<< Back

3 Cara Ampuh Mendapatkan Modal Bisnis dari Investor

Modal usaha atau modal bisnis menjadi salah satu hal yang penting bagi seorang pebisnis saat membuka usahanya. Tentu saja, ada berbagai manfaat yang didapatkan dari modal tersebut. Tidak mengherankan jika para pebisnis akan mengumpulkan banyak modal dari sejumlah sumber.

Apa Itu Modal Bisnis

Pada dasarnya, modal merupakan uang yang digunakan sebagai pokok atau induk dalam berdagang. Modal usaha ini umumnya berupa harta benda yang dipakai dalam menghasilkan suatu hal pada perusahaan guna menambah kekayaan atau keuntungan.

Modal usaha menjadi dana yang harus disediakan dan merupakan aset untuk membiayai semua kegiatan berwirausaha. Bahkan bisa dibilang jika modal sangat penting sebagai syarat agar sebuah bisnis dapat sah dan legal sewaktu didirikan.

Saat pendirian awal suatu bisnis, modal sangat diperlukan untuk mendapatkan tempat usaha, bahan baku produksi, merekrut karyawan, hingga mengantisipasi berbagai hal yang tidak terduga. Dengan demikian, modal sangat diperlukan untuk membuat bisnis dapat dijalankan secara optimal.

Sumber Modal Bisnis

Sejatinya ada banyak contoh sumber dana yang dapat digunakan untuk memulai bisnis. Meski demikian, mengumpulkan sumber modal usaha tidak semudah yang dibayangkan. Berikut beberapa sumber yang dapat dijadikan modal untuk mendirikan usaha.

1. Dana pribadi

Menggunakan uang pribadi dapat menjadi pilihan saat akan membangun suatu bisns. Meskipun begitu, pemakaian dana pribadi untuk membangun usaha bukanlah suatu hal yang mudah sehingga Smart People harus memiliki tabungan yang benar-benar mencukupi terlebih dahulu.

Pasalnya, ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan, terutama biaya hidup hingga dana darurat. Oleh karena itu, Smart People perlu rajin menyisihkan sejumlah uang dari pekerjaan lama sebelum berpindah karir menjadi pebisnis.

2. Crowdfunding

Sumber modal bisnis yang selanjutnya datang dari pengumpulan dana yang dilakukan oleh banyak orang. Adapun sumber modal ini sangat cocok untuk pebisnis yang baru merintis suatu usaha. Bahkan, crowdfunding tidak mewajibkan pembayaran bunga.

Kendati demikian, dividen yang menjadi hak seorang investor tetap akan dibayarkan ketika perusahaan telah mendapatkan imbal hasil. Hak tersebut bahkan dibayar sesuai dengan jatah kepemilikannya. Selain itu, pebisnis juga wajib bekerja sama dengan broker terpercaya.

3. Kredit usaha bank

Saat ini, hampir semua bank di Indonesia sudah menyediakan layanan kredit usaha bagi para pebisnis yang jumlahnya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Hanya saja, Smart People perlu mengajukan pendanaan kepada pihak bank dengan sejumlah ketentuan.

Secara umum, Smart People perlu menyiapkan tanda pengenal dan identitas diri. Nantinya pihak bank akan melakukan survey guna melihat apakah bisnis yang Smart People jalankan layak mendapatkan pendanaan atau tidak.

Cara Mendapatkan Modal Bisnis Dari Investor

Selain melalui beberapa sumber di atas, mendapatkan modal usaha juga dapat diperoleh melalui investor. Tanpa modal dari investor, suatu usaha dapat dikatakan sulit untuk berkembang dengan baik. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Lakukan riset mengenai calon investor

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pebisnis dalam mendapatkan modal usaha dari investor tentu saja dengan melakukan riset yang mendalam. Pastikan Smart People mengetahui siapa investor yang diinginkan, kemudian sesuaikan dengan tujuan dan target usaha.

Jangan lupa membangun narasi dan angka yang jelas mengenai bisnis yang Smart People jalankan. Hal ini dapat dituangkan dalam laporan keuangan dan strategi bisnis yang tepat. Dengan demikian, para investor akan tertarik untuk menanamkan modal bisnis pada bisnis tersebut.

2. Mengikuti kompetisi atau pameran

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mencari investor yakni dengan mengikuti kompetisi atau pameran bisnis. Dalam acara tersebut, tidak jarang ada banyak investor yang melakukan survey dan melihat berbagai konsep usaha hingga menjadi juri dari kompetisi bisnis.

Tentunya, Smart People harus menyiapkan semua hal dengan matang. Apabila konsep bisnis yang ditawarkan memenangkan kompetisi tersebut, bukan tidak mungkin banyak investor akan melirik usaha tersebut dan menanamkan modalnya.

3. Pitching atau presentasi yang menarik

Smart People juga dapat mengajukan proposal bisnis ke pihak investor. Pastikan kembali proposal tersebut disusun secara matang dan disertai dengan prospek usaha yang menjanjikan dan konkret. Selain itu, pastikan Smart People melakukan pitching atau presentasi yang menarik serta inovatif.

Investasi Saham, Tambahan Lain Modal Bisnis

Selain beberapa cara di atas, modal usaha dapat Smart People miliki dari dividen investasi saham. Secara sederhana, dividen merupakan imbal hasil dari perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang saham. Untuk mendapatkannya, Smart People tentu harus rajin menjalankan investasi.

Selain itu, pastikan telah memilih saham yang rutin membagikan dividen dan jangan lupa cek jadwal pembagian dividen tersebut. Smart People dapat membeli saham dari perusahaan yang membagi dividen pada hari Cum Date lalu simpan sampai memasuki Ex Date.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan modal bisnis, baik yang dapat dilakukan secara mandiri maupun melalui pihak investor. Smart People juga bisa menambahkan modal usaha melalui dividen investasi saham sehingga penting untuk mulai berinvestasi sejak dini.

Untuk mendukung kesuksesan dalam berinvestasi saham, Smart People wajib memilih aplikasi investasi yang tepat, punya banyak fitur, dan tidak mudah mengalami lag. Semua itu ada di RHB Tradesmart ID yang dikenal aman dan nyaman saat dioperasikan. Download RHB Tradesmart ID sekarang juga di Play Store atau App Store!

Referensi:

Dinisari, Mia Chitra. (2022). Kamus Entrepreneur: Apa Itu Modal Bisnis. Bisnis.com

Laraspati, Angga. (2022). 7 Kunci Bikin Investor Kepincut Bisnis hingga Suntik Modal. DetikFinance

Misra, Rahul. (2023). Ways To Raise Capital for Your Startup Business 2023. Paisabazaar.com

Tim Admin. (2023). 10 Cara Jitu Mendapat Investor Untuk Modal Kembangkan Bisnis. Ruangmenyala.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal