<< Back

5 Tips Investasi Saham Online Untuk Sandwich Generation

Sandwich generation

Investasi menjadi sebuah pilihan tepat untuk mengelola finansial secara efektif dan efisien. Namun, hal ini tidak mudah dilakukan bagi beberapa kalangan dan salah satunya adalah sandwich generation. Meskipun tidak mudah tapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Sandwich generation tetap bisa melakukan investasi saham online dan mendapatkan imbal hasil yang optimal. 

Cara Investasi bagi Sandwich Generation

Generasi sandwich merupakan sebutan bagi kelompok orang yang harus memberikan nafkah kepada keluarga intinya sendiri dan kepada orang tua. Hal ini menyebabkan generasi tersebut harus mengeluarkan lebih banyak uang. Lalu, apakah masih mungkin untuk melakukan investasi? Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar generasi sandwich tetap bisa berinvestasi saham.

  1. Gunakan Financial Plan

Langkah pertama yang bisa dilakukan oleh generasi sandwich jika ingin berinvestasi adalah buat dulu financial plan. Rencana finansial ini penting sekali untuk melihat apa saja rencana pengeluaran yang akan dilakukan dalam periode waktu satu bulan. Tentu saja rencana pengeluaran tersebut dibuat berdasarkan jumlah uang yang masuk atau dana penghasilan. 

Rencana finansial ini menjadi sebuah poin penting yang akan membantu generasi sandwich untuk lebih teratur menggunakan uang. Jadi, uang yang sudah didapat tidak pergi begitu saja tanpa alur yang jelas. Pastikan untuk menyusun rencana finansial ini berdasarkan prioritas dan tentu saja jangan lupa untuk memasukkan dana orang tua ke dalamnya. 

Setiap orang punya kebutuhan dan prioritas yang berbeda-beda. Jadi rencana finansialnya juga pasti berbeda. Namun sebagai contoh saja, generasi sandwich bisa menyusun rencana finansial mulai dari pembayaran tagihan, kebutuhan sehari-hari, dana orang tua, hiburan, dana tabungan, dan investasi. Berapa besarnya tentu sangat tergantung pada jumlah pemasukan masing-masing. 

  1. Pilih Instrumen yang Tepat

Sebelum mulai berinvestasi, pastikan untuk memilih instrumen yang tepat. Sekarang ada banyak sekali jenis instrumen investasi yang bisa digunakan. Saham menjadi salah satu jenis pilihan instrumen yang sangat direkomendasikan. Apalagi sekarang investasi saham bisa dimulai dengan modal yang terbilang ringan. 

Jika memang sudah yakin untuk berinvestasi dalam instrumen saham, maka pastikan untuk mempelajari instrumen tersebut lebih jauh lagi. Apa sebenarnya saham ini dan faktor apa saja yang akan memberi pengaruh terhadap nilainya. Pelajari juga apa saja sumber imbal hasil dari saham seperti dividen dan capital gain. Ini akan mempermudah proses investasi ke depannya.  

  1. Alokasikan Dana Khusus

Salah satu tantangan investasi bagi generasi sandwich adalah dana yang dibutuhkan tidak tersedia. Biasanya hal ini terjadi karena pendapatan sudah dialokasikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Belum lagi jika orang tua memerlukan uang yang cukup besar sehingga jumlah pemasukan semakin menipis. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengalokasikan dana secara khusus. 

Begitu mendapatkan pemasukan, langsung saja alokasikan dana khusus untuk investasi. Jangan menunda apalagi menjadikan investasi sebagai opsi terakhir. Jika perlu gunakan fitur auto debet untuk mempermudah setoran investasi jadi istilahnya memang benar-benar dipaksa karena jika tidak dilakukan demikian maka akan semakin sulit bagi generasi sandwich untuk berinvestasi. 

  1. Jadikan Investasi sebagai Prioritas

Berhubungan dengan poin sebelumnya, Smart People tidak akan bisa mengalokasikan dana khusus jika investasi ini bukan menjadi prioritas. Jadi pertama-tama, anggap bahwa investasi ini adalah prioritas utama. Tentu saja setelah Smart People memenuhi kebutuhan prioritas yang lain seperti tagihan dan biaya hidup untuk orang tua. 

Jika sudah ada mindset bahwa investasi adalah sebuah prioritas maka secara otomatis alokasi dana pemasukan bisa masuk ke investasi. Sebaliknya, jika investasi ini bukanlah sebuah prioritas maka akan sulit untuk mengalokasikan dana. Ini berlaku tidak hanya bagi generasi sandwich tetapi juga bagi masyarakat awam yang punya pemasukan besar sekalipun. 

  1. Gunakan Platform yang Praktis dan Fleksibel

Pilihlah platform investasi saham online yang benar-benar praktis dan fleksibel untuk digunakan. Perlu diketahui bahwa pilihan platform yang dipakai untuk berinvestasi memiliki pengaruh besar. Jika platformnya mudah dijangkau maka generasi sandwich bisa lebih bersemangat untuk melakukan investasi. Apalagi jika platform tersebut fleksibel untuk diakses dari mana saja. 

Jangan lupa, selain memperhatikan faktor kepraktisannya penting juga untuk melihat apakah platform tersebut aman dipakai atau tidak. Pilihlah platform investasi yang benar-benar aman dan bisa diandalkan agar tidak terjadi hal-hal buruk di kemudian hari. Perhatikan regulasinya kemudian cek apakah platform tersebut sudah terdaftar secara resmi atau belum. 

Kenapa RHB Tradesmart ID?

Smart People yang berada dalam lingkup sandwich generation bisa memanfaatkan platform RHB Tradesmart ID untuk berinvestasi dalam bentuk saham. Tentunya platform ini hadir dengan beragam keunggulan dan sangat fleksibel untuk dipakai. Terlebih lagi, aplikasi ini aman untuk digunakan dan fleksibel untuk diakses dari mana saja jadi cocok sekali mendukung kebutuhan investasi di zaman sekarang. 

Ada beragam jenis fitur canggih yang ada di RHB Tradesmart ID. Salah satu fitur tersebut adalah ARO atau Assisted Robo Optimization yang membantu Smart People untuk melakukan analisis pasar secara real time. Tenang saja, dari segi keamanan juga RHB Tradesmart ID ini memiliki regulasi yang jelas dan sudah terdaftar secara resmi jadi sangat aman digunakan. 

Investasi saham online bagi generasi sandwich bisa jadi lebih mudah dan efisien berkat adanya RHB Tradesmart ID. Proses investasi bisa berjalan lebih praktis dan tidak perlu menunggu proses yang lama. Selain itu Smart People juga bisa memanfaatkan semua fitur canggih yang tersedia agar imbal hasil yang diperoleh optimal. Langsung saja unduh aplikasi RHB Tradesmart ID dan segera berinvestasi!

Sumber:

Pranoto, Sari. (2021, Desember 10). Tips Investasi Tepat untuk Sandwich Generation ala Andhika Diskartes. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2022 melalui https://ilovelife.co.id/blog/tips-investasi-tepat-untuk-sandwich-generation-ala-andhika-diskartes/.

Platt Wealth Management. (2020, Juli 16). Investing for the Sandwich Generation. Diakses pada tanggal 27 Oktober 2022 melalui https://plattwealthmanagement.com/investing-for-the-sandwich-generation/.

Chua, Jasmine. (2022, Agustus 29). 5 Financial Planning Tips for the Sandwich Generation. https://www.linkedin.com/pulse/5-financial-planning-tips-sandwich-generation-jasmine-chua.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal