<< Back

3 Cara Mengatasi Kesehatan Mental dari Loss Besar Investasi Saham

Saham dikenal sebagai salah satu instrumen investasi dengan risiko yang tinggi. Tidak mengherankan jika ada banyak investor mengalami gangguan mental karena gagal saat melakukan aktivitas saham. Oleh karena itu, Smart People wajib memahami cara mengatasi kesehatan mental terutama ketika mengalami loss atau kegagalan saat berinvestasi saham.

Apa Itu Kesehatan Mental

Pada dasarnya, kesehatan mental berkaitan dengan kondisi kejiwaan, emosi, serta psikis seseorang. Berbagai peristiwa dalam hidup memiliki dampak yang cukup besar bagi kepribadian dan perilaku seseorang sehingga berpengaruh pada kesehatan mentalnya.

Kesehatan mental merupakan aspek penting dalam kehidupan seseorang. Dengan kesehatan mental yang baik, seseorang dapat meraih kualitas hidup yang maksimal. Kondisi mental sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa kategori, seperti sehat, stres, hingga depresi.

Berbagai hal dapat mengganggu kesehatan mental seseorang, bahkan membuat sejumlah masalah dapat terjadi dalam kehidupannya. Tidak hanya dapat merusak interaksi dengan orang lain, namun juga dapat menurunkan prestasi hingga produktivitas.

Penyebab Jatuhnya Kondisi Kesehatan Mental

Masalah kesehatan mental dapat terjadi oleh siapa saja. Berbagai kondisi dapat muncul dan mengubah cara seseorang saat berhubungan dengan orang lain. Bahkan kesehatan mental yang rusak bisa membuat seseorang mudah melukai dirinya sendiri.

Kesehatan mental secara umum dapat terjadi dengan beberapa kondisi psikologis, seperti gangguan kecemasan, stres, hingga depresi. Sejumlah hal tersebut dapat terjadi karena beberapa hal sebagai berikut:

1. Mengalami kerugian sosial

Kerugian sosial seperti masalah hutang bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami gangguan mental. Terlebih jika Smart People memiliki utang akibat investasi saham. Hal ini dapat terjadi apabila seseorang terlalu berani berinvestasi saham namun tidak memiliki modal yang cukup.

Untuk itu, Smart People perlu memahami cara mengatasi kesehatan mental guna menghindari hal tersebut. Salah satunya dengan mempersiapkan diri sebelum benar-benar terjun pada aktivitas investasi tersebut. Jangan sampai mengalami kerugian akibat ketidaksiapan diri.

2. Stres berat dalam waktu yang lama

Seseorang yang mengalami stres rawan mengalami gangguan mental yang lebih berat. Penyebab stres sejatinya juga beragam, mulai dari gangguan tidur, kelelahan, masalah keuangan, hingga berbagai tuntutan lainnya. Kerugian akibat investasi saham juga seringkali menjadi penyebab stres.

Gangguan mental akibat stres akan sangat berpengaruh terhadap perasaan atau emosi seseorang. Masalah fisik, cara berpikir, hingga perilaku seseorang juga bisa berubah karena stres yang berlangsung lama. Semakin lama, seseorang bisa mengalami depresi dan menyakiti diri sendiri.

3. Mengalami diskriminasi dan stigma tertentu

Seseorang yang mendapatkan tindakan diskriminasi hingga stigma tertentu juga berpotensi mengalami kondisi mental yang jatuh. Penyebab diskriminasi ini juga beragam, seperti bullying hingga intimidasi dalam suatu hubungan sosial.

Investor saham yang mengalami kegagalan bisa saja mendapatkan tindakan diskriminatif tersebut, terutama dari teman-teman terdekat, sesama investor, bahkan dari keluarganya. Investor yang mengalami rugi seringkali juga mendapatkan stigma tertentu dari orang-orang sekitarnya.

Mengatasi Kondisi Kesehatan Mental Karena Investasi Saham

Berinvestasi saham sejatinya memiliki berbagai kemungkinan, terlebih pergerakan saham sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Berbekal pengetahuan dan analisis saja sebenarnya kurang cukup. Diperlukan hal lain seperti kesiapan mental yang baik sebelum menjalankan investasi.

Selain itu, Smart People juga perlu memahami cara mengatasi kesehatan mental yang tepat untuk mengembalikan kondisi mental saat mengalami loss besar. Berikut beberapa cara yang seringkali disarankan oleh para investor besar.

1. Hindari kerugian saat berinvestasi saham

Menghindari kerugian ketika berinvestasi pada dasarnya merupakan aturan utama yang mendasar dalam aktivitas investasi saham. Hal ini perlu ditanamkan bahkan sejak menjalankan investasi saham sejak awal. Kerugian bahkan dapat mengganggu mental karena uang bisa lenyap begitu saja.

Salah satu cara untuk menghindari kerugian yakni dengan melakukan analisis secara tepat dan maksimal. Smart People juga bisa memilih saham yang tepat dengan memperhatikan kelebihan hingga kekurangan saham yang akan dibeli atau dijual.

2. Letakkan uang pada wonderful company

Selain itu, meletakkan uang investasi pada perusahaan yang mempunyai potensi pertumbuhan alias wonderful company juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari kerugian saat berinvestasi saham. Pastikan kembali perusahaan yang dipilih memiliki prospek yang bagus.

3. Selalu berpikir positif dan tenang

Kegagalan dalam berinvestasi saham pada dasarnya merupakan hal yang biasa. Meskipun sudah melakukan berbagai cara, tidak jarang kegagalan akan selalu ada. Itulah mengapa diperlukan pemikiran yang positif dan tetap tenang saat mengalami kegagalan tersebut.

Tidak ada salahnya mencoba kembali untuk berinvestasi dengan menerapkan strategi yang baru. Smart People juga dapat memulai ulang aktivitas investasi saat sudah kembali siap dengan berbagai risiko yang dapat terjadi di masa depan.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kesehatan mental akibat melakukan aktivitas investasi saham. Tentunya, memahami aktivitas saham dan segala resikonya bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari gangguan mental akibat kerugian pada saham.

Smart People juga perlu menggunakan aplikasi saham yang tepat guna mendapatkan imbal hasil yang maksimal. Gunakan saja RHB Tradesmart ID yang dikenal sebagai aplikasi investasi saham dengan fitur terlengkap dan anti lag. Download aplikasinya sekarang di Play Store atau App Store!

Referensi:

Atmaja, Lukas Setia. (2023). Mengatasi Gangguan Mental Akibat Investasi Saham. Business Insight Kontan.co.id

Fadila, Ihda. (2023). Mental Illness (Gangguan Mental). Hellosehat.com

Nabila, Nur Hana Putri. (2023). Saham Turun hingga Ganggu Kesehatan Mental, Ini Pesan Lo Kheng Hong. Katadata.co.id

Ridhotulloh, M Dindien. (2022). Jika Tak Siap, Main Saham Bisa Picu Gangguan Kesehatan Mental. Inilah.com

Sembiring, Lidya Julita. (2021). Geger Bunuh Diri Efek Depresi Saham, Ini Tips Hindarinya. CNBC Indonesia

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal