<< Back

4 Emiten Milik Tokoh Politik Indonesia, Ada Luhut Pandjaitan! 

erick-thohir-hary-tanoesoedibyo-luhut-pandjaitan-sandiaga-uno

Tidak hanya andal berpolitik, namun juga lihai dalam berbisnis, itulah mungkin pernyataan yang cocok untuk menggambarkan beberapa tokoh politik di Indonesia. Beberapa tokoh politik tersohor diketahui memang memiliki beberapa perusahaan yang melantai di BEI (Bursa Efek Indonesia). Apa saja emiten milik tokoh politik Indonesia ini? Yuk simak beberapa di antaranya berikut ini.  

PT. Mahaka Media Tbk. (ABBA) dan PT. Mahaka Radio Integra Tbk. (MARI)

PT. Mahaka Media Tbk. (ABBA) dan PT. Mahaka Radio Integra Tbk. (MARI) merupakan   perusahaan multimedia milik Mahaka Group. Adapun tokoh politik yang menjadi pemilik dari perusahaan tersebut adalah Erick Thohir. Erick Thohir saat ini di antaranya menjabat sebagai Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) dan Ketua Umum PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). 

PT. Mahaka Media merupakan cikal bakal dari Mahaka Group saat ini. Pada saat pertama kali berdiri, tepatnya di tanggal 28 November 1992, Mahaka Media bernama PT. Abdi Massa. Baru pada 4 Mei 2020, berdasarkan RUPSLB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa), PT. Abdi Massa resmi berganti nama menjadi PT. Mahaka Media Tbk. 

Sebelumnya, Erick Thohir merupakan komisaris dari PT. Mahaka Media Tbk. (ABBA) dan PT.  Mahaka Radio Integra Tbk. (MARI). Namun, pengangkatannya sebagai Menteri BUMN, membuat Erick Thohir meletakkan jabatannya sebagai komisari perusahaan tersebut terhitung mulai tahun 2019. Saat ini, jabatan komisaris perusahaan dipegang oleh Mahendra Agakhan Thohir.  

Pada saat Erick Thohir digadang-gadangkan sebagai calon wakil presiden (cawapres) Prabowo sebelum Pemilu 2024 silam, saham ABBA dan MARI mengalami kenaikan yang terbilang cukup signifikan. Namun, ketika pemiliknya batal mencalonkan diri sebagai cawapres, saham ABBA dan MARI pun turut mengalami penurunan. Kondisi ini menunjukkan bagaimana efek dari politik terhadap pergerakan saham. 

PT. Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN)

PT. Media Nusantara Citra Tbk. (MNCN) yang merupakan bagian dari MNC Group ini setidaknya memiliki 4 kegiatan bisnis, yakni media, jasa keuangan, e-commerce, dan perhotelan hiburan. Melalui bisnisnya di bidang media, MNCN mengoperasikan 4 stasiun TV nasional, yakni RCTI, MNCTV, GTV, dan Inews. Adapun sosok dibalik emiten ini adalah Hary Tanoesoedibjo. 

Hary Tanoesoedibjo merupakan pendiri MNC Group dan saat ini memegang peran sebagai Presiden Komisaris di MNCN. Tidak puas hanya bergelut sebagai pengusaha saja, Hary Tanoesoedibjo pun terjun ke dunia politik dan mendirikan partai yang bernama Partai Persatuan Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai PERINDO.

Pada tahun 2023 lalu, performa saham MNCN bisa dibilang tidak begitu baik. Pendapatan usaha MNCN mengalami penurunan sepanjang 2023, yang kemudian juga membuat laba bersihnya menjadi tergerus. Pendapatan usaha MNCN di tahun lalu adalah sebesar Rp8,54 triliun, terkoreksi 15,70% secara tahunan dari yang sebelumnya Rp10,14 triliun. 

Seiring dengan pergantian tahun, MNCN kembali membuktikan dirinya sebagai salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia. Berdasarkan kinerja keuangannya di semester I-2024, MNCN diketahui mencatatkan kenaikan laba yang cukup signifikan. Adapun laba yang berhasil dicetak oleh MNCN di semester I-2024 ini adalah sebesar Rp808,47 miliar, tumbuh 8,35% secara tahunan.  

PT. Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG)

PT. Saratoga Investama Sedaya Tbk. (SRTG) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang investasi, di antaranya pada sektor jasa keuangan kesehatan, teknologi digital, dan barang konsumsi. Adapun tokoh politik yang menjadi sosok penting di perusahaan ini adalah Sandiaga S. Uno, dengan kepemilikan sahamnya saat ini sebesar 21,51% di perusahaan tersebut. 

Sandiaga Uno saat ini merupakan seorang kader dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pun begitu, bisa dibilang kiprah Sandiaga Uno di dunia politik tidak begitu berpengaruh pada kinerja saham perusahaannya. Adapun kabar terbaru dari SRTG saat ini adalah emiten saham tersebut terdepak dari indeks LQ45 per 1 Agustus hingga 31 Oktober 2024 nanti. 

PT. TBS Energi Utama Tbk. (TOBA)

PT. TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) atau dulunya dikenal sebagai PT. Toba Bara Sejahtera Tbk. merupakan perusahaan yang lini bisnisnya bergerak di bidang pertambangan, perkebunan, dan ketenagalistrikan. Tokoh politik yang menjadi bagian penting TOBA adalah Luhut Binsar Pandjaitan, petinggi Partai Golkar sekaligus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. 

Pergerakan saham TOBA bisa dibilang tidak begitu terpengaruh oleh sepak terjang Luhut Binsar Pandjaitan di bidang politik. Performanya sendiri saat ini di pasar saham terbilang cukup bagus, terbukti dari tumbuhnya laba bersih TOBA hingga 128,8% di semester I-2024. Bagusnya performa TOBA ini di antaranya didukung oleh penerapan investasi strategis di usaha bisnis hijau. 

Ingin Tahu Pergerakan Saham Milik Tokoh Politik? Pantau via RHB Tradesmart ID! 

Meskipun tidak semua, namun beberapa emiten saham milik tokoh politik bisa dibilang menunjukkan performa yang cukup bagus. Performanya pun tidak selalu terpengaruhi oleh performa politik milik tokoh politik tersebut. Nah, Smart People sendiri apakah berniat untuk mengoleksi salah satu atau beberapa emiten saham milik tokoh politik yang disebutkan di atas? 

Jika masih ragu untuk memilih emiten saham yang mana, Smart People bisa coba dulu pantau dan analisis pergerakan saham tokoh politik ternama Tanah Air dengan RHB Tradesmart ID. RHB Tradesmart ID hadir dengan fitur Smart Analyzer, yang bisa bantu menganalisis dan memantau pergerakan saham secara real time, sehingga bisa digunakan dalam pengambilan keputusan investasi. 

Jangan tunggu lama untuk unduh RHB Tradesmart ID. RHB Tradesmart ID dengan fitur SMART-nya siap damping aktivitas investasi saham Smart People. 

Sumber: 

Setiawan, Sakina Rakhma Diah. 2024, Agustus 30. Laba Bersih TOBA Tumbuh 128,8 Persen pada Semester I 2024, Ini Penopangnya. Kompas.com. Diakses pada tanggal 8 September 2024 melalui https://money.kompas.com/read/2024/08/30/211132526/laba-bersih-toba-tumbuh-1288-persen-pada-semester-i-2024-ini-penopangnya?page=all.

Hema, Yuliana. 2024, Juli 26. Saratoga (SRTG) Terdepak, Ini Daftar Terbaru Saham LQ45 Periode Agustus-Oktober 2024. Kontan.co.id. Diakses pada tanggal 8 September 2024 melalui https://pusatdata.kontan.co.id/news/saratoga-srtg-terdepak-ini-daftar-terbaru-saham-lq45-periode-agustus-oktober-2024

Hema, Yuliana. 2024, Agustus 07. MNCN dan SCMA Kompak Catat Pertumbuhan Laba, Begini Prospek ke Depannya. Kontan.co.id. Diakses pada tanggal 8 September 2024 melalui https://investasi.kontan.co.id/news/mncn-dan-scma-kompak-catat-pertumbuhan-laba-begini-prospek-ke-depannya

CNBC Indonesia. 2023, Oktober 18. Saham ABBA-MARI Terbang, Erick Thohir Jadi Cawapres Prabowo? CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 8 September 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/market/20231018140134-17-481599/saham-abba-mari-terbang-erick-thohir-jadi-cawapres-prabowo

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal