<< Back

5 Kesalahan yang Mungkin Kamu Lakukan Saat Trading Saham!

kesalahan trading saham

Banyak orang masuk ke dalam lingkaran trading maupun investasi saham online karena ingin mendapat berbagai hasil yang maksimal. Tidak jarang, motivasi yang tinggi tidak diimbangi dengan berbagai strategi yang tepat sehingga uang cepat habis dan akhirnya menjadi rugi.

Sejatinya, kesalahan dalam trading online merupakan suatu hal yang lumrah. Kendati demikian, akan lebih bijak jika Smart People tahu kesalahan umum apa saja yang sering dibuat supaya tidak mudah mengulanginya lagi. Berikut beberapa kesalahan umum yang seringkali terjadi dan perlu dihindari.

1. Bersikap spekulatif

Seorang trader yang terlalu aktif mencari imbal hasil umumnya cenderung bersikap spekulatif. Hal ini tentu saja sangat berbahaya dan akan membuat Smart People menjadi rugi. Oleh karena itu, keberadaan analisis menjadi hal yang sangat diperlukan sebelum mengambil keputusan jual-beli saham.

Spekulasi berlebihan akan berpotensi membuat Smart People terjebak dalam fluktuasi saham yang berujung kerugian. Terlebih jika spekulasi tersebut berasal dari rekomendasi para pemengaruh yang secara fundamental maupun teknikal belum tentu bisa dipertanggungjawabkan.

2. Tidak mempunyai trading plan

Banyak trader pemula yang menjalankan trading hanya karena emosi sesaat. Hal ini tentu merupakan suatu kesalahan besar karena pada dasarnya, aktivitas trading saham sama saja seperti bisnis yang tidak dapat dijalankan secara sembarangan.

Sebagai seorang trader, sudah pasti Smart People harus menyiapkan strategi. Pasalnya, trading saham tidak semudah yang dipikirkan karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Smart People juga wajib peka terhadap berbagai isu yang berkembang sehingga persiapan harus benar-benar matang.

Trader yang cenderung ikut-ikutan tren dan sekadar coba-coba tidak jarang akan mengabaikan hal ini. Oleh karena itu, pastikan Smart People selalu siap dengan strategi guna meminimalisir risiko kerugian yang bisa saja terjadi.

3. Tidak bisa mengontrol diri

Sudah pernah dengar fitur margin trading? Margin trading merupakan fasilitas dari pihak sekuritas investasi saham online guna memungkinkan para nasabah membeli saham beberapa kali lipat dari jumlah yang seharusnya didapatkan.

Saat trader terpengaruh emosi dan tidak bisa menahan diri, mungkin saja trader pemula menggunakan margin tanpa pertimbangan panjang. Sebelum mengambil keputusan, selalu ingat untuk tahu kapasitas diri. Smart People juga perlu menggunakan margin trading secara bertanggung jawab. Tanpa pertimbangan yang matang, tentu saja bebannya akan melebihi kapasitas Smart People.

4. Kurangnya edukasi

Sejatinya, risiko kerugian pada saat trading saham dapat berbanding terbalik dengan kemampuan trading. Semakin rendah kemampuan trader, maka semakin besar potensi kerugian yang akan didapatkan. Kendati demikian, semakin tinggi kemampuan Smart People, maka semakin kecil pula kerugian yang akan didapatkan.

Lantas, dari manakah kemampuan tersebut berasal? Tentu saja dari diri Smart People sendiri. Adapun caranya juga cukup sederhana, yakni mempelajari trading dari berbagai sumber, baik internet, buku, atau bahkan teman yang sudah berpengalaman. Belajar dari para pakarnya? Smart People bisa dapat ilmu gratis setiap hari dengan menonton acara RHB Smart Talk di YouTube channel RHB Sekuritas. Subscribe langsung supaya tidak ketinggalan berita terbaru setiap hari!

Jangan ragu mengikuti beragam program edukasi yang mengembangkan kemampuan Smart People. Apabila trader tidak memiliki modal edukasi yang tepat dan mumpuni, tentu hasilnya juga tidak akan maksimal seperti yang diharapkan. 

5. Overtrading

Smart People yang terlalu memaksakan diri mendapat imbal hasil juga akan berujung pada trading yang tidak sehat alias overtrading. Negatifnya, semakin rugi malahan Smart People akan semakin ingin balas dendam menutup kerugian tersebut.

Pada akhirnya, trader tidak dapat mengontrol kerugiannya sendiri. Padahal, setiap trader selalu membatasi kerugian tersebut dengan melakukan stop loss. Dengan begitu mereka sudah menentukan batas harga saham terendah sehingga jika ada tren penurunan, maka trader bisa segera keluar dari pasar dan terhindar dari kerugian.

Apabila ingin melakukan trading dengan kerugian yang minimal, maka jangan ragu untuk terus mengasah skill analisis. Lakukan juga berbagai perencanaan dan disiplin menjalankan rencana tersebut.

Mengatasi Kesalahan dengan Aplikasi RHB Tradesmart ID

Untuk mengatasi berbagai kesalahan umum yang dialami banyak trader, tentu ada baiknya jika Smart People mulai memilih aplikasi trading saham terbaik untuk aktivitas trading yang akan dijalankan. Memilih aplikasi trading bukan hal mudah saat ini, pasalnya ada banyak aplikasi yang dapat diakses.

Salah satu aplikasi yang bisa menjadi rujukan adalah RHB Tradesmart ID. Aplikasi ini dikenal dengan berbagai fitur dan blog artikel terkini yang dapat membantu Smart People memahami lebih dalam mengenai investasi dan trading saham.

Aplikasi yang mudah diakses, stabil, dan tidak gampang lag ini juga menyediakan berbagai tips dan trik seputar investasi dan trading. Hal ini tentu saja akan sangat berguna buat Smart People untuk mendapat imbal hasil terbaik.

Smart People juga dapat memanfaatkan suatu fitur yang berbeda dari aplikasi kebanyakan, yakni Smart Points. Fitur ini memungkinkan Smart People untuk mendapatkan point rewards setelah melakukan sejumlah transaksi. Poin ini bahkan dapat ditukar menjadi saldo e-wallet yang bisa Anda cairkan.Dengan bekal edukasi saham yang tepat dan aplikasi investasi saham online terbaik, tentu Smart People tidak perlu bingung lagi akan mendapatkan hasil yang diinginkan. Download aplikasi RHB Tradesmart ID melalui Play Store atau App Store, nikmati fitur kekiniannya sekarang!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal