<< Back

4 Sektor Emiten Yang Terlibat Proyek IKN

Proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) terus bergulir. Dalam proses pembangunannya tersebut, hal yang menjadi fokus dari para investor adalah emiten-emiten saham yang terlibat di proyek tersebut. Keterlibatan emiten saham di proyek IKN memicu meningkatnya prospek emiten saham di kalangan investor. Simak deretan emiten-emiten yang terlibat di proyek IKN berikut ini. 

  1. Emiten Konstruksi 

Kalau berbicara mengenai sektor emiten saham yang paling favorable dengan adanya proyek IKN ini tentu saja adalah sektor konstruksi. Mengingat pada saat ini pengembangan IKN masih didominasi oleh pembangunan fisik, sudah barang tentu dibutuhkan penyedia jasa konstruksi untuk mewujudkannya. 

Nah, pada fase awal pembangunan IKN ini, proyek-proyek awal yang telah masuk digarap oleh perusahaan atau emiten BUMN di bidang konstruksi. Makanya, bisa dibilang kalau emiten konstruksi yang paling favorable dengan adanya proyek IKN ini adalah emiten sektor konstruksi BUMN, yakni ADHI, WSKT, WIKA, serta PTPP.  

  1. Emiten Semen 

Proyek IKN yang sedang berlangsung saat ini juga membawa angin segar pada emiten semen. Sama halnya dengan emiten konstruksi, emiten semen yang diprioritaskan dalam proyek IKN adalah emiten semen milik BUMN, yakni PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. atau SIG (SMGR). Sebagian besar suplai semen untuk pembangunan di IKN saat ini memang berasal dari  SIG.   

Pun begitu, bukan berarti yang bersinar hanya emiten semen milik negara saja. Saat pihak swasta nantinya sudah ikut serta dalam proyek pembangunan, diperkirakan pasokan semen dari emiten swasta seperti PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (INTP) juga akan bisa memperoleh dampak positif dari proyek IKN tersebut. 

  1. Emiten Properti

Emiten selanjutnya yang juga terlibat dalam proyek IKN adalah emiten properti. Keterlibatan emiten properti ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena IKN yang dirancang nantinya sebagai smart city. Alhasil, tidak hanya akan ada perkantoran di sana, melainkan juga perumahan, real estate komersial, hingga pusat pendidikan. 

Emiten properti yang diperkirakan bakal menerima manfaat paling besar dari proyek IKN ini adalah emiten PT. Pakuwon Jati Tbk. (PAWON). Adapun alasannya adalah karena PWON yang fokus pada recurring income atau pendapatan berulang dari bangunan komersial. Selain PWON, emiten PT. Ciputra Development Tbk. (CTRA) juga direncanakan membangun rumah tapak di IKN. 

Selain 2 emiten di atas, masih terdapat 2 emiten properti lagi yang terlibat dalam proyek pembangunan IKN, yakni PT. Pantai Indah Kapuk Dua Tbk. (PANI) dan PT. Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE). BSDE rencananya fokus pada pengembangan kawasan pemukiman, sedangkan PANI memiliki prioritas untuk membangun hotel di IKN. 

  1. Emiten Rumah Sakit 

Emiten rumah sakit juga terpantau sudah terlibat dalam proyek pembangunan IKN. Emiten PT. Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) bekerja sama dengan PT. Bina Karya (Persero) yang merupakan Badan Usaha Otorita (BUO) dan berperan sebagai Master Developer, akan bersama membangun rumah sakit bertaraf internasional di IKN. 

Selain PT. Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL), emiten rumah sakit grup Mayapada, PT. Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk. (SRAJ) juga terlibat dalam proyek pembangunan rumah sakit kedua nantinya di IKN. Adapun nama dari rumah sakit itu nantinya adalah Rumah Sakit Mayapada Hospital Nusantara. 

Emiten Lain yang Perlu Dilirik dari Pembangunan IKN 

Pembangunan IKN tidak hanya bakal membantu emiten-emiten yang terlibat langsung dalam proyek pembangunan IKN tersebut, melainkan juga emiten dengan jenis usaha yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan IKN. Emiten yang dimaksud antara lain emiten energi baru terbarukan, emiten barang konsumsi, hingga emiten transportasi dan logistik. 

Potensialnya emiten energi baru terbarukan (EBT) memang sudah menjadi rahasia umum, apalagi di tengah pengembangan IKN yang digadang-gadang akan menjalankan konsep ESG (Environment, Social, dan Governance). Makanya, pemanfaatan EBT di IKN nantinya bukanlah suatu hal yang mengejutkan lagi. 

Nah, untuk emiten barang konsumsi yang memproduksi barang kebutuhan sehari-hari juga diprediksi bakal merasakan dampak positif dari pembangunan IKN. Pasalnya, penetrasi pasar produk emiten barang konsumsi sehari-hari di IKN bisa terbilang masih rendah. Seiring dengan difungsikannya IKN nanti, pembelian barang dari emiten tersebut diperkirakan juga akan meningkat. 

Emiten transportasi dan logistik juga diprediksi bakal semakin “hot” dengan adanya proyek IKN ini. Ketersediaan moda transportasi memang dibutuhkan untuk mengangkut bahan dan material yang dibutuhkan untuk pembangunan ragam bangunan di IKN. Makanya, suplai moda transportasi dari emiten tersebut akan bisa membantu memperlancar proses penyediaan bahan baku. 

Koleksi Saham via RHB Tradesmart ID 

Sejauh ini, deretan emiten saham yang terlibat dalam proyek IKN menunjukkan kinerja yang positif. Makanya, tidak mengherankan jika saham emiten tersebut dianggap sebagai saham yang potensial. Smart People yang juga tertarik untuk mengoleksi saham yang terlibat dalam proyek IKN, maupun yang mendapat imbas positif darinya, bisa koleksi sahamnya via RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi dan trading saham yang punya fitur SMART sebagai fitur unggulannya. Adapun rangkaian fitur yang tergabung dalam fitur ini adalah Smart Analyzer, Smart Rate, Smart Fee, dan Smart Points. Smart People bisa terbantu dalam hal menganalisis saham, serta hemat dari segi bujet investasi karena biaya transaksinya yang terjangkau. 

Gunakan RHB Tradesmart ID untuk mengoleksi saham dari emiten yang terlibat dalam proyek IKN. Unduh aplikasinya sekarang juga dan manfaatkan fitur-fitur unggulannya untuk memperoleh imbal hasil yang diinginkan. 

Sumber: 

Tonce, Dionisio Damara. 2023, November 30. Efek Proyek IKN ke Emiten Semen Indocement (INTP) dan SIG (SMGR). Bisnis. Diakses pada tanggal 12 Januari 2024 melalui https://market.bisnis.com/read/20231130/192/1719465/efek-proyek-ikn-ke-emiten-semen-indocement-intp-dan-sig-smgr

Pratomo, Gagas Yoga. 2023, November 14. SEktor dan Emiten Ini Diuntungkan Pembangunan IKN, Apa Saja? Liputan 6. Diakses pada tanggal 12 Januari 2024 melalui https://www.liputan6.com/saham/read/5452770/sektor-dan-emiten-ini-diuntungkan-pembangunan-ikn-apa-saja

Suryahadi, Akhmad. 2023, November 26. Pembangunan IKN Berlanjut, Ini Deretan Emiten yang Bakal Diuntungkan. Kontan. Diakses pada tanggal 12 Januari 2024 melalui https://investasi.kontan.co.id/news/pembangunan-ikn-berlanjut-ini-deretan-emiten-yang-bakal-diuntungkan

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal