<< Back

6 Produk Keuangan Ini Harus Kamu Miliki! Sudah Punya Berapa?

Produk keuangan

Di zaman sekarang kebutuhan semakin kompleks sehingga perlu untuk mengatur keuangan dengan lebih bijak. Smart People dapat memanfaatkan beberapa produk keuangan untuk menempatkan dana yang dimiliki agar masa depan finansial lebih terjamin.

Tentukan alokasi dana untuk belanja bulanan dan dana untuk simpanan sesuai dengan pendapatan yang diterima. Lantas, produk finansial apa saja yang bisa bagus untuk menyimpan dana yang Smart People miliki?

Jenis Produk Keuangan yang Wajib Dimiliki

Pengertian produk keuangan adalah segala bentuk instrumen yang digunakan untuk mengalokasikan dan mengelola dana. Jenis produknya beragam yang banyak ditawarkan oleh berbagai lembaga atau jasa keuangan. Smart People sebaiknya memiliki beberapa produk finansial berikut untuk mendapatkan manfaatnya di masa depan. 

1. Rekening tabungan

Produk seperti rekening tabungan dapat dimanfaatkan untuk mengelola keuangan dengan mudah. Rekening tabungan sangat berguna untuk lalu lintas keuangan seperti menerima gaji, alokasi untuk pos pengeluaran, transfer uang dan lain sebagainya.

Tidak ada salahnya untuk memiliki beberapa rekening bank, misalnya rekening khusus untuk tabungan anak, rekening khusus untuk belanja, rekening untuk dana darurat dan lainnya. Namun, perlu diketahui bahwa bunga tabungan sangat sedikit sehingga jangan terlalu mengharapkan keuntungan dari produk ini.

Memiliki rekening tabungan tetap penting karena lebih mudah untuk dicairkan. Artinya, Smart People bisa menggunakannya kapan saja jika sewaktu-waktu membutuhkan.

2. Asuransi

Asuransi adalah produk keuangan yang sangat berguna untuk melindungi risiko kerugian keuangan di masa depan. Produk asuransi yang paling populer adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

Smart People akan mendapatkan manfaat perlindungan sesuai premi yang dibayarkan setiap bulannya. Keunggulan dari produk ini adalah premi asuransi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

Asuransi kesehatan penting untuk dimiliki semua orang. Sedangkan untuk asuransi jiwa lebih disarankan untuk dimiliki oleh Smart People yang menjadi tulang punggung keluarga. Sebelum membeli asuransi, pastikan Smart People memahami aturan dan polis asuransi tersebut.

3. Pembiayaan

Menabung untuk membeli rumah, mobil atau properti lain yang harganya tergolong mahal tentu membutuhkan waktu yang lama. Nah, salah satu solusi untuk kebutuhan tersebut yaitu memanfaatkan produk pembiayaan dari jasa keuangan tertentu.

Jenis dan contoh produk keuangan untuk pembiayaan antara lain Kredit Pemilikan Rumah (KPR), kartu kredit, kredit usaha, pinjaman KTA, dan lain sebagainya. Keunggulan dari produk-produk tersebut adalah memungkinkan Smart People untuk mendapatkan modal atau barang dengan lebih cepat.

Smart People dapat melunasi angsuran layaknya menabung setiap bulan. Sebelum menggunakan produk pembiayaan, pastikan Smart People sanggup dengan bunga dan biaya yang dibebankan.

4. Digital wallet

Buat milenial dan generasi Z mungkin sudah familiar dengan produk yang satu ini. Digital wallet cukup diminati karena lebih praktis dan mudah digunakan. Tidak perlu ke kantor bank, Smart People bisa membuat e-wallet online melalui smartphone.

Selain praktis, digital wallet juga kerap memberikan promo menarik seperti diskon, cashback, voucher belanja dan lain sebagainya. Smart People dapat menyisihkan 10% dari penghasilan untuk ditempatkan di digital wallet ini.

Produk digital wallet dapat memudahkan Smart People untuk belanja atau membayar secara nontunai. Jika membutuhkan uang, Smart People juga bisa menarik tunai dengan mudah.

5. Dana Pensiun

Mungkin masa pensiun masih lama, tetapi penting untuk menyiapkan sejak sekarang. Saat masih bisa bekerja dan produktif adalah waktu yang tepat untuk mulai menyiapkan tabungan pensiun. Bisa sisihkan 5-10% dari penghasilan Smart People untuk tabungan hari tua ini.

Dengan memiliki dana pensiun, tidak perlu terlalu khawatir dengan masa tua nanti saat Smart People sudah tidak lagi produktif. Dana pensiun ini dapat menjadi pendapatan pasif untuk memenuhi kebutuhan di masa tua setelah pensiun atau berhenti bekerja.

Smart People tetap bisa menikmati hidup dengan sejahtera dan tidak merepotkan anak atau keluarga. Jadi, miliki juga produk ini untuk membantu mengelola keuangan jangka panjang.

6. Investasi

Terdapat keunggulan masing-masing produk keuangan sehingga bisa disesuaikan kebutuhan. Satu lagi produk finansial yang wajib untuk dimiliki adalah investasi. Ada berbagai jenis investasi yang dapat membantu mengamankan keuangan Smart People di masa depan.

Produk investasi juga sudah merambah secara online sehingga Smart People bisa memilikinya dengan mudah. Mulai dari investasi emas, reksa dana, deposito, kripto, saham, crowdfunding, dan lain sebagainya.

Kenali produk investasi yang sesuai kebutuhan dan kemampuan Smart people. Salah satu produk investasi yang kini banyak diminati adalah saham. Produk ini menawarkan imbal hasil yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan emas, deposito, dan investasi lain.

Hal penting yang perlu diingat adalah peluang imbal hasil dari investasi saham selalu beriringan dengan potensi risikonya. Tidak perlu memaksakan diri apalagi Cuma ikut-ikutan tren.

Lakukan analisis dengan cermat dan belajar investasi saham melalui RHB Tradesmart ID. Silakan download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store untuk belajar jual-beli saham online dengan berbagai fiturnya.

Itulah beberapa produk keuangan yang seharusnya dimiliki terutama bagi Smart People yang kesulitan dalam mengelola keuangan. Segera miliki dan rencanakan keuangan Smart People dengan lebih bijak untuk kesehatan finansial yang lebih baik kini dan nanti.

Referensi:

Irfan Bayu. 2022. “7 Produk Keuangan Penting yang Perlu Dimiliki oleh Milenial, Kamu Wajib Tahu”. Kemenkeu.go.id

QM Financial. 2023. “7 Contoh Produk Keuangan yang Wajib Dimiliki Oleh Setiap Orang Sekarang”. Qmfinancial.com

Siti Hadijah. 2020. “5 Produk Keuangan yang Bisa Kamu Manfaatkan Agar Masa Depan Bahagia”. Cermati.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal