<< Back

5 Tips Pilih Perusahaan Sekuritas Yang Tepat

Investasi sudah menjadi salah satu hal yang paling digandrungi masyarakat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan semakin banyak kalangan milenial melakukan investasi, salah satunya dalam bentuk transaksi perdagangan saham.

Untuk bisa lebih sukses dalam perdagangan saham, tentunya memilih perusahaan sekuritas yang baik sebagai wadah yang tepat. Perusahaan sekuritas inilah yang kemudian akan menjadi perantara antara seorang trader dengan pasar modal. Lantas, bagaimana seharusnya memilih perusahaan sekuritas ini?

1. Memiliki Legalitas 

Menjalankan investasi di perusahaan sekuritas ilegal sudah pasti akan sangat berisiko tinggi. Smart People dapat mengalami penipuan bahkan cenderung mengalami kerugian besar. Oleh karena itu, pemilihan perusahaan sekuritas harus benar-benar melihat izin dari institusi yang terkait.

Di Indonesia, perusahaan sekuritas harus memiliki sejumlah izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Adapun izin yang dimaksud adalah izin menjadi Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE) dan Wakil Penjamin Emisi Efek (WPEE)

  • Izin pertama adalah WPPE di mana izin ini berkaitan dengan kualitas dan pengetahuan mengenai dunia pasar modal seperti penjualan efek saham. Jika ada pelanggaran seperti penipuan kepada para investor, maka izin ini akan dicabut dan di-blacklist dari pasaran modal.
  • Adapun izin kedua adalah WPEE atau underwriter, yang akan membantu perusahaan sekuritas untuk dapat membantu perusahaan Go Public dan layanan penjaminan emisi efek lainnya. 

Dengan kedua izin tersebut, sudah cukup bagi Smart People untuk mempercayakan aktivitas investasi saham. Selain itu, sebaiknya juga perhatikan juga perusahaan sekuritas terbaik yang Smart People incar sudah terdaftar dan mendapatkan izin pada Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

2.  Reputasi Yang Baik

Perusahaan sekuritas yang dipilih harus benar-benar memiliki catatan reputasi yang baik. Smart People dapat mencari informasi ini melalui sejumlah media massa dengan kata kunci seperti “kasus (perusahaan sekuritas)” atau “penipuan (perusahaan sekuritas). Jika tercantum, tentu Smart People harus waspada.

Rekam jejak yang baik akan senantiasa meninggalkan kesan positif dari para nasabah investasi. Terlebih dengan perusahaan yang aman akan selalu menunjukkan komitmen mereka dalam mengikuti aturan dan membantu para investor dalam mentransaksikan modalnya.

Kendati demikian, akan lebih baik jika Smart People yang baru belajar investasi dan trading saham dan menjalankan investasi saham ini benar-benar memilih perusahaan sekuritas yang nihil catatan buruk. Selain lebih aman dan nyaman, tentunya akan menjamin imbal hasil yang akan Smart People dapatkan.

3. Kualitas Layanan yang Tersedia

Memastikan kembali layanan yang disediakan oleh perusahaan sekuritas adalah hal penting yang harus dilakukan oleh setiap calon nasabah. Tentunya, hal ini berkaitan dengan riset yang harus dilakukan sebelum memilih perusahaan sekuritas tersebut.

Pilihlah perusahaan dengan layanan yang mudah dan tidak rumit, misalnya dengan sistem online. Sistem ini akan memudahkan siapa pun yang akan mendaftar karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja bahkan melalui gadget seperti handphone sekalipun.

Selain itu, perhatikan pula layanan edukasi yang diberikan, terutama untuk para pemula. Sebagai contoh dengan adanya forum diskusi yang telah disediakan secara gratis melalui sejumlah media sosial, ataupun akun-akun demo sebagai media pembelajaran dalam bertransaksi saham.

Smart People yang masih ragu dengan kualitas sebuah perusahaan sekuritas terbaik sejatinya dapat menanyakannya pada teman atau orang-orang yang sudah menjalankannya. Smart People dapat meminta rekomendasi, namun akan lebih baik lagi jika melakukan riset dan memperkaya pengetahuan Smart People.

4. Fitur Online Trading yang Unggul 

 

Pilihlah sekuritas yang memiliki fitur online trading yang unggul, misalnya real time trading signal. Artinya, sinyal trading saham-saham berpotensi secara otomatis dan realtime. Harga di pasar saham berubah dalam durasi waktu tertentu dalam sehari, tentunya ini bisa membantu para investor.

 

Tidak hanya itu, investor juga akan mendapatkan financial tools seperti charting. Layanan yang ditawarkan RHB Tradesmart ini akan sangat membantu para investor dalam menganalisis dan menentukan apakah mereka akan menjual atau membeli saham. Penyajian data dengan charting memudahkan investor untuk membaca pergerakan harga saham.

 

5. Biaya yang Terjangkau

Pemilihan perusahaan sekuritas yang paling baik harus memperhatikan segi biaya. Dengan demikian, Smart People tidak akan merasa boros dengan berbagai pengeluaran dan modal awal yang tidak diperlukan sehingga tidak mengurangi berbagai keuntungan yang nantinya didapatkan.

Ketahui terlebih dahulu apakah ada biaya pembuatan akun, biaya transaksi, bahkan biaya untuk sekedar bertanya kepada para expert yang tersedia. Belum lagi dengan biaya minimum untuk menjalankan deposit awal maupun untuk menarik dana alias withdraw.

Semua informasi biaya ini harus benar-benar Smart People ketahui sebelum memilih perusahaan sekuritas yang baik dan tepat. Akan tetapi, selalu pastikan juga biaya yang terjangkau berbanding lurus dengan kualitas berbagai layanan yang tersedia.

Kamu bisa pilih aplikasi RHBTRADESMARTID yang sudah dilengkapi berbagai fitur untuk memudahkanmu berinvestasi di mana saja & kapan saja. Download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store sekarang!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal