<< Back

5 Kriteria Saham Multibagger Yang Perlu Kamu Tahu

saham multibagger

Bagi para investor pemula, tentu perlu mengetahui berbagai istilah dan pengertian dari berbagai sudut pandang, salah satunya saham multibagger. Istilah dalam investasi saham online ini mungkin masih terdengar asing, namun pada dasarnya banyak investor mengincar saham dengan kategori ini karena dianggap memberi hasil yang sangat menarik.

Pada dasarnya, saham multibagger memang mampu memberikan potensi imbal hasil yang tinggi, bahkan berkali-kali lipat lebih baik jika dibandingkan dengan harga perolehannya. Hal ini tentu saja didukung banyak faktor, baik dari perusahaan itu sendiri maupun dari kecermatan para investor.

Banyak investor ulung seperti Lo Kheng Hong yang begitu cermat sampai mendapatkan hasil sebesar 12.500% dari saham multibagger yang pernah ia beli pada tahun 2005 silam, yakni saham PT Multibreeder Adirama Indonesia Tbk (MBAI).

Untuk lebih memahami apa itu saham multibagger, tentu ada baiknya jika Anda juga mengetahui ciri atau kriteria yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi apakah suatu saham termasuk ke dalam saham multibagger. Berikut kriteria yang dimaksud.

Termasuk dalam saham undervalue

Salah satu cara mendapatkan saham multibagger yakni dengan melihat apakah saham tersebut termasuk undervalue atau tidak. Saham yang undervalue inilah yang kerap dianggap sebagai saham-saham potensial dan multibagger. Harga saham ini cenderung lebih murah dibandingkan dengan nilai buku maupun intrinsiknya.

Dengan membeli saham yang harganya murah, Smart People dapat mengoptimalkan potensi imbal hasil dari investasi saham online yang akan diperoleh. Umumnya, para investor akan membeli saham yang berpotensi multibagger ini pada saat harganya masih di bawah Rp1.000 dengan imbal hasil yang berkali-kali lipat lebih tinggi.

Meski demikian, Smart People juga masih bisa membeli saham lain dengan harga di atas Rp1.000. Akan tetapi, untuk mendapat kesempatan hasil yang lebih besar, tidak ada salahnya mengikuti saran pertama ini, bukan?

Fundamental yang kuat

Saham yang masuk ke dalam kelompok multibagger biasanya adalah perusahaan dengan fundamental yang kuat. Tentunya, perusahaan tersebut mempunyai potensi untuk berkembang secara pesat dalam beberapa tahun ke depan.

Apabila ingin menyimpan saham untuk beberapa tahun ke depan dengan imbal hasil yang tinggi, Smart People wajib memilih perusahaan yang mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. Fundamental keuangan perusahaan juga mesti diperhatikan supaya tidak mengganggu kinerja saham tersebut.

Bukan tanpa alasan memang, sebab saham multibagger sangat cocok diinvestasikan dalam jangka waktu yang panjang. Saat terjadi gejolak ekonomi, faktor fundamental menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena perusahaan dengan fundamental yang bagus akan dapat bertahan dengan baik.

Mempunyai pertumbuhan yang tinggi

Salah satu tips lain untuk melihat perusahaan dengan potensi saham multibagger yakni dengan melihat laporan keuangan dari perusahaan yang bersangkutan, terutama pada bagian hutang. Hindari perusahaan yang hutangnya sangat banyak, bahkan melebihi nilai aset dan kas. Jika beban perusahaan berada pada level yang wajar, tentunya tidak akan terlalu riskan untuk masa depan perusahaan tersebut.

Selain itu, pastikan kembali jika laba yang dimiliki perusahaan harus dapat bertumbuh setiap tahunnya secara konsisten. Dengan begitu, perusahaan yang memiliki saham multibagger akan senantiasa mempunyai earnings per share (pendapatan per saham) yang tinggi dengan debt to equity ratio (rasio utang terhadap ekuitas) yang cenderung lebih rendah.

Smart People perlu mengamati dan mencermati kinerja perusahaan tersebut di masa lalu maupun saat ini, sehingga dapat diprediksi seperti apa kinerja perusahaan tersebut di masa yang akan datang.

Perusahaan dengan skill manajerial yang baik

Kriteria lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah memastikan bahwa perusahaan tersebut mempunyai tim manajemen yang terlatih dan berpengalaman. Perusahaan dengan manajerial yang baik sudah pasti akan senantiasa mempekerjakan seorang analis untuk dapat mengidentifikasi tingkat harga yang optimal guna memastikan pendapatan yang maksimal.

Perusahaan dengan manajemen yang baik juga akan lebih stabil dari segi SDM. Misalnya tidak banyak karyawan yang resign atau di-PHK sehingga sumber daya yang tersedia masih dapat bertahan dengan baik dalam jangka panjang.

Bahkan perusahaan yang tetap stabil membuka lowongan kerja meskipun sedang ada gejolak ekonomi juga bisa menjadi salah satu pertimbangan investasi saham online untuk Smart People memilih emiten dengan saham potensial multibagger.

Punya prospek bisnis yang cerah

Faktanya, tidak semua sektor industri dapat bertahan lama seperti puluhan tahun. Terdapat beberapa lini bisnis yang bahkan sempat memasuki masa-masa suram atau sunset industry. Hal ini memang wajar, namun jika perusahaan tersebut mampu bertahan tentu perlu menjadi pertimbangan dari kriteria emiten yang sahamnya berpotensi multibagger.

Setiap perusahaan sudah pasti harus melakukan adaptasi dan berbagai terobosan sehingga mampu bertahan di tengah berbagai situasi. Smart People pun juga dapat melakukan analisis dan perkiraan apakah bisnis perusahaan tersebut memiliki prospek yang baik di masa depan. Pilihlah saham yang sekiranya tetap dapat bertahan di masa yang penuh kemajuan teknologi industri.

Demikian pembahasan mengenai saham multibagger yang perlu diketahui, termasuk di dalamnya berkaitan dengan kriteria yang perlu menjadi pilihan. Smart People mulai tertarik dengan saham multibagger ini? Download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store maupun App Store sekarang juga untuk mulai investasi saham online.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal