<< Back

6 Hal yang Harus Ada di Aplikasi Trading Saham Kamu

Trading saham saat ini sudah menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh sejumlah kalangan. Bukan hanya sekadar mengikuti tren, namun juga sebagai bagian dari investasi jangka pendek dan tentu saja untuk mendapatkan imbal hasil yang maksimal.

Tren yang semakin berkembang pada akhirnya membuat semakin banyak aplikasi trading saham online bermunculan dengan berbagai fitur dan klaim hasil yang menggiurkan. Buat Smart People yang bisa dibilang masih pemula, tentu akan kesulitan. Oleh karenanya, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Memastikan izin dan legalitas

Hal pertama yang harus selalu diperhatikan adalah memastikan kembali apakah aplikasi dan perusahaan yang menaunginya sudah benar-benar memiliki izin dan sudah terdaftar secara legal. Izin yang dimaksud tentunya yang berkaitan dengan OJK, Bappebti, dan otoritas lain yang terkait.

Tanpa adanya izin yang jelas, tentu kedepannya akan ada banyak permasalahan yang bisa Smart People hadapi. Bisa saja aplikasi tersebut tidak memberikan data yang akurat, atau belum lagi dengan risiko trading bodong yang menyebabkan kerugian materiil.

Apabila aplikasi atau perusahaan broker tersebut mengklaim telah terdaftar di OJK, Smart People harus cek lagi pada laman resmi otoritas tersebut. Cek kembali apakah memang benar sudah terdaftar atau hanya klaim sepihak saja.

2. Tersedia analisis data yang akurat

Aktivitas trading saham akan selalu melibatkan analisis data. Dengan demikian, masing-masing trader akan mendapatkan gambaran apakah dirinya akan mendapat hasil yang maksimal atau malah sebaliknya. Pilihlah aplikasi yang menyediakan analisis yang rinci dan tepat sehingga hasil yang diperoleh bisa lebih maksimal.

Adanya beberapa data, grafik, hingga bagan-bagan yang menunjukkan laporan keuangan hingga rasio bisa dipakai guna menilai kinerja suatu saham. Grafik dan bagan yang tersedia juga dapat dipakai sebagai dasar penentuan strategi seperti apa yang bisa digunakan untuk jual beli saham.

Tentunya, analisis yang diberikan tidak hanya lengkap, namun juga mudah diakses dan enak dibaca. Dengan begitu, Smart People yang sedang belajar trading saham pun juga bisa lebih mudah mengambil dan menentukan berbagai keputusan.

3. Besaran fee dan minimal deposit

Pada saat akan menjalankan trading saham, tentunya Smart People harus mendaftar pada layanan broker terpercaya. Akan tetapi, tidak semua broker memberikan layanan yang sesuai terkait dengan deposit maupun besaran fee yang akan ditransaksikan.

Aplikasi broker dan trading yang baik tentunya akan memberikan informasi yang jelas mengenai hal tersebut. Bahkan kini, sudah ada sejumlah aplikasi dan broker yang menginfokan kalau deposit yang diperlukan adalah nol rupiah sehingga Smart People bisa menyetor dana sesuai kebutuhan.

Begitu pula dengan fee transaksi yang bisa ditarik dari aplikasi. Kemudahan dalam melakukan proses penarikan dana melalui aplikasi tentu merupakan hal yang penting supaya Smart People bisa menikmati hasil yang sudah didapatkan dalam setiap transaksi. Kalau prosesnya berbelit-belit, tentu para nasabah jugalah yang akan merugi.

4. Layanan yang responsif

Setiap trader pemula tentu akan merasakan beberapa kesulitan saat melakukan akses dan transaksi trading pertama kali. Tidak mengherankan jika kemudian mereka sangat membutuhkan customer service dan layanan yang responsif.

Meskipun menggunakan aplikasi trading saham, tidak ada salahnya jika layanan customer sudah terintegrasi di dalamnya sehingga Smart People bisa langsung menghubungi CS secara cepat saat membutuhkannya. Pastikan kembali apakah layanan konsumen ini dapat diakses 24 jam dalam 7 hari sehingga memudahkan Smart People kapanpun dan dimanapun.

5. Adanya fitur terbaik

Fitur aplikasi menjadi salah satu hal yang juga perlu dipertimbangkan. Aplikasi trading saat ini biasanya sudah dibekali dengan fitur robot advisor yang dapat membantu Smart People dalam memilih saham, notifikasi trading plan, hingga sejumlah fitur untuk membantu menentukan sebuah keputusan.

Tentunya aplikasi yang tidak upgrade dengan fitur terkini akan sulit berkembang dan banyak ditinggalkan para nasabah, apalagi saat ini sudah banyak nasabah milenial yang banyak menginginkan layanan serba cepat dan otomatis. Dengan begitu, Smart People dapat bertransaksi saham di mana saja dan kapan saja.

6. Tampilan yang user-friendly

Jangan lupakan juga aplikasi dengan tampilan yang mudah diakses para pengguna pemula sekalipun. Tampilan yang friendly dan memberikan kesan menarik bagi para pengguna tentu bisa menjadi kelebihan tersendiri, selain tentu saja tidak melupakan fungsi aplikasi tersebut.

Tampilan yang berbelit-belit tentunya akan sangat menyulitkan para nasabah dan Smart People sendiri dalam mengetahui data-data saham terbaik yang berpotensi. Apalagi jika aplikasinya sering terkendala bug atau slow respond, tentu saja akan membuat Smart People menjadi mudah emosi.

Demikian beberapa tips untuk memilih aplikasi trading saham terbaik sehingga memungkinkan Smart People mendapatkan hasil yang optimal. Kalau bingung dengan aplikasi mana yang terbaik, manfaatkan saja aplikasi terbaik untuk transaksi trading dari RHBTRADESMARTID.

Aplikasi ini sudah dibekali dengan sejumlah fitur dan layanan terbaik dan pastinya berguna untuk kemudahan trading di mana saja dan kapan saja. Tunggu apa lagi, segera download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store atau App Store ya!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal