<< Back

5 Tipe Dividen Saham, Sudah Pernah Dapat yang Mana?

Pemasukan dari investasi saham tidak hanya bisa diperoleh dari capital gain atau selisih harga saham saja, melainkan juga dari yang namanya dividen. Dividen merupakan imbal hasil perusahaan yang dibagikan secara berkala bagi para pemilik saham perusahaan. Lantas, bagaimana cara agar bisa mendapatkan dividen saham? Simak ulasannya berikut ini. 

Apa Itu Dividen Saham

Dividen merujuk pada imbal hasil perusahaan yang dibagikan pada para pemilik saham perusahaan. Pembagian dividen ini dilakukan secara berkala, yang mana waktunya bisa berbeda-beda antara satu emiten saham dengan emiten saham lainnya. Patut dipahami bahwa tidak semua saham membagikan dividen ini bagi para pemilik sahamnya. 

Pembagian dividen secara berkala oleh perusahaan atau emiten saham, tentu bisa jadi sumber pemasukan pasif bagi para investor saham tersebut. Terkait dengan besaran, kapan, dan bagaimana bentuk pembagian dividen dilakukan nantinya, akan ditentukan pada saat dilakukannya RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). 

Emiten yang membagikan dividen atas sahamnya pada umumnya merupakan emiten yang sudah skalanya sudah besar, sudah lama beroperasi, serta stabil dari segi finansial. Emiten-emiten yang membagikan dividen atas sahamnya inilah yang kerap menjadi incaran pada investor jangka panjang, karena mereka akan bisa memperoleh dividen saham tersebut secara berkala setiap tahunnya. 

Tipe Dividen Saham

1. Dividen Tunai 

Salah satu tipe dividen yang umum diberikan pada para pemilik saham adalah dividen tunai atau cash dividend. Sesuai dengan namanya, pemilik saham nantinya akan bisa memperoleh dividen secara berkala dalam bentuk uang tunai. Semakin banyak saham perusahaan atau emiten yang dimiliki, tentu saja dividen tunai yang diperoleh juga akan semakin banyak jumlahnya. 

Dividen jenis ini bisa dibilang lebih disukai oleh para pemilik saham karena sifatnya yang bisa langsung digunakan. Adapun penyaluran dividen dalam bentuk tunai ini dilakukan dengan cara transfer uang tunai atau cash dividend ke rekening bank pemilik saham. Jadi, setelah dividen ditransfer ke rekening pemilik saham, dividen akan bisa langsung dimanfaatkan. 

2. Dividen Saham 

Tipe dividen selanjutnya yang juga terbilang kerap diberikan adalah dividen saham atau stock dividend. Berbeda dengan tipe dividen sebelumnya, dividen jenis ini diberikan dalam bentuk saham bagi para pemilik saham. Alhasil, pemilik saham akan memperoleh saham tambahan  cuma-cuma secara berkala dari emiten atau perusahaan. 

Dengan terjadinya pertambahan saham secara berkala, tentu saja akan membuat potensi capital gain nantinya akan semakin besar. Meskipun dividen satu ini tidak bisa langsung digunakan, benefit-nya, pemilik saham tidak harus mengeluarkan dana tambahan untuk membeli tambahan saham dari emitennya. 

3. Dividen Properti 

Tipe dividen selanjutnya adalah dividen properti atau property dividend. Nah, dividen satu ini dibagikan dalam bentuk properti atau barang. Biasanya, emiten yang membagikan properti sebagai dividen merupakan emiten yang juga menginvestasikan dananya dalam bentuk properti. Jadi, saat mendapatkan imbal hasil, emiten pun membagikannya dalam bentuk properti ke pemilik saham. 

4. Dividen Likuidasi 

Selanjutnya, ada yang namanya dividen likuidasi atau liquidating dividend. Dividen satu ini biasanya dibagikan pada saat perusahaan sedang berada di masa-masa sulit, seperti pada saat perusahaan mengalami kebangkrutan atau tutup. Bukan berdasarkan imbal hasil perusahaan, namun dividen dibagikan melalui pengurangan modal dari perusahaan tersebut. 

5. Dividen Skrip 

Terakhir, ada yang namanya dividen skrip atau scrip dividend. Dividen satu ini dibayarkan dalam bentuk surat utang atau surat perjanjian utang. Pembagian dividen skrip dilakukan pada saat tidak adanya lagi uang kas yang dimiliki oleh perusahaan untuk membayarkan dividen pada para pemilik saham perusahaannya. Pembayarannya dilakukan sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. 

Cara Mendapatkan Dividen Saham 

Dividen yang merupakan pendapatan masif merupakan salah satu pendapatan impian bagi banyak orang. Nah, jika Smart People ingin mendapatkan dividen saham, entah itu dalam bentuk tunai, saham tambahan, properti, atau lainnya, tentu saja cara yang harus dilakukan adalah dengan menginvestasikan dana pada saham yang membagikan dividen. 

Patut dipahami memang bahwa tidak semua saham di pasar modal membagikan dividen pada pemilik sahamnya. Makanya, jika ingin mendapatkan dividen, pastikan memang saham yang dibeli adalah saham yang membagikan dividen. Jadi, Smart People harus mencari informasi terlebih dahulu terkait dengan saham yang ingin dikoleksi, apakah saham membagikan dividen atau tidak. 

Besar atau kecilnya dividen yang nantinya dibagikan tentu saja juga akan bergantung pada besaran imbal hasil perusahaan, serta jumlah saham perusahaan yang Smart People miliki. Jadi, jika ingin mendapatkan dividen saham yang lebih besar, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan jumlah saham perusahaan yang Smart People miliki. 

Koleksi Saham yang Membagikan Dividen via RHB Tradesmart ID 

Dapatkan dividen saham secara berkala dengan mengoleksi saham yang membagikan dividen. Agar lebih mudah dalam menemukan saham-saham yang membagikan dividen tersebut, Smart People bisa gunakan aplikasi investasi saham online, RHB Tradesmart ID. Dengan aplikasi ini, Smart People bisa pantau dan beli saham incaran yang membagikan dividen pada pemilik sahamnya. 

Agar bisa makin memaksimalkan imbal hasil yang diperoleh dari investasi saham, jangan lupa untuk memanfaatkan fitur SMART dari RHB Tradesmart ID. RHB Tradesmart ID memiliki fitur Smart Rate dan Smart Fee, yang memungkinkan Smart People untuk lebih hemat dalam bertransaksi saham nantinya. 

Pantau saham-saham yang membagikan dividen dengan lebih mudah via RHB Tradesmart ID. Unduh aplikasinya sekarang juga, lalu gunakan fitur SMART-nya agar investasi bisa terasa lebih mudah dan ekonomis. 

Sumber: 

Baker, Brian. 2023, September 08. Dividend stocks: What they are and how to invest in them. Bankrate. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://www.bankrate.com/investing/how-to-invest-in-dividend-stocks/

O’shea, Arielle, et al. 2024, Januari 10. What Is a Dividend and How Do They Work? Nerdwallet. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui  https://www.nerdwallet.com/article/investing/what-are-dividends#:~:text=The%20company%20announces%20when%20the,out%20the%20dividend%20to%20shareholders.

Wijayanti, Ratih Ika. 2022, Maret 22. Mengenal Jenis-Jenis Dividen dalam Investasi Saham. IDX Channel. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui   https://www.idxchannel.com/market-news/mengenal-jenis-jenis-dividen-dalam-investasi-saham/2

Chan, James. 2024, Februari 28. Stock Dividend: What It Is and How It Works, With Example. Investopedia. Diakses pada tanggal 10 Maret 2024 melalui https://www.investopedia.com/terms/s/stockdividend.asp

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal