<< Back

5 Saham Syariah dengan Kenaikan Tertinggi di Tahun 2020

Kinerja positif bursa domestik ikut menaikkan saham syariah dengan IHSG yang terus melesat. Saham syariah yang terdaftar di Daftar Efek Syariah pun ikut bertambah. Menggeliatnya sektor ekonomi menjadi salah satu yang mendorong pertumbuhan di sektor keuangan dan investasi.

Walaupun masih dalam kondisi pandemi, namun beberapa saham syariah di 2020 mencatatkan kenaikan. Smart People yang ingin investasi saham online bisa menjadikan kenaikan nilai saham untuk pertimbangan saat membeli saham. Investasi saham termasuk investasi jangka panjang sehingga perlu pertimbangan yang benar.

Saham syariah menjadi salah satu jenis saham yang kini menunjukkan pergerakan positif di pasar saham. Beberapa saham bahkan mencatat kenaikan tertinggi di tahun 2020. Berikut beberapa saham syariah dengan kenaikan tertinggi di perdagangan tahun 2020. 

1.     BRIS

BRIS merupakan salah satu saham syariah yang ada di Jakarta Islamic Index atau JII yang mengalami kenaikan cukup tinggi di tahun 2020. BRI syariah berhasil mencetak rekor tertinggi dengan adanya peningkatan harga komoditas dan sentimen kondisi pandemi.

Saham syariah dengan kenaikan tertinggi di tahun 2020 adalah BRIS. Saham dari PT Bank BRI Syariah Tbk ini mampu naik hingga 581,82% dengan nilai saham di level Rp 2.250 per saham. Kenaikan saham BRIS ini dipengaruhi oleh rencana pemerintah yang akan menjadikan bank syariah ini sebagai BUMN.

Kenaikan yang cukup besar ini dimulai sejak pertengahan tahun 2020. Puncak dari saham BRI syariah ini adalah pada 21 Desember 2020 di harga Rp 2.410 per saham. Membuat kenaikan hingga 630,3% sepanjang tahun 2020.

Saham syariah dengan kenaikan tertinggi sepanjang 2020 ini bisa menjadi acuan untuk Smart People yang tertarik dengan investasi di pasar modal. Kenaikan saham akan memberikan imbal hasil yang lebih besar untuk para investor.

2.     AGRO

Indeks harga saham gabungan (IHSG) memang mengalami penurunan sepanjang tahun 2020. Namun ada beberapa saham yang mengalami kenaikan seperti AGRO. Saham dari anak perusahaan BRI ini mampu menyentuh level Rp 1.035 per saham pada akhir tahun 2020. Awal Juli 2020 saham dari PT Indonesia Agroniaga Tbk ini terus menunjukkan peningkatan.

Kenaikannya dipengaruhi oleh rencana BRI yang akan mengubah badan usaha ini menjadi digital. Perkembangan teknologi memang banyak mempengaruhi sektor perbankan. Rencana menjadikan BRI agro sebagai bank digital pun membuat nilai sahamnya naik.

Smart People yang investasi saham online tentunya menjadikan portofolio kenaikan saham seperti ini sebagai bahan pertimbangan saat membeli saham. AGRO tercatat mengalami kenaikan hingga 422,73% di tahun 2020.

Jika Smart People tertarik untuk membeli saham dari BRI Agro ini maka bisa membuka rekening saham terlebih dahulu. Ada beberapa proses untuk investasi saham di bursa efek atau di JII, namun kebanyakan memang dilakukan online. Mengecek perubahan nilai saham, membeli, menjual, dan transaksi lainnya membutuhkan aplikasi.

3.     PYFA

Saham yang mengalami kenaikan sepanjang tahun 2020 lainnya adalah dari perusahaan farmasi yaitu PT Pyridam Farma Tbk. Saham yang didaftarkan di JII yakni PYFA tercatat mengalami kenaikan hingga 392,42% di tahun 2020. Nilai sahamnya pernah menyentuh level Rp 975 per sama pada akhir tahun atau pada penutupan perdagangan saham 2020.

Penorehan catatan positif ini banyak dipengaruhi oleh kondisi pandemi. Nilai kenaikannya bahkan melebihi beberapa perusahaan yang sahamnya naik karena digunakan untuk uji coba vaksin. Saham dari Pyridam Farma yang berada di Cianjur ini melesat hampir 400% sejak awal tahun 2020.

4.     INAF

Masih dari sektor farmasi, ada PT Indofarma Tbk yang juga mencatatkan sahamnya mengalami kenaikan cukup tinggi di perdagangan 2020. Sahamnya mampu menguat hingga 363,22% dan menyentuh harga Rp 4.030 per saham pada penutupan perdagangan tahun 2020.

Kenaikan saham dari Indofarma ini didorong oleh kebutuhan obat-obatan yang meningkat di pasar lokal. Pada Desember 2020, kenaikan sahamnya menorehkan catatan paling tinggi ke beberapa poin. Kenaikan saham ini ditopang oleh penjualan alat-alat kesehatan yang cukup tinggi selama tahun 2020. Penjualan alat kesehatan dan produk lain dari perusahaan ini meningkat turut mengerek harga sahamnya di JII.

5.     ANTM

Saham yang paling mencuri perhatian bagi yang belajar investasi saham adalah ANTM. Saham syariah dari sektor ini mampu naik hingga 130,36% di perdagangan 2020. Nilai saham PT Aneka Tambah Tbk ini menyentuh angka Rp 1.935 per saham padahal sebelumnya pada 1 Oktober nilainya masih Rp 735 per saham. Tren kenaikan beberapa poin tersebut terjadi karena kondisi pasar domestik.

Kenaikan saham dari perusahaan milik pemerintah ini dipicu oleh banyak hal termasuk isu kenaikan harga nikel dan peningkatan penjualan bijih nikel di pasar domestik. Kenaikan ini mampu meningkatkan gairah pasar bursa dan juga saham perusahaan tambang. 

Itulah beberapa saham syariah yang mencatatkan kenaikan pada perdagangan 2020. Kenaikan tertinggi yang berhasil ditorehkan perusahaan-perusahaan di atas tentu dipengaruhi oleh banyak hal termasuk tren di masyarakat. Perlu untuk terus dipelajari agar Smart People bisa lebih pintar dan bijak untuk investasi saham online dan mendapatkan bagi hasil yang lebih bagus nilainya.

Supaya lebih mudah untuk Smart People belajar investasi, download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal