<< Back

10 Saham Food and Beverage (F&B) di Indonesia Yang Bisa Kamu Lirik!

Saham Food and Beverage (F&B)

Pernahkah terpikirkan oleh Smart People untuk mengoleksi saham dari perusahaan makanan dan minuman atau food and beverages (F&B) yang produknya Smart People sukai? Daripada hanya sekadar mengonsumsi, rauplah imbal hasil dari penjualan produk perusahaan F&B tersebut. Sebagai referensi, Smart People bisa intip daftar saham food and beverage tersebut di bawah ini. 

Apa Itu Saham Food and Beverage

Saham food and beverage (F&B) merupakan saham perusahaan atau emiten yang memproduksi makanan dan minuman. Saat ini, BEI mengklasifikasikan perusahaan F&B ke dalam sektor Consumer Non-Cyclicals, di mana perusahaan makanan tergolong ke dalam sub-sektor Processed Food dan minuman digolongkan ke dalam sub-sektor Beverages

Daftar Saham Food and Beverage (F&B) di Indonesia 

Saat ini, ada sekitar 40-an perusahaan yang bergerak baik di bidang makanan dan minuman atau food and beverages (F&B). Bagi Smart People yang tertarik untuk mengoleksi saham F&B ini, yuk simak berikut ini 10 besar saham emiten F&B berdasarkan nilai kapitalisasi pasarnya di Indonesia. 

  1. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.

PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi produk makanan, di mana salah satu yang paling dikenal adalah produk mi instannya. ICBP tercatat memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar RP127,98 triliun saat ini, membuatnya menjadi pemuncak di sub-sektornya dan menduduki peringkat ke-10 dari semua emiten di BEI. 

  1. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. 

PT. Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang makanan olahan, bumbu, minuman, kemasan, minyak goreng, pabrik gandum, serta pabrik pembuatan karung tepung. INDF ini merupakan induk perusahaan yang menaungi ICBP. Adapun nilai kapitalisasi pasar INDF saat ini mencapai sebesar Rp59,04 triliun. 

  1. PT. Mayora Indah Tbk. 

Jika Smart People gemar mengonsumsi makanan ringan yang diproduksi oleh PT. Mayora Indah Tbk (MYOR), mengapa tidak coba untuk mengoleksi sahamnya saja? MYOR merupakan salah satu perusahaan F&B yang memiliki nilai kapitalisasi pasar tertinggi di sektornya, yakni mencapai hingga Rp58,35 triliun. 

  1. PT. Cisarua Mountain Dairy Tbk. 

PT. Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY) merupakan perusahaan yang dikenal dengan produk susu dan daging olahannya, khususnya yogurt dan sosis premium. CMRY ini sendiri belum begitu lama melantai di BEI, mengingat perusahaan ini baru saja IPO pada tahun 2021 lalu. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar dari CMRY mencapai Rp29,43 triliun. 

  1. PT. Multi Bintang Indonesia Tbk. 

PT. Multi Bintang Indonesia Tbk. (MLBI) merupakan perusahaan yang memproduksi minuman berupa bir di Indonesia. Ada banyak merek dagang dari produk bir MLBI ini, seperti Bintang, Green Sands, Heineken, dan Bintang Zero. Emiten yang bergerak di bidang F&B satu ini berhasil mencatatkan nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp17,90 triliun pada saat ini. 

  1. PT. Ultra Jaya Milk Industry & Trading Company Tbk. 

PT. Ultra Jaya Milk Industry & Trading Company Tbk (ULTJ) merupakan perusahaan yang dikenal dengan produk minumannya yang diolah  menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature). Selain minuman, perusahaan ini juga memproduksi kental manis dan susu bubuk. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar ULTJ mencapai Rp17,41 triliun. 

  1. PT. Garudafood Putra Putri Jaya Tbk. 

Perusahaan yang memproduksi makanan ringan memang mendominasi daftar emiten F&B di BEI, salah satunya adalah PT. Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (GOOD). Perusahaan satu ini terutama sekali dikenal dengan produk makanannya yang berbahan kacang. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar GOOD mencapai Rp15,19 triliun. 

  1. PT. Siantar Top Tbk. 

Siapa di antara Smart People yang kerap mendengar iklan produk makanan ringan yang diproduksi oleh PT. Siantar Top Tbk (STTP) ini? Perusahaan satu ini dikenal dengan produk makanan ringannya yang berupa mi dan permen. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar STTP mencapai Rp12,47 triliun.

  1. PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk.

PT. Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan, penjualan, serta distribusi roti dengan merek dagang Sari Roti. Smart People pasti sering menjumpai berbagai macam produk Sari Roti di minimarket ataupun dijual secara keliling. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar dari ROTI mencapai hingga Rp7,64 triliun. 

  1. PT. Sariguna Primatirta Tbk. 

PT. Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO) merupakan perusahaan yang memproduksi air minum dalam kemasan dengan merek dagangnya Cleo. Bagi Smart People yang suka mengonsumsi produk air mineral satu ini, bisa coba pertimbangkan untuk mengoleksi saham CLEO ini. Emiten CLEO ini sendiri memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp7,53 triliun pada saat ini.   

Beli Saham Food and Beverage (F&B) dengan RHB Tradesmart ID 

Jangan hanya menghabiskan uang untuk membeli produk makanan dan minuman. Dengan memiliki sahamnya, Smart People bakal bisa mendapatkan imbal hasil dari penjualan produk F&B tersebut. Untuk memudahkan Smart People dalam menganalisis dan memilih saham F&B yang tepat, Smart People bisa gunakan aplikasi investasi saham, RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi saham yang telah dilengkapi dengan ragam fitur unggulan. Jika ingin menganalisa saham, ada yang namanya fitur Smart Analyzer. Ada lagi fitur Smart Rate dan Smart Fee yang bikin biaya transaksi jadi lebih ekonomis. Selain itu, fitur Smart Points juga memungkinkan Smart People dapat poin khusus untuk setiap transaksi yang dilakukan. 

Tunggu apa lagi, yuk koleksi saham F&B pilihan Smart People mulai dari sekarang. Unduh aplikasi RHB Tradesmart ID, lalu manfaatkan deretan fitur unggulannya untuk mengoptimalkan imbal hasil dari investasi saham. 

Sumber: 

Tim IDN Financials. Saham Sektor Barang Konsumen Primer Sub-Sektor Makanan Olahan dan Minuman. IDN Financials. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2023 melalui https://www.idnfinancials.com/id/company/industry/processed-foods-d22

Kartika, Dyah Ayu. (2023, Februari 22). 8 Saham Makanan dan Minuman Tercuan Sepanjang 2023 Berjalan. Data Indonesia. Diakses pada tanggal 12 oktober 2023 melalui https://dataindonesia.id/bursa-keuangan/detail/8-saham-makanan-dan-minuman-tercuan-sepanjang-2023-berjalan

Annur, Cindy Mutia. (2023, Februari 15). Inilah 18 Perusahaan Makanan dan Minuman RI dengan Indeks Perusahaan Berkelanjutan Terbaik 2022. Databoks. Diakses pada tanggal 12 Oktober 2023 melalui https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/15/inilah-18-perusahaan-makanan-dan-minuman-ri-dengan-indeks-perusahaan-berkelanjutan-terbaik-2022

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal