<< Back

6 Deretan Saham FMCG yang Beredar di BEI, Siap untuk Dibeli!

Saham FMCG

Saham FMCG menjadi salah satu pilihan aset yang dianggap sangat potensial di kalangan para investor. FMCG itu sendiri adalah Fast-Moving Consumer Goods dan menjadi salah satu jenis emiten yang fundamentalnya dianggap cukup kuat. Jika Smart People tertarik untuk berinvestasi di jenis saham ini, mari cari tahu apa saja pilihan saham yang menarik untuk dibeli!

Tentang Saham FMCG

Sebelumnya Smart People bisa berkenalan dulu dengan saham FMCG. FMCG biasa disebut juga sebagai saham consumer goods. Saham ini berasal dari perusahaan yang bergerak di industri pengelolaan bahan baku menjadi barang jadi yang kemudian akan dikonsumsi oleh masyarakat. Mudahnya, saham FMCG adalah saham dari perusahaan yang memproduksi barang-barang konsumsi masyarakat sehari-hari. 

Consumer goods itu sendiri dibagi menjadi 3 kelompok yaitu barang tahan lama, barang tidak tahan lama, dan jasa. Barang tahan lama contohnya adalah alat-alat elektronik, pakaian, dan barang-barang lain yang bisa tahan pakai lebih dari 3 tahun. Lalu barang tidak tahan lama contohnya makanan, minuman, produk kosmetik, dan lain-lain. Kemudian ada jasa seperti perusahaan ekspedisi barang.

Kenapa saham FMCG diminati oleh banyak orang dan menjadi salah satu jenis saham yang potensinya dinilai besar? FMCG berasal dari perusahaan yang memiliki produk konsumsi masyarakat. Secara otomatis produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut akan selalu dibutuhkan. Perputaran produk konsumsi ini begitu cepat sehingga perusahaan bisa mendapatkan pendapatan yang stabil. 

Saham FMCG dianggap potensial karena perusahaannya memiliki prospek pendapatan yang dinilai stabil. Perkembangannya juga cukup bagus mengingat masyarakat akan selalu membutuhkan produk dari perusahaan tersebut. Tentu saja bagus atau tidaknya potensi dari saham FMCG ini akan sangat dipengaruhi oleh jenis perusahaannya. 

Saham FMCG yang Beredar di BEI

Sampai saat ini ada banyak saham FMCG yang sudah beredar di BEI atau Bursa Efek Indonesia. Sebelum membeli saham FMCG, Smart People harus tahu pilihan saham apa saja yang layak untuk dijadikan aset. Berikut ini beberapa saham FMCG terbaik yang bisa ditemukan di BEI.

  1. UNVR

Pertama ada saham UNVR dari Unilever Indonesia Tbk. Perusahaan satu ini sangat populer di Indonesia dan menjadi salah satu perusahaan yang fundamentalnya kuat. Banyak sekali investor pemula yang pada akhirnya memilih UNVR sebagai salah satu saham di portofolio mereka.

Saat ini status penjualan UNVR memang mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena adanya penurunan pangsa pasar akibat serangan produk lokal yang terjadi di masyarakat. Namun, sampai saat ini UNVR masih menjadi salah satu pilihan saham terbaik. UNVR masih menjadi market leader dan layak untuk masuk ke portofolio.

  1. ROTI

Selanjutnya ada ROTI dari Nippon Indosari Corpindo Tbk. Ini adalah saham dari perusahaan yang memproduksi brand roti terkenal di Indonesia yaitu Sari Roti. Perusahaan ini juga memiliki aspek fundamental yang dinilai cukup kokoh. Mulai melantai di BEI sejak tahun 2010, saham ROTI terus mendapatkan perhatian besar dari para investor. 

Tercatat selama 5 tahun terakhir ini saham ROTI terus mengalami pergerakan yang stabil. Apalagi saat ini pertumbuhan perusahaan Nippon Indosari Corpindo ini terbilang cukup pesat. Jaringan pemasaran produknya sangat luas sehingga potensi penjualan produk juga lebih besar. 

  1. ICBP

Lanjut ke saham FMCG berikutnya yaitu ICBP dari Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Saham satu ini juga sangat populer dan menjadi salah satu saham blue chip pilihan banyak orang. ICBP sering sekali direkomendasikan kepada investor pemula yang cenderung memilih langkah konservatif dengan membeli saham dari perusahaan consumer goods.

Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini sangatlah beragam. Smart People pasti tahu apa saja produk yang dikeluarkan oleh Indofood. Produk yang beragam, penjualan yang stabil, dan popularitas yang tinggi membuat saham ICBP ini terus diminati. Bahkan ICBP disebut sebagai salah satu saham makanan paling stabil dan terbilang tahan resesi.

  1. MPPA

Ada pula saham dari Matahari Putra Prima Tbk yang beredar dengan nama MPPA. Perusahaan ini bergerak dalam pengelolaan jaringan supermarket di berbagai wilayah di Indonesia. Jenis supermarketnya beragam mulai dari Primo Supermarket, Hypermart, Boston Health & Beauty, dan lain-lain. MPPA juga memiliki popularitas yang tinggi dan potensinya juga bisa diandalkan di masa depan. 

  1. MYOR

Saham FMCG berikutnya yang juga punya potensi besar adalah MYOR dari Mayora Indah Tbk. Nama perusahaan ini pasti tidak asing lagi di telinga kita. Smart People juga pasti sudah sering mendengar tentang perusahaan Mayora. Produk-produk dari Mayora juga pastinya sangat mudah untuk dijumpai. Sebut saja Mie Gelas, biskuit Roma, Kopiko, dan masih banyak lagi. 

Mayora menjadi salah satu perusahaan yang banyak dilirik oleh para investor. Pergerakan nilai sahamnya cukup menjanjikan dan terbilang stabil. Dari segi fundamental juga perusahaan ini memiliki potensi yang kuat. Tidak heran jika MYOR sering dijadikan pilihan oleh para investor pemula. 

  1. MRAT

Smart People juga bisa melirik saham MRAT dari Mustika Ratu Tbk. Perusahaan ini sangat populer di Indonesia dan memproduksi brand produk kecantikan ternama. Perusahaan ini mulai beroperasi tahun 1978 atas inisiatif dari Ibu Mooryati Soedibyo. Produk kecantikan dari Mustika Ratu telah beredar di banyak tempat dan memiliki banyak peminat. 

Ada banyak pilihan saham FMCG yang bisa Smart People temukan di BEI. Pastikan untuk melakukan analisis dengan cermat dan jangan lupa gunakan aplikasi investasi tepercaya. Smart People bisa menggunakan RHB Tradesmart ID yang hadir dengan teknologi canggih untuk mempermudah para investor. Langsung unduh aplikasi RHB Tradesmart ID dan lakukan investasi saham sekarang juga!

Sumber:

Eryanto, Pratomo. (2023, Januari 11). Daftar Saham Consumer Goods Indonesia yang Menjadi Favorit Investor di 2023. Diakses pada tanggal 19 Februari 2023 melalui https://investbro.id/daftar-saham-consumer-goods-indonesia/. 

Wijayanti, Ratih Ika. (2022, Oktober 12). 5 Saham Consumer Goods Indonesia dengan Kinerja Terbaik Bisa Jadi Pilihan Investasi. Diakses pada tanggal 19 Februari 2023 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/5-saham-consumer-goods-indonesia-dengan-kinerja-terbaik-2022-bisa-jadi-pilihan-investasi.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal