<< Back

4 Hal Penting yang Perlu Kamu Lakukan dalam Mengelola Aset

Aset yang dimiliki seseorang maupun perusahaan tentunya memiliki peran krusial dalam menjalankan roda kehidupan ataupun bisnis. Oleh sebab itu, aset harus dikelola dengan baik dan benar. Tidak ada salahnya investasi saham online untuk menambah nilai aset asalkan Smart People memiliki pengetahuan dasarnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola dan melindungi aset, baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Mengelola aset sangat penting agar dapat memberikan manfaat dan menghindarkan dari risiko kerugian. Berikut beberapa tips cerdas mengelola aset yang bisa Smart People terapkan.

Aset yang Smart People miliki bisa saja berkurang atau bahkan habis jika tidak dikelola dengan tepat. Nah, untuk mencegah hal tersebut sebaiknya pahami beberapa cara efektif dalam mengelola aset seperti berikut.

1. Cerdas dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran

Bagi Smart People yang memiliki bisnis atau usaha, sebaiknya pilih orang-orang terpercaya yang dapat mengatur aset dengan baik dan bertanggung jawab. Begitu juga untuk mengelola aset pribadi, rencanakan finansial dengan baik dan sehat.

Catat semua pemasukan yang Smart People miliki, begitu juga dengan anggaran atau pos pengeluaran secara rutin. Jika Smart People menggunakan dana untuk investasi saham online, pastikan tercatat dalam rencana keuangan.

Mencatat pemasukan dan pengeluaran dapat membantu Smart People untuk mengenal perputaran aset secara keseluruhan. Catatan ini juga bisa dijadikan evaluasi atau pertimbangan sebelum mengambil keputusan yang terkait dengan likuiditas aset.

2. Menjaga dokumen penting

Mengelola aset yang baik dapat dimulai dengan memisahkan rekening bank pribadi dengan rekening perusahaan atau bisnis. Gunakan nama perusahaan untuk dokumen-dokumen penting, seperti rekening bank, catatan perusahaan, judul properti, dan lain sebagainya.

Cara ini dapat mempermudah Smart People untuk melacak aset yang jenisnya beragam. Dalam mengelola aset, Smart People perlu untuk melakukan pelacakan aset secara berkala karena pastinya ada beberapa aset yang akan mengalami depresiasi atau pengurangan nilai.

Hal ini cukup penting bagi aset perusahaan karena berhubungan dengan pajak perusahaan. Jadi selalu lacak secara jeli aset apa saja yang masih ada dan berapa nilainya. Jika tidak diperhatikan dengan benar, mungkin Smart People membayar pajak lebih besar dari yang seharusnya atau nilai aset secara riil yang masih ada.

3. Mengelola usaha dengan benar

Apabila usaha atau bisnis Smart People sudah berkembang, pertimbangkan untuk memulai memisahkannya dengan keuangan pribadi. Cara ini bertujuan untuk mempermudah Smart People dalam mengelola aset perusahaan dan aset pribadi dengan lebih baik.

Jangan abaikan kontrak dalam menjalankan usaha, misalnya perjanjian jual beli, sewa, atau lainnya. Jika diperlukan, Smart People bisa menggunakan notaris atau penasihat hukum saat membuat kontrak usaha agar lebih aman.

Selain itu, penting juga untuk mengasuransikan usaha atau bisnis kepada perusahaan asuransi yang tepat. Hal ini cukup penting terutama untuk usaha-usaha yang sudah berkembang lebih besar.

4. Giat berinvestasi

Sebagian orang yang ingin menambah nilai aset mereka memilih untuk melakukan investasi. Smart People bisa memilih produk investasi yang sesuai karakteristik atau keinginan. Jika tertarik dengan saham, jangan lupa untuk belajar investasi saham yang baik dan benar karena produk ini memiliki risiko yang tinggi sebanding dengan peluang hasilnya.

Investasi bisa dilakukan dalam berbagai jenis instrumen, bukan hanya di pasar modal saja. Mungkin mulai dari investasi dengan risiko yang kecil dan mudah. Contohnya investasi leher ke atas, artinya berinvestasi pada diri sendiri dengan upgrade ilmu baru lewat kelas online, kursus, media sosial, dan berbagai sumber lainnya.

Berinvestasi dapat menjadi cara cerdas untuk Smart People mengelola aset. Namun perhatikan bahwa setiap investasi tentu memiliki peluang imbal hasil dan tingkat risiko yang berbeda-beda.

Smart Rate RHB

Margin saham bisa menjadi opsi untuk mengelola dana investasi Smart People agar mampu membeli saham lebih banyak dari saldo yang ada di rekening saham. Apalagi Smart Rate RHB hadir dengan penawaran bunga margin yang cukup mantap hanya 9% per tahun atau 0,025% per hari.

Promo Smart Rate RHB ini menyediakan bunga margin yang rendah di Indonesia saat ini. Rata-rata bunga margin di pasar saat ini sendiri antara 15% hingga 18% per tahun.

Bagi yang masih belajar saham pemula, bunga margin yang rendah tentu dapat memberikan manfaat kepada trader yang menggunakan margin trading. Peluang imbal hasil bisa lebih besar dengan bunga margin yang rendah.

Itulah beberapa tips penting dalam mengelola aset agar memberikan manfaat yang lebih dan melindungi nilai aset. Smart People yang ingin menambah nilai aset bisa investasi saham online dengan memilih entitas yang tepat. Investasi saham memiliki peluang imbal hasil yang cukup tinggi dibanding instrumen lain namun dengan risiko yang sebanding.

Jika Smart People ingin belajar lebih jauh mengenai saham, gunakan aplikasi saham online RHB TradeSmart ID untuk jual beli saham dengan lebih mudah melalui smartphone. Fitur-fitur cerdas yang disediakan dapat membantu menganalisa agar peluang imbal hasil investasi lebih baik. Tertarik dengan jual beli saham?

Download aplikasi RHB TradeSmart ID di Play Store dan App Store segera dan memanfaatkan beragam fitur dan promo menariknya. Bagi yang ingin mencari tahu tentang waran terstruktur, Anda bisa mengunjungi laman RHB Waran Terstruktur.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal