<< Back

4 Tips Mempersiapkan Dana Travelling dari Imbal Hasil Saham 

Travelling

Jalan-jalan atau travelling merupakan hobi dari banyak orang. Makanya, tidak mengherankan jika travelling menjadi salah satu tujuan keuangan jangka panjang bagi orang-orang tersebut. Salah satu sumber dana untuk travelling bisa didapatkan dari imbal hasil investasi saham. Penasaran bagaimana menyiapkan dana travelling dari investasi saham? Yuk simak tipsnya berikut ini.

Alasan Pentingnya Pergi Travelling 

  1. Melepas Stres dan Merilekskan Diri 

Salah satu alasan utama mengapa banyak orang pergi travelling adalah untuk melepas atau menghilangkan stres. Setelah sebelumnya berjibaku dengan segala tuntutan dan tanggung jawab pada aktivitas sehari-hari, pergi jalan-jalan ke tempat favorit yang pernah didatangi ataupun tempat baru sekali pun, akan bisa membantu melepas penat dan menyegarkan kembali pikiran. 

  1. Bertemu dengan Orang-Orang Baru 

Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk pergi jalan-jalan atau travelling, khususnya ke tempat yang belum pernah didatanginya sama sekali, dengan tujuan untuk bertemu dengan orang-orang baru. Pertemuan dengan orang-orang baru ini tidak hanya sekadar untuk menambah jaringan pertemanan saja, melainkan juga bisa memberi insight yang baru pula. 

  1. Mempelajari Kultur atau Budaya Baru 

Bepergian ke kota atau bahkan negara baru akan bisa membuat Smart People mengetahui bahwa ada begitu banyak ragam budaya di dunia ini, di mana masing-masingnya punya keunikan tersendiri. Dengan menyadari bahwa ada banyak budaya di luar sana, akan bisa mengajarkan pentingnya untuk saling menghormati budaya masing-masing. 

  1. Menciptakan Pengalaman yang Tidak Terlupakan 

Pergi travelling merupakan cara yang tepat untuk menciptakan memori-memori atau pengalaman baru yang tidak akan bisa dilupakan seumur hidup. Pengalaman tersebut akan bisa diceritakan pada anak dan cucu di kemudian hari, serta tentunya pembelajaran selama pergi travelling akan bisa menginspirasi diri sendiri ataupun orang lain. 

Tips Mempersiapkan Dana Travelling dari Imbal Hasil Saham 

  1. Tentukan Berapa Bujet Travelling yang Ingin Dicapai 

Hal pertama yang harus Smart People lakukan untuk mempersiapkan dana travelling atau jalan-jalan adalah menentukan dan mencari tahu berapa dana yang dibutuhkan agar rencana travelling tersebut bisa diwujudkan. Dengan begini, maka akan ada target yang jelas jumlahnya untuk dicapai, demi keperluan travelling nantinya. 

Nah, untuk menentukan besaran bujet travelling, Smart People bisa akumulasikan biaya-biaya yang harus dikeluarkan saat travelling nantinya. Biaya tersebut meliputi biaya transportasi ke destinasi tujuan, akomodasi, biaya makan, biaya beli buah tangan jika diperlukan, serta biaya tambahan untuk hal-hal yang tidak terduga. 

  1. Buat Rekening Khusus untuk Dana Travelling 

Salah satu kesalahan orang-orang saat mempersiapkan dana travelling adalah tidak mempersiapkan rekening khusus untuk dana travelling tersebut. Jika dana yang ditabung untuk kebutuhan travelling dicampur dengan tabungan biasa pada umumnya atau tidak dipisahkan dengan pos-pos pengeluaran lainnya, maka berpotensi dana travelling akan terpakai nantinya. 

Maka dari itu, saat Smart People berniat atau berencana untuk menyiapkan dana travelling, baiknya buka rekening khusus untuk menyimpan dananya tersebut. Jika merasa repot untuk membuka rekening baru, Smart People bisa manfaatkan fitur aplikasi bank-bank saat ini, yang memungkinkan pemisahan dana untuk pos-pos pengeluaran masing-masing. 

  1. Dapatkan Pendapatan Pasif untuk Mempercepat Pengumpulan Dana 

Agar pengumpulan dana travelling bisa selesai dengan lebih cepat, Smart People bisa coba untuk mencari sumber pendapatan tambahan ataupun aktivitas yang bisa mendatangkan pendapatan pasif bagi Smart People. Salah satu sumber pendapatan pasif yang layak untuk dipertimbangkan adalah dengan melakukan investasi saham.

Melalui investasi saham, Smart People bisa memperoleh dividen secara berkala, dengan jumlah yang terbilang memuaskan, tergantung pada jumlah saham yang Smart People miliki. Selain dari dividen, capital gain yang diperoleh saat dilakukan penjualan saham juga bakal bisa menjadi tambahan bagi dana travelling yang Smart People kumpulkan. 

  1. Konsisten Menabung dan Batasi Pengeluaran Tidak Penting 

Pengumpulan dana untuk kebutuhan jalan-jalan hanya akan bisa terwujud jika Smart People melakukannya dengan konsisten. Maka dari itu, pasanglah mindset untuk selalu menabung dengan rutin, agar dana yang dikumpulkan bisa terwujud pada target waktu yang sudah dipasang sebelumnya. Jika diperlukan, aktivasi penarikan otomatis untuk keperluan menabung dana ini. 

Selain dengan konsisten menabung, usahakanlah untuk membatasi diri dalam belanja atau mengeluarkan uang. Jika suatu hal dirasa tidak penting atau tidak dibutuhkan, maka tahanlah diri untuk tidak membelinya. Dengan cara ini, Smart People bakal bisa membatasi pengeluaran, serta uang yang tidak jadi dikeluarkan tersebut bisa dialihkan untuk kebutuhan dana jalan-jalan. 

Kumpulkan Imbal Hasil Saham untuk Travelling via RHB Tradesmart ID 

Agar makin banyak imbal hasil investasi saham yang bisa Smart People kumpulkan untuk keperluan dana travelling, mulailah investasi saham dari sekarang juga. Untuk Smart People yang mencari aplikasi investasi saham yang ramah untuk pemula dan tentunya ekonomis dari segi biaya transaksi dan modal investasi awal, Smart People bisa pilih RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi saham yang dilengkapi dengan 4 fitur unggulan, yakni Smart Analyzer, Smart Rate, Smart Fee, serta Smart Points. Aplikasi ini disebut ramah pemula, karena dengan fitur Smart Analyzer-nya, Smart People bisa terbantu dalam hal menganalisis saham, sehingga pengambilan keputusan investasi pun jadi terasa lebih mudah. 

Tunggu apa lagi, yuk mulai investasi saham sekarang juga dengan menggunakan RHB Tradesmart ID. Unduh aplikasinya melalui smartphone, lalu mulai kumpulkan imbal hasil untuk keperluan dana jalan-jalan nantinya.  

Sumber: 

Leasca, Stacey. (2023, April 03). How to Save for a Vacation: Creating a Travel Fund. SoFi. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2023 melalui https://www.sofi.com/learn/content/creating-a-travel-fund/

Premkumar, Divya. (2023, Oktober 10). 13 Reasons Why Traveling is Important. Via Travelers. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2023 melalui https://viatravelers.com/why-traveling-is-important/

Viknesh, Tashya. 5 steps to build your travel fund. BigPay. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2023 melalui https://bigpayme.com/blog/5-steps-to-build-your-travel-fund/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal