<< Back

18 Saham dengan Dividen Terbaik 2024 di Indonesia

Pengertian Dividen

Bagi investor yang sudah lama menggeluti dunia saham tentu paham pengertian dividen dan bagaimana mekanisme pembagiannya. Dividen menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu para investor sebagai imbal hasil dari modal yang ditanamkan.

Pembagian dividen ini berbeda-beda untuk setiap emiten atau perusahaan. Lantas, saham emiten apa saja yang terbaik dalam membagikan dividen? Simak ulasan selengkapnya di artikel berikut.

Pengertian Dividen

Pengertian dividen merujuk pada istilah yang digunakan untuk laba atau pendapatan bersih dari suatu perusahaan. Dividen tersebut yang nantinya akan dibagikan kepada seluruh investor atau pemegang saham.

Pembagian dividen ditetapkan oleh direksi dan juga harus disetujui dalam RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham. Sebagai tambahan informasi, dividen ini tidak hanya berupa uang tunai. Berikut beberapa jenis dividen yang umum dibayarkan dalam RUPS.

1. Dividen Saham

Dividen saham adalah pembagian imbal hasil investasi dari perusahaan dalam bentuk saham. Jadi, saham yang Smart People miliki di perusahaan tersebut akan meningkat berkat pembagian dividen.

2. Dividen Tunai

Dividen tunai adalah pembagian dividen kepada para pemegang saham dilakukan secara tunai. Dalam kurun waktu tertentu, perusahaan dapat membagikan dividen tunai biasanya 2-4 kali dalam setahun.

3. Dividen Properti

Selain saham dan uang tunai, pembayaran dividen juga bisa dilakukan dalam bentuk properti atau aset selain kas perusahaan. Pembagian dividen properti umumnya dilakukan pada perusahaan yang mengalami penurunan kas.

4. Dividen Janji Utang (Skrip)

Dividen skrip adalah janji utang dari perusahaan yang dibagikan untuk para pemegang saham. Perusahaan membuat janji utang dengan pembayaran dalam jangka waktu tertentu beserta bunganya.

5. Dividen Likuidasi

Sedikit berbeda dengan yang lain, dividen likuidasi adalah pengembalian kembali modal dari perusahaan kepada pemilik saham. Pembagian dividen ini bisa dilakukan perusahaan yang mengalami kebangkrutan agar tidak memiliki utang di masa depan.

Cara Kerja Dividen

Dividen merupakan imbal hasil investasi yang umumnya diambil dari laba bersih perusahaan. Ini bisa seluruhnya maupun dikurangi dengan laba yang disimpan atau ditahan. Perusahaan membagikan dividen sesuai persentase yang telah disetujui RUPS.

Setiap investor akan mendapatkan jatah berbeda karena pembagian dividen dilakukan merata per saham yang dimiliki oleh masing-masing investor. Jadi, semakin banyak jumlah saham yang Smart People miliki, semakin besar jumlah dividen yang bisa diterima.

Dividen dapat dibagikan sekali setahun atau lebih tergantung mekanisme yang digunakan perusahaan. Dalam dunia saham ini pembagian dividen dilakukan dengan dua metode yakni interim dan final.

– Dividen Interim

Dividen interim berarti pembagian dividen dari perusahaan yang dilakukan sebelum pembukuan keuangan selesai atau periode keuangannya masih berjalan.

– Dividen Final

Dividen final adalah pembagian dividen yang dilakukan setelah periode keuangan ditutup atau pembukuan keuangan perusahaan rampung.

Apabila perusahaan menggunakan dua mekanisme di atas, berarti Smart People bisa mendapatkan dividen dua kali dalam setahun. Pada sebagian perusahaan yang menerapkan dividen final, para investor akan mendapatkan pembagian dividen satu kali dalam setahun di akhir periode keuangan perusahaan.

Daftar Saham dengan Dividen Terbaik

Saham batu bara kerap disorot karena emiten ini cukup loyal dalam membagikan dividen tiap tahunnya. Pada tahun sebelumnya yakni 2023, dividen yang dibagikan perusahaan batubara naik seiring dengan kinerja di tahun 2022 yang terdongkrak naik. Bagaimana dengan tahun 2024 ini?

Daftar saham dengan dividen terbaik 2024 tampaknya berasal dari sektor perbankan. Bank big caps seperti BBCA, BBRI, BBNI, dan BMRI termasuk beberapa saham perbankan dengan dividen terbaik di kuartal I tahun ini.

Berikut daftar saham dividen Indonesia dengan yield (pembagian keuntungan) tinggi dan besaran yang diterima investor atau pemilik saham.

  1. BTJM – Rp 54,39 per saham
  2. NISP – Rp 72 per saham
  3. BTPS – Rp 70,15 per saham
  4. BMRI – Rp 353 per saham
  5. BBNI – Rp 280,5 per saham
  6. BDMN – Rp 125,48 per saham
  7. MEGA – Rp 209,3 per saham
  8. BBRI – Rp 235 per saham
  9. SDRA – Rp 20 per saham
  10. PJAA – Rp 32 per saham
  11. BBTN – Rp 49,89 per saham
  12. HATM – Rp 5,66 per saham
  13. BBCA – Rp 227,5 per saham
  14. AMOR – Rp 18,5 per saham
  15. BTPN – Rp 44,3 per saham
  16. IPCM – Rp 3,8 per saham
  17. XCID – Rp 0,57 per saham
  18. ESSA – Rp 5 per saham

Manfaat Investasi pada Saham dengan Dividen

Pembayaran dividen dari perusahaan dinilai bagus untuk menjaga kepercayaan para investor. Lalu, apa manfaatnya bagi investor menanamkan modalnya pada saham dengan dividen?

1.  Sumber Pendapatan yang Stabil

Dividen yang dibayar perusahaan secara teratur dapat memberikan pendapatan yang lebih stabil bagi investor. Ini cocok sekali bagi Smart People yang termasuk investor konservatif.

2. Proteksi Nilai Investasi

Seiring waktu, proteksi dari inflasi dividen cenderung meningkat. Hal tersebut dapat membantu investor untuk melindungi nilai investasi mereka dari dampak inflasi. Oleh sebab itu, investasi pada saham dengan dividen cocok untuk jangka panjang.

3. Pertumbuhan Nilai Modal

Smart People bisa mendapatkan dividen sebagai imbal hasil dari investasi. Imbal hasil tersebut juga bisa digunakan untuk meningkatkan modal atau membeli saham lebih banyak ke depannya.

Itulah daftar saham dividen Indonesia yang mencatatkan yield cukup tinggi pada kuartal pertama tahun 2024. Tertarik untuk investasi pada salah satu saham di atas? Yuk, download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store untuk mulai investasi saham dalam genggaman tangan.

Referensi:

Rani Maulida. 2022. “Dividen: Pengertian, Jenis, dan Sistem Pembagiannya”. Online-pajak.com

Muhammad Reza Ilham Taufani. 2024. “20 Emiten Sudah Bagi-Bagi Dividen, Siapa Terbesar?”. Cnbcindonesia.com

Agustinus Rangga Respati, Aprillia Ika. 2023. “Simak Manfaat dan Risiko Saham Dividen untuk Investor Konservatif”. Kompas.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal