<< Back

3 Alasan Kamu Harus Berhati-hati Dalam Memilih Perusahaan Sekuritas

Berinvestasi kini sudah menjadi hal yang banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Mulai dari investasi saham, emas, deposito, dan lain sebagainya. Maraknya aktivitas investasi dan semakin banyaknya perusahaan sekuritas sering kali membuat banyak orang merasa kebingungan, terutama bagi para pemula.

Setiap perusahaan sekuritas pasti mengklaim bahwa dirinya adalah yang terbaik. Namun sebenarnya, apakah definisi dari terbaik tersebut? Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan berikut dan ketahui bagaimana memilih perusahaan sekuritas terbaik untuk menghindari berbagai penipuan.

Mewaspadai Perusahaan Sekuritas Abal-abal

Smart People mungkin sering mendengar banyaknya perusahaan investasi yang ditutup izinnya karena menawarkan produk investasi bodong alias abal-abal. Tentunya, secara tidak langsung hal ini akan sangat merugikan Smart People sebagai investor.

Kasus yang sempat viral beberapa waktu lalu sudah pasti harus menjadi pelajaran yang berharga supaya memperhatikan beberapa hal sehingga lebih berhati-hati dalam memilih perusahaan sekuritas. Terlebih, ada beberapa risiko yang dapat dialami, seperti:

1. Kehilangan imbal hasil

Salah satu kerugian yang sangat mungkin dirasakan oleh para investor yang terjebak dalam perusahaan sekuritas bodong tentu berkaitan langsung dengan imbal hasil yang didapatkannya. Alih-alih akan mendapatkan hasil yang memuaskan, tidak jarang malah mendapat kerugian besar.

Bahkan di beberapa kasus, hasil yang seharusnya didapatkan oleh para investor malah digelapkan dan diselewengkan oleh para pemilik perusahaan sekuritas tersebut. Apalagi jika perusahaan tersebut tidak memiliki izin untuk mengelola investasi para nasabahnya.

2. Tersebarnya data pribadi

Risiko lain yang juga cukup merugikan selanjutnya adalah tersebarnya data-data pribadi. Terlebih pada saat mendaftarkan diri ke situs atau perusahaan sekuritas tersebut, Smart People tentu akan menyerahkan foto identitas diri seperti KTP.

Tidak jarang, data-data lain seperti email atau nomor telepon juga bisa menjadi sasaran penyebaran identitas diri. Bahkan bisa saja data tersebut masuk ke orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan malah menyalahgunakan identitas tersebut.

3. Kerugian mental

Segala bentuk kerugian finansial akibat pemilihan perusahaan sekuritas yang tidak tepat tidak jarang akan mempengaruhi mental seseorang. Tidak jarang hal ini membuat mental orang tersebut down dan pada akhirnya mengalami gangguan.

Apalagi jika sampai stres yang berlebihan akibat dana yang selama ini diinvestasikan ternyata raib dan tidak dapat dikembalikan lagi, sudah pasti akan sangat merugikan banyak pihak.

Bagaimana Memilih Sekuritas Terbaik?

Dalam memilih suatu perusahaan sekuritas terbaik, ada beberapa hal yang sudah pasti harus menjadi perhatian. Belajar dari banyaknya pemberitaan mengenai investasi bodong dan perusahaan sekuritas palsu, berikut beberapa tips untuk memilih perusahaan sekuritas yang memang benar-benar cocok untuk mendukung aktivitas investasi saham Smart People.

 1. Terdaftar dan tercatat secara resmi

Hal paling pertama yang harus benar-benar diperhatikan dalam memilih sebuah perusahaan sekuritas adalah dari segi legalitas. Perusahaan yang terbaik sudah pasti harus memiliki izin usaha dari pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta Bursa Efek Indonesia (BEI).

Selain itu, pastikan juga perusahaan tersebut sudah terdaftar pada Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) yang merupakan badan khusus untuk masalah pembinaan, pengaturan, maupun pengawasan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan investasi dan komoditasnya. Dengan terdaftar secara legal pada badan tersebut, tentunya akan ada rasa aman yang bisa Smart People miliki.

2. Telusuri rekam jejak perusahaan

Tercatat bersih dari berbagai catatan buruk tentunya menjadikan perusahaan sekuritas tersebut semakin dipercaya oleh banyak investor. Smart People bisa mencarinya melalui internet, majalah/koran, buku, maupun berbagai sumber kredibel lainnya.

Memang membutuhkan riset yang cukup mendalam untuk mendapatkan catatan seperti ini. Kendati demikian, jika Smart People menemukan kasus yang cukup besar dan melibatkan perusahaan sekuritas tertentu, sudah pasti harus waspada dan dapat menghindarinya.

3. Punya analis yang kompeten

Perusahaan sekuritas yang paling baik sudah pasti harus memiliki analis yang kompeten. Dengan melakukan riset analis ini, tentunya akan membuat investor menjadi berhasil dalam mengelola dan melakukan investasi saham online. Smart People bisa meminta rekomendasi teman atau mengecek hasil analisis untuk mengetahui kompetensinya.

4. Fasilitas yang disediakan

Semakin mudah transaksi yang akan dilakukan dengan fasilitas yang memadai sudah pasti akan semakin menarik minat para investor pemula. Mulai dari bantuan atau konseling, sistem transaksi syariah, hingga berbagai rekomendasi saham yang sangat berguna bagi investor.

5. Biaya transaksi yang kompetitif

Sekuritas yang baik juga harus dapat memberikan edukasi yang baik bagi para investornya. Namun, edukasi ini tidak perlu dibarengi dengan biaya yang begitu meroket. Ada baiknya Smart People dalam memilih perusahaan sekuritas juga membandingkan berbagai aspek seperti biaya transaksi maupun biaya lain yang dibutuhkan.

Semakin tinggi biaya yang harus dikeluarkan, maka harus dilihat kembali apakah memberi hasil yang menggiurkan atau malah sebaliknya, merugikan. Jika dirasa merugikan, maka Smart People bisa menghindarinya.

Itulah beberapa hal yang harus Smart People ketahui untuk menghindari perusahaan sekuritas yang buruk dan tips memilih sebuah perusahaan sekuritas terbaik. Bagaimana, cukup mudah bukan sebenarnya?

Agar terhindar dari sekuritas yang abal-abal, yuk download aplikasi RHB Tradesmart di Play Store dan App Store dan nikmati banyaknya layanan yang disediakan. Selamat mencoba!

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal