<< Back

6 Prinsip Investasi yang Wajib Dimiliki Para Trader

prinsip trader

Investasi saham yang kian populer di masyarakat memang bisa dimanfaatkan untuk tujuan finansial di masa depan. Namun Smart People sebaiknya tidak asal ikut-ikutan investasi saham online hanya karena orang lain mendapatkan hasil yang menggiurkan.

Masih banyak masyarakat terutama millennial yang nekat terjun ke dunia investasi tanpa mempelajari dulu prinsip-prinsipnya. Sebaiknya Smart People tidak asal-asalan dalam berinvestasi tetapi pelajari dulu beberapa prinsip investasi berikut. 

Meski gaya trading setiap orang berbeda-beda, bukan berarti tidak ada prinsip dasarnya. Berikut beberapa prinsip investasi yang sebaiknya dipahami oleh setiap investor maupun trader.

1. Komitmen

Prinsip dasar dalam investasi yang perlu dipahami oleh trader adalah komitmen. Jika Smart People memutuskan untuk investasi saham, berarti Smart People berkomitmen untuk menyisihkan waktu, tenaga, uang, dan siap menghadapi risikonya.

Perlu Smart People ketahui bahwa trading saham tidak melulu mendapatkan hasil yang bagus. Terkadang prediksi meleset dan membuat trader mengalami kerugian. Oleh sebab itu, Smart People perlu komitmen yang kuat untuk melalui setiap prosesnya.

2. Pengetahuan

Bagi para trader maupun investor, pengetahuan menjadi kekuatan mereka untuk mendapatkan hasil sesuai yang direncanakan. Cari informasi yang lebih banyak untuk menambah pengetahuan Smart People terutama terkait saham-saham incaran.

Gunakan aplikasi investasi saham online untuk membantu Smart People mempelajari tren pasar. Penting bagi seorang trader untuk memiliki kemampuan dan pengetahuan seputar pasar saham. Namanya pasar saham tentu bisa berubah-ubah, tren harga sama bisa naik bisa juga turun bahkan dalam hitungan detik.

3. Sisihkan dana

Prinsip investasi yang perlu ditanamkan oleh investor maupun trader adalah disiplin menyisihkan dana untuk investasi. Pastikan Smart People memiliki uang yang cukup untuk melakukan investasi dengan membagi keuangan sesuai porsi dan kemampuan.

Sebelum menggunakan uang untuk investasi, pastikan Smart People tidak menggunakan dana untuk kebutuhan pokok, membayar cicilan, atau dana darurat. Jadi uang yang digunakan untuk membeli saham memang dana yang sudah dialokasikan khusus untuk investasi tanpa tercampur dana lain.

4. Manajemen risiko

Trading saham tentu memiliki peluang hasil dan risiko yang sebanding. Jangan hanya tertarik dengan peluang hasil yang menggiurkan, tetapi Smart People harus memperhitungkan juga risikonya. Manajemen risiko seperti jumlah uang yang akan digunakan untuk trading, target investasi, dan kerugian yang berani di tanggung.

Perlu diketahui bagi Smart People yang belajar investasi saham bahwa risiko yang diambil setiap orang berbeda-beda. Ada tipe yang lebih suka mencari aman dengan menghindari risiko besar dan ada juga yang berani untuk mengambil risiko besar asal peluang hasilnya juga besar. Sebelum berinvestasi, sebaiknya Smart People kenali dulu profil risikonya.

5. Jangan cepat puas

Selain manajemen risiko, prinsip investasi yang perlu dipahami oleh trader adalah kemampuan mengatur emosi. Hindari sikap rakus untuk mencegah Smart People mengalami kerugian yang tidak terduga-duga. Selalu pertimbangkan dengan analisis sebelum mengambil keputusan.

Jangan cepat puas dengan hasil yang sudah pernah didapat. Terus belajar agar kemampuan atau skill Smart People semakin terasah untuk menjadi seorang expert. Jika perlu, Smart People bisa bergabung dengan komunitas atau mencari mentor yang dapat membantu Smart People mempelajari lebih banyak strategi trading saham.

6. Taat entry dan exit rules

Kemampuan untuk mengambil keputusan membuka dan menutup posisi sangat menentukan kesuksesan seorang trader. Smart People perlu mempelajari kapan waktu yang tepat untuk masuk dan menutup posisi dengan menggunakan manajemen risiko yang tepat.

Smart People dapat menggunakan berbagai indikator untuk pertimbangan jual beli saham. Selalu taat dengan aturan ini supaya investasi Smart People lebih aman. Seiring waktu dan jam terbang yang lebih banyak, kemampuan Smart People akan semakin baik untuk mengetahui waktu yang tepat membuka posisi.

Promo Smart Rate RHB

Smart People dapat memanfaatkan margin saham sebagai alat jungkit untuk meningkatkan peluang imbal hasil. Tidak ada salahnya untuk membuka rekening margin apalagi ada penawaran menarik dari RHB Sekuritas yaitu Smart Rate. Melalui promo Smart Rate ini, Smart People dapat menikmati bunga margin terendah di Indonesia saat ini.

Bagi Smart People yang masih belajar saham pemula perlu mengetahui bahwa margin saham adalah pinjaman dana dari perusahaan sekuritas untuk meningkatkan kemampuan beli trader. Margin saham dikenai bunga dan RHB menawarkan bunga margin terendah nomor 1 dengan hanya 9% per tahun.

Kebanyakan bunga margin di pasar saat ini antara 15% hingga 18% per tahun. Jika dihitung-hitung, selisihnya cukup banyak.

Itulah beberapa informasi penting mengenai prinsip investasi yang wajib dimiliki oleh setiap trader. Seorang investor penting untuk memiliki prinsip agar bisa investasi saham online dengan lebih baik dan terarah. Prinsip investasi dapat membantu investor lebih disiplin dalam mengelola investasi sehingga mampu mencapai target atau tujuan investasi.Tertarik dengan investasi di dunia saham? Smart People bisa mulai belajar saham melalui aplikasi saham online RHB TradeSmart yang memiliki sejumlah fitur pintar. Melalui indikator dan fitur analisa di aplikasi, Smart People bisa jual beli saham online lebih terarah. Tunggu apalagi, download aplikasi RHB TradeSmart di Play Store dan App Store.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal