<< Back

3 Cara Mudah dan Tepat Mendapatkan Passive Income

mendapatkan passive income

Menghadapi kebutuhan dan harga barang yang semakin tinggi membuat banyak orang mulai mencari pemasukan tambahan, salah satunya dengan meningkatkan passive income. Ada banyak hal yang dapat dilakukan, baik dari investasi saham online, mencari pekerjaan sampingan, dan sebagainya.

Apa Itu Passive Income

Sebelum mengetahui cara mendapat pemasukan tambahan menggunakan passive income, ada baiknya jika Smart People mengetahui secara detail apa yang dimaksud dengan hal tersebut. Mudahnya, passive income merupakan proses mendapatkan pemasukan tanpa perlu melakukan sejumlah peran aktif dengan beberapa cara sebagai berikut.

Paper aset

Bisa dibilang, jenis pendapatan pasif yang satu ini merupakan pendapatan yang banyak diketahui. Ada beberapa contohnya seperti deposito, reksadana, bahkan saham yang dapat memberi imbal hasil ketika Smart People tertidur sekalipun.

Penyewaan properti

Sesuai namanya, jenis passive income yang satu ini didapatkan dari sejumlah properti yang Smart People sewakan kepada orang lain. Entah itu kost-kostan, sewa rumah, ruko, dan sebagainya. Sama halnya seperti paper asset, Smart People hanya tinggal menunggu pemasukan setiap periode tertentu ketika pembayaran sewa.

Bisnis tanpa terlibat

Smart People memiliki usaha sampingan selain pekerjaan utama? Tentunya ini bisa menjadi salah satu passive income yang akan menambah pundi-pundi keuangan. Karena sifatnya sampingan, maka Smart People tidak harus terlibat langsung dan aktif di dalamnya, seperti minimarket, laundry, dan sebagainya.

Manfaat Passive Income

Jika saat ini Smart People masih memiliki penghasilan aktif seperti pekerjaan kantoran namun memiliki impian untuk hidup yang mudah, maka membangun penghasilan pasif bisa menjadi jawaban. Mulai dari membuat blog beriklan, fotografi, sewa properti, hingga investasi saham online.

Kendati demikian, tentu saja ada banyak lagi manfaat yang didapat dari penghasilan pasif yang bahkan tidak banyak orang ketahui. Berikut sejumlah manfaat yang dimaksud.

Menghindari kecemasan di masa depan

Memiliki passive income akan membuat hidup Smart People menjadi lebih tenang karena penghasilan tersebut berfungsi mengamankan hidup dan membantu meringankan kekhawatiran akan berbagai hal, termasuk sejumlah tagihan dan masalah finansial.

Dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin

Waktu menjadi aset yang berharga di mana meskipun Smart People tidak dapat lepas dari berbagai tanggung jawab, namun adanya pendapatan pasif akan memberi kemudahan supaya Smart People lebih fleksibel menghabiskan waktu yang terbatas. Manajemen waktu juga akan lebih tertata sebanding dengan penghasilan yang meningkat.

Memudahkan Smart People menyalurkan hobi

Passive income juga akan memungkinkan Smart People memiliki kebebasan waktu dan pilihan untuk menggunakannya. Tidak mengherankan jika banyak orang memanfaatkan waktu luang tersebut untuk menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan.

Mendapatkan Passive Income dari Investasi Saham

Sejatinya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan passive income, salah satunya dengan berinvestasi. Pilihan investasi pun ada beragam, namun yang paling direkomendasikan untuk mendapat hasil yang maksimal yakni saham.

Ya, saham menjadi pilihan investasi yang tepat meskipun risikonya tinggi. Kendati demikian, hasil yang diberikan juga sebanding. Banyak orang kemudian mencari emiten yang cocok guna investasi saham online sehingga mendapatkan hasil terbaik sebagai penghasilan pasif.

Pahami investasi saham

Hal pertama yang perlu Smart People lakukan yakni menentukan tujuan Smart People dalam mengelola saham. Selain itu, pastikan Smart People betul-betul memahami bagaimana investasi saham dan pemilihan saham yang tepat untuk investasi.

Jangan lupa selalu mencari referensi terbaik, entah dari buku, media sosial, video tutorial, atau bahkan bertanya pada orang yang sudah ahli. Dengan demikian, imbal hasil yang didapatkan juga akan jauh lebih maksimal.

Lakukan strategi saham dengan tepat

Saham memang memiliki pergerakan yang fluktuatif. Pergerakan ini banyak dipengaruhi oleh banyak faktor, baik internal perusahaan maupun faktor eksternal lainnya. Dari sinilah Smart People harus jeli dan cermat dalam membuat berbagai keputusan, baik hold, buy, maupun sell.

Lakukan juga diversifikasi saham sebagai suatu strategi dalam berinvestasi. Smart People perlu mengelompokkan dan memilih saham yang memiliki risiko kerugian kecil seperti perbankan, properti, hingga good consumer.

Gunakan uang dingin

Buat Smart People yang baru belajar berinvestasi saham, sangat disarankan untuk menggunakan uang dingin alias uang yang sudah dipisahkan dari keperluan harian. Smart People dapat menggunakan bonus atau dana menganggur sehingga dana untuk kebutuhan tidak terganggu.

Investasi Saham Bersama Smart Points RHB

Berinvestasi saham secara online tidak lengkap rasanya jika tidak menggunakan aplikasi saham terbaik. Oleh karena itu, Smart People perlu menggunakan aplikasi yang stabil dan tidak mudah lag seperti pada RHB Tradesmart ID.

Ada banyak fitur yang tersedia di dalamnya, salah satunya Smart Points. Melalui fitur ini, transaksi yang Smart People lakukan nantinya akan dapat dikonversi dalam bentuk poin yang dapat ditukar ke e-wallet. Jika e-wallet sudah terverifikasi, maka dapat ditransfer menjadi saldo bank, lho.

Nah, tunggu apa lagi. Untuk mendapatkan fitur investasi saham online yang jauh lebih lengkap tersebut, segera download RHB Tradesmart ID dari Play Store atau App Store sekarang juga! Untuk informasi dan pembelian waran terstruktur, bisa mengunjungi RHB Waran Terstruktur.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal