<< Back

4 Alasan Perusahaan Sekuritas Perlu Diawasi oleh OJK

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK berperan penting dalam mengawasi aktivitas lembaga keuangan termasuk perusahaan sekuritas agar tidak merugikan masyarakat.

Perusahaan sekuritas terbaik tentunya sudah terdaftar resmi di OJK sehingga layanan mereka lebih terjamin. Berikut beberapa alasan penting lainnya mengapa perlu pengawasan OJK.

OJK merupakan lembaga negara yang memiliki tugas utama yaitu mengawasi sektor perbankan, pasar modal, dan jasa keuangan. Lembaga ini juga berfungsi untuk mengawasi perusahaan sekuritas dengan beberapa tujuan berikut.

1.     Menjaga layanan stabil dan berkelanjutan

Pengawasan dari OJK merupakan bagian penting dalam sektor finansial termasuk di dalamnya adalah perusahaan sekuritas. Perusahaan seperti ini perlu diawasi oleh OJK agar dapat tumbuh secara berkelanjutan dan tentunya stabil.

OJK memastikan layanan dari perusahaan sekuritas sudah sesuai dengan standar yaitu layak, stabil, dan sehat. Jadi masyarakat dapat lebih aman untuk menggunakan layanan dari perusahaan tersebut.

Pengawasan terhadap lembaga atau perusahaan sekuritas meliputi beberapa hal penting seperti modal minimum, kualitas aset, pengujian kredit, dan lain-lain. Dalam sektor pasar modal, dana para investor yang berputar jumlahnya sangat banyak. Apabila suatu perusahaan sekuritas mengalami masalah, OJK dapat memberikan bantuan dan perlindungan untuk para nasabah atau investor.

Tujuan pengawasan ini tidak lain adalah untuk menjamin pertumbuhan pasar modal secara berkelanjutan. Ratusan perusahaan sekuritas sudah terdaftar di OJK yang kredibilitasnya tidak perlu diragukan lagi.

OJK dapat menjamin layanan dari setiap perusahaan sekuritas yang dinaunginya. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir perusahaan sekuritas tersebut berhenti di tengah jalan karena bangkrut, tersandung kasus penipuan, atau lain sebagainya.

2.     Transaksi lebih aman dan akuntabel

OJK juga berfungsi untuk mengawasi sektor pasar modal termasuk perusahaan-perusahaan sekuritas. Pengawasan dari lembaga negara ini diperlukan untuk menjaga dan melindungi para investor. Perusahaan sekuritas yang sudah lolos uji kelayakan dari OJK, kredibilitas pelayanan dan akuntabilitas perusahaannya lebih terjamin.

Bagi Smart People yang berinvestasi pada perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar OJK pastinya lebih aman dan dapat terpercaya. Jadi tidak perlu ragu lagi untuk mengambil strategi mendapatkan hasil maksimal dari perusahaan sekuritas terbaik yang terdaftar OJK.

OJK menetapkan regulasi tertentu untuk layanan dan pencatatan pada perusahaan sekuritas. Hal ini bertujuan untuk memantau bagaimana perusahaan tersebut tumbuh dan mengelola dana investor. Mencegah oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang berkedok layanan sekuritas.

Perusahaan sekuritas tentunya memberikan laporan keuangan kepada OJK untuk dievaluasi. Apabila ada yang mencurigakan, OJK dapat melakukan tindakan untuk mencegah transaksi atau penggelapan dana yang dapat merugikan.

Kredibilitas perusahaan sekuritas yang lolos uji kelayakan OJK tentunya lebih terjamin. OJK dapat mengecek bagaimana keluar masuknya dana pada perusahaan tersebut dan bagaimana pengelolaannya. 

3.     Melindungi kepentingan masyarakat

Alasan penting lainnya bagi perusahaan sekuritas untuk diawasi OJK adalah melindungi kepentingan masyarakat terutama investor. Smart People tidak perlu khawatir untuk menanamkan modal di perusahaan yang terdaftar OJK karena keamanan transaksi mereka telah terjamin.

OJK melindungi masyarakat dari penipuan dan hal-hal lain yang merugikan. Smart People pastinya sudah pernah mendengar kasus-kasus investasi bodong yang membuat korbannya mengalami kerugian. Hal tersebut dapat dicegah dengan memilih tempat investasi yang benar dan aman yaitu yang terdaftar resmi di OJK.

Lembaga negara ini akan mengawasi setiap perusahaan sekuritas termasuk layanan yang diberikan kepada para nasabah atau investor. OJK memiliki syarat-syarat khusus untuk menentukan kelayakan perusahaan sekuritas dan layanan keuangan yang diberikan.

Jadi untuk setiap masyarakat yang ingin berinvestasi sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah perusahaan sekuritas tersebut sudah memiliki izin dari OJK atau belum. Berhati-hatilah jika Smart People ditawari investasi oleh perusahaan sekuritas yang menjanjikan hasil tidak wajar seperti bagi hasil yang sangat besar dan cepat.

4.     Menghentikan layanan apabila tidak sesuai standar

Setiap perusahaan sekuritas tentunya memiliki kebijakan dan peraturan yang berbeda-beda dalam menjalankannya. Menjadi tugas OJK untuk memastikan semua itu sesuai dengan standar lembaga keuangan di sektor pasar modal yang layak untuk beroperasi.

Pengawasan oleh OJK ini penting untuk mencegah transaksi atau kegiatan-kegiatan lain yang dapat merugikan. Apabila di kemudian hari ada permasalahan pada perusahaan sekuritas yang berpeluang merugikan banyak pihak, OJK dapat mencabut izin perusahaan tersebut.

OJK dapat melindungi masyarakat dari perusahaan-perusahaan yang tidak layak beroperasi sebagai penyedia layanan sekuritas atau investasi. Smart People yang ingin berinvestasi juga bisa melihat track record dan catatan dari OJK apakah pernah tersandung kasus penipuan, pencucian uang, dan lain sebagainya.

Adanya pengawasan ini tentu juga bisa mencegah kerugian yang lebih banyak di masa mendatang. Smart People dapat lebih mudah untuk berinvestasi dengan jaminan dan pengawasan OJK pada perusahaan sekuritas. OJK memastikan layanan dan pengelolaan keuangan dari perusahaan sekuritas tersebut wajar.

Itulah beberapa tujuan dan alasan pentingnya bagi perusahaan sekuritas untuk diawasi oleh OJK. Selain untuk kenyamanan para nasabah atau investor, izin dari OJK ini juga dapat membantu perusahaan-perusahaan sekuritas mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Setiap calon investor tentunya akan lebih memilih perusahaan sekuritas terbaik yang terpercaya dan terdaftar di OJK.

Smart People yang ingin berinvestasi dan belajar trading saham yang aman dapat menggunakan RHB Tradesmart. Download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store untuk menggunakan berbagai fitur canggih di dalamnya.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal