<< Back

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Scalper Sebelum Transaksi Jual Beli Saham

Dalam dunia trading saham mungkin Smart People sering mendengar istilah scalping. Strategi scalping digunakan dalam jual beli saham yang dilakukan dalam waktu singkat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut sebelum menggunakan teknik scalping. 

Sebenarnya teknik scalping tidak terlalu cocok untuk trader pemula, namun tetap bisa dipelajari. Berikut tips menggunakan strategi scalping agar mendapatkan hasil seperti yang diharapkan.

1.     Modal kecil

Ada banyak strategi dalam jual beli saham seperti swing, day trading, dan juga scalping. Seorang scalper adalah trader yang menggunakan strategi untuk jual beli saham dalam waktu singkat, seperti beberapa detik, menit, jam, yang intinya pada hari yang sama.

Prosesnya cukup bikin was-was karena dilakukan dalam waktu yang singkat. Oleh sebab itu, teknik ini sebaiknya digunakan untuk Smart People yang sudah memiliki pengalaman atau jam terbang cukup dalam jual beli saham.

Dibandingkan dengan teknik day trading, scalper cenderung menggunakan modal yang lebih besar. Namun untuk Smart People yang baru belajar menggunakan teknik ini sebaiknya bertaruh dengan modal kecil dulu.

Modal yang kecil akan mengurangi risiko apabila Smart People salah memprediksi pasar. Jadi jika hasilnya negatif pun jumlahnya tidak akan terlalu besar.

Dalam menggunakan teknik ini, trader dapat membuka posisi lebih dari satu kali. Smart People bisa open posisi puluhan kali hingga mendapatkan hasil sesuai target dalam satu hari. Teknik ini sendiri belum tentu dilakukan setiap hari sehingga saat menggunakan scalping bisa membuka posisi sampai mendapatkan hasil yang sudah ditentukan.

Selain menetapkan jumlah modal yang dipakai untuk trading, hal penting selanjutnya untuk scalper saham adalah membuat list saham yang akan diperjual belikan. Smart People harus membuat target saham apa saja yang memiliki peluang untuk trading dengan teknik scalping ini.

2.     Dalami analisis teknikal

Smart People yang ingin trading menggunakan strategi scalping setidaknya harus paham dengan analisis teknikal secara menyeluruh dan komprehensif. Pelajari lebih banyak mengenai ilmu analisis teknikal dalam jual beli saham. Smart People dapat mengikuti webinar gratis atau join grup khusus trading untuk mendapatkan lebih banyak ilmu.

Strategi untuk scalper trader yang banyak dilakukan yaitu menetapkan jam atau waktu untuk memulai trading. Smart People dapat memulai trading tepat pada jam 09.00 pagi. Jangan lupa untuk selalu fokus dan konsentrasi saat trading.

Fokus sangat penting mengingat pergerakan saham yang fluktuatif dan scalping yang dilakukan dalam waktu singkat. Naik turunnya saham harus terus Smart People amati saat melakukan trading dengan strategi scalping ini.

Dalam jual beli saham menggunakan strategi scalping ini sangat mengandalkan analisis teknikal yang Smart People kuasai. Termasuk juga untuk memantau pergerakan pasar setiap detik. Bisa dikatakan bahwa strategi ini memang lebih cocok untuk para trader yang memiliki banyak waktu atau full time trader.

Tetapkan target hasil untuk trading saham yang jelas sebagai rencana sebelum Smart People memulai trading. Hal ini penting untuk mencegah trading yang tidak terkontrol atau serakah yang dapat membuat target dan rencana berantakan.

Berita-berita dan isu-isu penting sebaiknya diperhatikan saat melakukan trading. Hal ini penting dalam teknik trading scalper karena pergerakan harga pasar dapat terpengaruh pada berita atau isu yang sedang hangat.

3.     Teliti

Seorang trader juga harus teliti agar tidak mendapatkan hasil yang negatif atau target tidak tercapai. Teliti memilih saham apa yang berpeluang untuk trading pada hari tersebut. Tetapkan daftar sahamnya dan modal yang akan digunakan.

Teliti mengenai risiko dan gaya trading apa yang nyaman dan sesuai Smart People. Lakukan apa itu scalper dalam trading secara konsisten. Hal ini penting agar Smart People dapat lebih jeli dan teliti dalam menggunakan teknik ini.

Para trader akan lebih menguasai cara trading yang sesuai dengan gaya dan kenyamanan masing-masing untuk jual beli saham dalam waktu cepat ini. Jangan lupa untuk Smart People yang memilih trading ini, pelajari cara membatasi cut loss apabila trading sudah mendapatkan hasil yang diharapkan.

Amankan hasil dari trading ke akun yang terpisah sebagai safety fund untuk dana masa depan. Jika Smart People terus konsisten sebagai trader scalper tentu akan semakin jago dan banyak manfaat yang diperoleh.

Teliti juga setiap ada perubahan dan pergerakan saham dalam monitor setiap detik. Smart People harus bisa beradu dengan waktu untuk cepat-cepat membuka dan menutup posisi, menentukan target hasil, dan lain sebagainya.

Pertimbangkan untuk menggunakan target hasil tertentu untuk mengontrol trading yang dilakukan. Hal ini juga untuk mencegah trading berubah ke posisi negatif dan tidak sesuai dari prediksi. Hasil yang sudah diperoleh dapat disimpan dan Smart People dapat membuka posisi pada hari berikutnya.

Itulah beberapa tips dan hal penting yang perlu dipelajari dalam menggunakan teknik scalping. Kemampuan dan pengetahuan trader mengenai analisis teknikal sangat penting dalam trading saham ini. Smart People juga harus terus belajar tidak hanya untuk trading saham tetapi juga manajemen untuk mengatur keuangan sebaik mungkin.

Smart People dapat belajar trading dan investasi melalui RHB Tradesmart. Silahkan download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store untuk selengkapnya.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal