<< Back

6 Cara Beli Saham IPO Online atau e-IPO!

e-IPO

Ada beragam istilah yang patut untuk Smart People ketahui saat terjun ke bidang investasi di pasar modal, terkhusus pasar modal di Indonesia. Salah satu istilah yang bakal sering dijumpai adalah e-IPO. Dari namanya, istilah ini terdengar sama dengan IPO, namun maknanya tentu saja berbeda. Untuk mengetahui apa itu e-IPO dan perbedaannya dengan IPO, simak ulasan di bawah ini. 

Pengertian e-IPO

e-IPO merupakan istilah yang memiliki kepanjangan Electronics Indonesia Public Offering. Nah, e-IPO ini merupakan wadah yang mendukung proses penawaran umum saham perdana ke publik atau IPO (Initial Public Offering) secara elektronik. Kehadiran e-IPO bertujuan untuk memungkinkan masyarakat untuk membeli saham yang baru saja IPO dengan lebih mudah.  

Dengan adanya e-IPO, maka akan bisa membantu memperluas partisipasi perusahaan efek atau emiten sebagai selling agent, sehingga bisa melakukan proses penawaran umum dengan lebih efektif. Pemesanan saham IPO oleh investor yang dulunya hanya bisa dilakukan via penjamin emisi efek, sindikasi penawaran umum, atau gerai penawaran umum, sekarang bisa dibeli via https://e-ipo.co.id

Setelah kehadiran e-IPO, investor saham juga bisa memesan saham yang baru saja IPO melalui partisipan sistem e-IPO yang sudah terdaftar sebelumnya. Kondisi lain yang berbeda juga terlihat pada keberadaan dana. Dulunya, penyedia dana terdapat di rekening penampung, namun setelah ada e-IPO, dana yang digunakan dapat diambil dari rekening yang sama di pasar sekunder. 

Keuntungan Adanya Sistem e-IPO

  1. Pemberian Informasi yang Transparan 

Melalui sistem e-IPO, Smart People akan mendapatkan informasi yang sifatnya transparan dan tersedia untuk semua masyarakat yang merupakan calon-calon investor saham yang IPO. Smart People bisa dengan mudah mengikuti informasi seputar pembelian saham IPO, mulai dari tanggal publikasinya, masa penawaran awal, masa penawaran umum, hingga nantinya masa penjatahan. 

  1. Memungkinkan Lebih banyak Agen Penjual Efek 

Kehadiran sistem e-IPO juga membuka kesempatan bagi banyak sekuritas terpercaya untuk menjadi agen atau perantara pembelian saham. Alhasil, agen penjual efek pun menjadi banyak atau meningkat jumlahnya. Banyaknya agen penjual efek berupa sekuritas saham, membuat masyarakat bisa membeli saham yang baru saja IPO dengan lebih mudah via aplikasi sekuritas tersebut. 

  1. Kesempatan Membeli Saham yang Sama bagi Tiap Investor 

Sistem e-IPO memberikan kesempatan yang sama bagi setiap investor untuk membeli saham IPO. Jadi, tidak ada investor yang punya privilese lebih dibandingkan dengan investor lain dalam hal pembelian saham yang baru melantai di bursa saham. Sebelum membeli saham via e-IPO, pastikan saja ada dana di RDN (Rekening Dana Nasabah) sebelum masa penawaran umum berakhir. 

Perbedaan e-IPO dengan IPO

Berdasarkan penjelasan di atas, mungkin Smart People sudah bisa menyimpulkan perbedaan antara e-IPO dengan IPO. IPO (Initial Public Offering) merupakan aksi atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan yang ingin go public dan menjual sahamnya pada masyarakat umum. Istilah ini juga dikenal sebagai penawaran saham perdana dari sebuah emiten atau perusahaan. 

Saat sebuah perusahaan IPO, maka perusahaan tersebut akan menjadi perusahaan terbuka, di mana sahamnya tercatat di BEI (Bursa Efek Indonesia), sehingga siapa pun bisa membeli saham dari perusahaan tersebut. Tindakan IPO ini sendiri bertujuan untuk mendapatkan tambahan dana atau modal, untuk digunakan mengembangkan atau mewujudkan rencana perusahaan. 

Untuk memungkinkan orang-orang membeli saham perusahaan yang baru saja IPO tersebut, hadirlah e-IPO. Melalui e-IPO, para investor saham bisa membeli saham-saham yang baru saja IPO tersebut secara elektronik, yang tentunya lebih praktis dan mudah. Jadi, IPO adalah tindakan penawaran saham perdana, sedangkan e-IPO merupakan wadah untuk membeli saham perdana tersebut.

Cara Membeli Saham via e-IPO  

  1. Daftarkan diri di e-IPO dengan mengunjungi https://e-ipo.co.id dan mengisi semua data yang diminta dengan benar.
  2. Verifikasi oleh broker. 
  3. Submit minat atau pesanan pooling dengan memilih saham IPO yang ingin dipesan, klik ‘More Info’, isi formulir pemesanan, lalu masukkan kode OTP.
  4. Konfirmasi pesanan dengan memilih menu ‘Active Orders’, klik ‘View, lalu klik ‘I have already read the prospectus’.
  5. Sediakan dana di RDN sebelum masa penawaran umum berakhir.
  6. Terakhir, lihat hasil penjahatan atas pemesanan saham IPO via e-IPO pada menu ‘History’ di https://e-IPO.co.id. Nantinya, status penjatahan bisa berupa ‘Alloted’ atau mendapatkan penjatahan, ‘Alloted with Scale Back’ atau mendapatkan penjatahan yang disesuaikan, ‘Not Alloted’ atau tidak mendapatkan atau penjatahan belum dimulai, ataupun ‘Not Carried Over’ atau pesanan tidak diteruskan untuk proses penjatahan.

Beli Saham IPO dengan Sistem e-IPO via RHB Tradesmart ID 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kehadiran e-IPO memungkinkan adanya lebih banyak agen penjual efek berupa perusahaan sekuritas, yang bisa memudahkan masyarakat untuk membeli saham yang baru saja IPO. Nah, salah satu aplikasi sekuritas yang bisa Anda manfaatkan untuk membeli saham IPO dan saham-saham lainnya di BEI adalah RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID mendukung investasi saham yang mudah dan ekonomis. Bagaimana tidak ekonomis, Smart People bisa memulai investasi saham dengan modal mulai dari Rp100.000 saja. Nah, kemudahan dalam berinvestasi saham di RHB Tradesmart ID bakal dirasakan dengan dukungan fitur-fitur unggulannya, yakni Smart Analyzer, Smart Rate, Smart Fee, serta Smart Points. 

RHB Tradesmart ID dengan segala fitur-fitur unggulannya akan bisa menjadi pendamping Smart People saat berinvestasi saham nantinya. Makanya, jangan ditunda lagi, yuk unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga. 

Sumber: 

Wijayanti, Ratih Ika. (2023, Februari 14). Apa Perbedaan IPO dan e-IPO? Begini Penjelasan Lengkapnya. IDX Channel. Diakses pada tanggal 2 November 2023 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/apa-perbedaan-ipo-dan-e-ipo-begini-penjelasan-lengkapnya/2

Nurhaliza, Shifa. (2021, November 19). Hai Investor, Ini Istilah-istilah Pada E-IPO, Pengertian dan Manfaatnya. IDX Channel. Diakses pada tanggal 2 November 2023 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/hai-investor-ini-istilah-istilah-pada-e-ipo-pengertian-dan-manfaatnya

Tim Redaksi CNBC Indonesia. Tak Perlu Bingung! Begini Cara Lengkap Beli Saham e-IPO. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 2 November 2023 melalui https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20220315144959-72-322960/tak-perlu-bingung-begini-cara-lengkap-beli-saham-e-ipo

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal