harga penutupan.  

Beda lagi dengan candlestick chart yang bisa dibilang merupakan grafik paling sering digunakan oleh para trader aktif. Grafik lilin ini merupakan perpaduan dari line chart dengan bar chart. Masing-masing pola grafiknya merepresentasikan periode waktu yang spesifik, berikut dengan harga kala pembukaan, penutupan, terendah, dan tertinggi. 

  1. Perhatikan Sumbu X dan Sumbu Y 

Pada grafik pergerakan harga saham terdapat 2 sumbu, yakni sumbu X dan sumbu Y. Sumbu X pada grafik pergerakan saham merepresentasikan waktu. Sumbu X ini akan menunjukkan tanggal atau periode waktu dari grafik pergerakan harga yang ditampilkan. Jadi, saat akan membaca saham nantinya, perhatikan dulu apakah periode waktunya sudah sesuai keinginan. 

Selanjutnya ada sumbu Y yang merepresentasikan pergerakan harga dari saham tersebut. Sumbu Y ini menampilkan harga saham pada sumbu vertikal, di mana harga yang lebih tinggi berada di bagian atas sumbu Y tersebut, sedangkan harga yang lebih rendah berada di bagian bawah sumbu Y. 

  1. Identifikasi Tren yang Sedang Berlangsung pada Grafik 

Saat sedang membaca pergerakan saham pada grafik, perhatikan tren apa yang sedang terjadi di grafik tersebut. Adapun tren pada grafik pergerakan saham bisa berupa upward alias harga saham terus bergerak naik atau downward alias harga saham terus bergerak turun. Tidak lupa juga, perhatikan apakah ada perubahan harga atau perubahan volume perdagangan yang signifikan. 

  1. Identifikasi Level Support dan Resistance 

Saat membaca pergerakan harga saham, Smart People jangan sampai lupa memperhatikan level support dan resistance di grafik tersebut. Level support merujuk pada area di mana pergerakan suatu saham yang sedang mengalami penurunan memiliki potensi untuk berakhir fase penurunannya. Pun terjadi penurunan harga lanjutan, tidak akan melebihi area support ini. 

Sedangkan level resistance merupakan area di mana pergerakan harga suatu saham yang sedang mengalami kenaikan berpotensi untuk mengakhiri kenaikannya. Maknanya, sekiranya terjadi kenaikan harga saham nantinya, kenaikan harganya tidak akan melampaui area atau titik resistance tersebut.  

  1. Analisis Grafik Berdasarkan Hasil Identifikasi 

Berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan atas tipe grafik yang terbentuk, tren, hingga area support dan resistance, Smart People bisa mulai untuk menganalisis pergerakan harga saham tersebut. Berdasarkan analisis yang dilakukan inilah nantinya keputusan investasi saham akan diambil, sehingga bisa dipastikan bukan keputusan yang asal-asalan saja. 

Perlukah Fundamental Saat Membaca Pergerakan Saham

Pada dasarnya, membaca pergerakan harga saham melalui grafik merupakan bentuk analisis teknikal. Jadi, tidak ada hubungannya dengan analisis fundamental yang didasarkan pada hal-hal seperti laporan keuangan perusahaan, kondisi ekonomi perusahaan, dan lainnya. Pun begitu, kolaborasi hasil analisis keduanya bisa menjadi dasar bagi investor atau trader dalam mengambil keputusan investasi. 

Baca Grafik Pergerakan Saham di RHB Tradesmart ID

Saat ini, akses untuk membaca dan menganalisis pergerakan saham semakin mudah, salah satunya dengan kehadiran RHB Tradesmart ID, aplikasi investasi dan trading saham online. Grafik pergerakan harga saham yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID bisa dengan mudah Smart People akses di mana saja dan kapan saja melalui aplikasinya. 

Agar Smart People lebih mudah memahami pergerakan harga saham tersebut, RHB Tradesmart ID pun menghadirkan fitur Smart Analyzer. Nantinya, analisis saham akan dilakukan oleh fitur ini, sehingga hasilnya bisa jadi bahan pertimbangan Smart People dalam mengambil keputusan atas saham yang dianalisis tersebut. 

Mudah baca dan analisis grafik saham dengan pakai aplikasi investasi saham online, RHB Tradesmart ID. Unduh aplikasinya dan manfaatkan fitur SMART guna raih imbal hasil impian.  

Sumber: 

Duggan, Wayne. 2023, Maret 08. How To Read Stock Charts. Forbes. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.forbes.com/advisor/investing/how-to-read-stock-charts/

Jackson, Anna Louise, et al. 2024, Maret 22. How to Read Stock Charts: Quick-Start Guide. Nerd Wallet. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.nerdwallet.com/article/investing/how-to-interpret-stock-charts-and-data

Folger, Jean. 2024, Maret 15. Tips for Stock Charts That Enhance Your Analysis. Investopedia. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.investopedia.com/articles/trading/10/high-performance-charts.asp

O’Brien, Kate. 2023, April 19. How to read stock charts. The Motley Fool. Diakses pada tanggal 17 Mei 2024 melalui https://www.fool.com.au/investing-education/how-to-read-stock-charts/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal