<< Back

5 Cara Ini Efektif untuk Atur Keuangan Kamu!

Smart People tentunya mengetahui bahwa pengaturan keuangan atau manajemen finansial sangatlah penting untuk dilakukan. Ini merupakan strategi yang tepat agar kita bisa mencapai tujuan finansial di waktu yang tepat. Lalu, seperti apa cara efektif yang bisa diterapkan agar manajemen finansial berjalan lancar? Mari temukan jawaban untuk atur keuangan di sini!

Kenapa Perlu Belajar Atur Keuangan?

Sebelumnya, apakah Smart People sudah tahu kenapa kita perlu mengatur keuangan? Ini penting sekali untuk diketahui sehingga Smart People jadi punya arah yang jelas dan lebih bersemangat untuk mengelola finansial. Singkatnya, pengaturan keuangan ini dibutuhkan agar Smart People bisa memenuhi semua kebutuhan dengan baik dan dapat mencapai target-target finansial yang ada. 

Perlu diingat bahwa manajemen finansial ini tidak hanya berlaku untuk orang kaya atau orang-orang yang keuangannya mapan. Ini berlaku untuk semuanya dan bisa diterapkan oleh siapa saja termasuk anak-anak muda yang mungkin belum punya penghasilan besar. Dimulai dari awal sehingga manajemen keuangan ini bisa memberikan manfaat yang optimal di masa depan. 

Financial Check Up Dasar 

Dalam proses manajemen keuangan ini, Smart People perlu melakukan financial check up. Ini merupakan sebuah parameter yang nantinya dipakai untuk menentukan berapa banyak pendapatan, pengeluaran, besar tabungan, investasi, tujuan finansial, dan lain-lain. Ini merupakan sebuah langkah untuk mengecek bagaimana kondisi keuangan Smart People secara menyeluruh. 

Financial check up adalah langkah awal untuk mengelola keuangan pribadi. Hasil pemeriksaan ini nantinya akan menunjukkan seperti apa kondisi keuangan Smart People. Dari hasil tersebut, Smart People jadi tahu apa saja yang harus diperbaiki dalam pengelolaan keuangan tadi. Smart People juga jadi tahu apakah selama ini penggunaan uang sudah tepat atau belum. 

Cara Efektif Atur Keuangan

Jika sudah melakukan financial check up, maka tiba waktunya untuk menyusun strategi mengatur keuangan. Setiap orang bisa saja memiliki strategi yang berbeda karena kondisi keuangannya juga tidak sama. Berikut adalah beberapa cara efektif yang bisa Smart People terapkan dalam rangka mengelola finansial:

  1. Susun Anggaran Rutin

Pertama-tama Smart People harus menyusun anggaran rutin. Biasanya anggaran ini dibuat untuk hitungan per bulan. Jadi Smart People bisa menyusun rencana keuangan selama satu bulan sesuai pemasukan yang sudah Smart People miliki. Tentu saja rencana keuangan ini harus dibuat sesuai prioritas Smart People masing-masing karena pastinya kebutuhan setiap orang berbeda-beda. 

Dalam menyusun anggaran rutin bulanan ini, Smart People harus meletakkan hal-hal penting di bagian paling atas. Misalnya saja kewajiban berupa cicilan, harus diletakkan paling awal dan harus dipenuhi terlebih dahulu. Ini menjadi kunci penting agar semua kebutuhan terpenuhi dengan baik dalam kurun waktu satu bulan tadi. 

  1. Gunakan Rekening Terpisah

Smart People bisa menggunakan rekening terpisah untuk mengatur keuangan. Jangan hanya menggunakan satu rekening, tapi siapkan 2 atau mungkin 3 rekening sehingga bisa dipisahkan sesuai kebutuhan atau tujuan pemakaian. Rekening pertama khusus untuk uang yang dipakai memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kemudian rekening kedua khusus untuk dana darurat dan tidak boleh diakses kecuali situasinya darurat. 

Pembagian rekening ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Smart People juga bisa membagi rekening tadi sesuai pemasukan yang dimiliki. Lebih mudah lagi jika Smart People menggunakan digital banking jadi bisa lebih mudah mengelola isi tabungan di masing-masing rekening. 

  1. Alokasikan Tabungan dan Dana Darurat

Selain memenuhi kebutuhan sehari-hari, Smart People juga punya kewajiban finansial lain yaitu menabung dan mengumpulkan dana darurat. Keduanya sangat penting karena nanti bisa membantu menjaga stabilitas keuangan Smart People. Saat ada situasi yang mendesak, maka Smart People bisa mengandalkan dana darurat tadi dan tidak perlu mengambil uang untuk kebutuhan pokok. 

Penting untuk diketahui bahwa alokasi dana tabungan dan dana darurat ini bisa disesuaikan kemampuan atau kondisi finansial masing-masing. Pastikan alokasinya selalu ada setiap bulan dan Smart People bisa meningkatkan nominalnya jika ada pemasukan lebih. Dana darurat dan tabungan ini benar-benar akan menyelamatkan Smart People di saat-saat tertentu. 

  1. Tingkatkan Pemasukan dan Minimalkan Utang

Prinsip ini juga sangat penting untuk diterapkan saat mengatur finansial. Sebisa mungkin cari peluang agar pemasukan meningkat. Selain itu imbangi juga dengan meminimalkan utang karena ini adalah beban finansial. Jika Smart People bisa meningkatkan pemasukan dan meminimalkan utang maka uang yang masuk ke rekening semakin banyak lalu pengeluaran jadi lebih kecil. 

Di zaman digital seperti sekarang ini Smart People bisa mendapatkan banyak peluang untuk menambah penghasilan. Tinggal bagaimana Smart People memanfaatkan peluang tersebut. Masalah utang, sebaiknya jangan mengambil pinjaman tanpa pertimbangan apalagi jika pinjaman tersebut hanya dipakai untuk keperluan konsumtif. 

  1. Lakukan Investasi

Sudah pasti Smart People juga harus melakukan investasi agar kondisi finansial bisa lebih stabil. Investasi adalah langkah tepat untuk menjaga nilai aset dan membuatnya berkembang dalam jangka waktu tertentu. Pilihlah instrumen investasi yang tepat dan lakukan diversifikasi agar Smart People bisa mengumpulkan lebih banyak aset di masa depan. 

Tentu saja dalam langkah investasi ini Smart People juga perlu cermat memilih aplikasi apa yang akan digunakan. Pakailah aplikasi investasi yang terbukti aman dan memiliki fitur lengkap. Ini akan membantu Smart People mencapai tujuan finansial dari hasil investasi tersebut. 

Investasi leher ke atas lewat RHB Smart Talk setiap hari bersama tim riset RHB Sekuritas.

RHB Tradesmart ID bisa menjadi pilihan tepat bagi Smart People yang ingin memulai investasi. Aplikasi investasi yang satu ini memiliki fitur lengkap dan dilengkapi teknologi canggih. Biaya transaksinya juga sangat terjangkau dan Smart People bisa fleksibel mengaksesnya dari mana saja. Unduh aplikasi RHB Tradesmart ID sekarang juga untuk memulai langkah investasi. 

Sumber:

CapitalOne. (2022, Juli 09). 7 Money Management Tips to Improve Your Finances. Diakses pada tanggal 8 Februari 2023 melalui https://www.capitalone.com/learn-grow/money-management/money-management-tips/.

Sarah. (2023, Januari 29). How to Manage Your Money: 19 Tips To Do It Right. Diakses pada tanggal 8 Februari 2023 melalui https://www.clevergirlfinance.com/blog/how-to-manage-your-money/. 

Wicaksono, Punto. (2022, Agustus 21). Financial Check-up: Manfaat dan Cara Melakukannya. Diakses pada tanggal 8 Februari 2023 melalui https://www.qubisa.com/article/financial-check-up#:~:text=Financial%20health%20check%2Dup%20adalah,tentu%20untuk%20memeriksa%20kondisi%20keuangan.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal