<< Back

6 Cara Memenuhi Tujuan Keuangan dengan Investasi Saham

investasi saham

Kondisi finansial yang lebih baik tentu menjadi impian semua orang. Smart People dapat mewujudkan tujuan finansial dengan berbagai cara termasuk investasi saham online. Seperti yang diketahui bahwa investasi menjadi salah satu cara untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Melalui investasi jangka panjang juga bisa menjadi persiapan untuk finansial di masa depan. Bagaimana caranya berinvestasi saham dapat memenuhi tujuan finansial? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti beberapa tips berikut.

Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki potensi imbal hasil cukup tinggi dibanding instrumen investasi yang lain. Yuk! Lakukan cara ini agar investasi saham bisa membantu Smart People memenuhi tujuan finansial.

Mulai melek investasi saham

Imbal hasil investasi saham bisa diibaratkan sebagai bola salju yang akan semakin besar dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu, berinvestasi saham sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Mulai melek investasi untuk bisa mendapatkan imbal hasilnya.

Investasi saham sebaiknya dilakukan sejak muda, bahkan usia 18 tahun sudah bisa mulai berinvestasi. Asalkan sudah memiliki KTP, semua orang bisa terjun ke dunia investasi saham.

Investasi jangka panjang

Dalam dunia saham, ada dua tipe yaitu investasi jangka pendek dan jangka panjang. Investasi jangka pendek biasanya dilakukan dengan cara trading saham. Imbal hasil yang diperoleh dari trading saham cenderung lebih cepat.

Sedangkan untuk berinvestasi saham bisa jangka panjang dengan imbal hasil yang biasanya juga lebih besar. Smart People bisa mulai investasi saham online untuk merencanakan keuangan masa depan yang lebih baik.

Ketika membeli saham, artinya Smart People menanamkan modal untuk suatu bisnis. Tentunya setiap bisnis membutuhkan waktu untuk berkembang hingga bisa memberikan hasilnya untuk para investor.

Investasi pada saham blue chip

Saham blue chip adalah saham yang memiliki kapitalisasi yang besar. Termasuk saham lapis satu dari perusahaan-perusahaan yang memiliki kondisi keuangan prima. Kapitalisasi pasar yang besar dari saham blue chip ini di atas Rp10 Triliun. 

Daftar saham yang masuk blue chip dianggap sebagai saham yang paling aman dan stabil. Oleh sebab itu, jenis saham blue chip paling cocok untuk investasi jangka panjang.

Bagi hasil yang bisa didapatkan oleh para pemilik saham cenderung besar dan stabil. Hal ini tentunya bisa melancarkan tujuan Smart People untuk mencapai finansial yang lebih baik.

Waspada saham murah yang tidak potensial

Seperti halnya berbisnis, ketika seseorang berinvestasi saham kebanyakan menginginkan harga yang murah. Harapannya tentu untuk mendapatkan hasil yang banyak saat dijual di harga yang tinggi nanti.

Sayangnya, strategi seperti ini terkadang bisa menjerumuskan investor terutama yang masih pemula. Jika tidak cermat, investor bisa salah berinvestasi dengan membeli saham yang murah tetapi tidak potensial.

Saham-saham yang murah tetapi dari perusahaan yang tidak bagus memiliki risiko yang cukup besar. Oleh sebab itu, sebaiknya berhati-hati dengan saham murah. Selalu pertimbangkan dengan analisa fundamental yang benar supaya tidak salah membeli saham. 

Diverifikasi investasi

Jika Smart People ingin memenuhi tujuan keuangan dengan investasi saham online, disarankan untuk melakukan diversifikasi investasi. Intinya, Smart People tidak menempatkan semua uang pada satu jenis saham saja.

Tempatkan pada beberapa saham atau instrumen investasi lain untuk mengamankan uang Smart People. Dengan cara diversifikasi investasi bisa meminimalkan risiko investasi terhadap kondisi tidak terduga yang bisa terjadi di masa depan.

Jika Smart People hanya terpaku pada satu saham saja, bisa berbahaya karena mungkin dapat mempengaruhi kemampuan menilai saham secara rasional. Seorang investor harus pandai dalam menilai saham yang harganya berfluktuatif.

Tetap tenang

Pasar saham memang bisa mengalami fluktuasi yang membuat investor panik. Apalagi saat saham yang dimiliki harganya jatuh. Beberapa investor mungkin memilih untuk segera melepas saham karena khawatir harga sahamnya semakin jatuh.

Ingat, dalam kondisi genting sekalipun, seorang investor harus berpikir jernih dan tenang. Hindari menjual saham hanyaSmart People karena terpengaruh situasi panik. Selain itu, tidak masalah untuk sementara waktu tidak memantau pasar atau chart karena memantau terus menerus juga tidak baik untuk .

Dapatkan manfaat investasi saham untuk masa depan finansial yang lebih baik dengan investasi melalui RHB TradeSmart ID. Ada promo menarik yaitu Smart Points untuk pengguna mengumpulkan poin dari setiap transaksi yang nantinya bisa ditukar dengan saldo Gopay. Tentu, Smart People bisa mengumpulkan poin yang lebih banyak dengan memperbanyak transaksi di RHB TradeSmart ID.

Aplikasi trading saham online dari RHB Sekuritas ini stabil sehingga lancar untuk transaksi. Trading saham lebih mudah melalui smartphone. Selain itu, RHB TradeSmart pun jarang mengalami lag.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan finansial dengan investasi saham online. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan kemampuan dalam investasi saham supaya hasil yang bisa diperoleh juga lebih besar sehingga Smart People lebih mudah untuk mencapai tujuan finansial yang lebih baik.

Bagaimana, tertarik untuk belajar saham? Mulai dengan aplikasi RHB Tradesmart ID. Aplikasi trading saham online yang menyediakan beragam tool untuk kemudahan dalam trading saham. Download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store untuk mulai belajar saham. Untuk informasi dan pembelian waran terstruktur, bisa mengunjungi RHB Waran Terstruktur.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal