<< Back

Siap Masuk Portofolio, Ini Daftar Saham IPO September 2024 

saham-ipo

Bagi para investor, IPO (Initial Public Offering) atau melantainya emiten saham di BEI (Bursa Efek Indonesia) memang merupakan hal yang biasanya ditunggu. Pada bulan September 2024 ini sendiri, setidaknya ada 2 emiten saham yang bakal melakukan IPO. Smart People bisa simak daftar saham IPO September 2024 tersebut melalui ulasan di bawah ini. 

Apa Itu IPO?

IPO (Initial Public Offering) merupakan istilah yang tidak asing lagi di kalangan investor saham. IPO merujuk pada kondisi yang mana sebuah perusahaan atau emiten akan menjual sebagian sahamnya pada masyarakat umum atau publik. Alhasil, publik juga bisa ikut menawar, membeli, ataupun menjual saham sebuah perusahaan atau emiten tersebut. 

Terdapat beberapa alasan yang mendasari mengapa sebuah perusahaan memilih untuk IPO. Ada perusahaan yang melakukan IPO untuk memperoleh dana dengan cara melepas sahamnya. Dana yang diperoleh bisa digunakan untuk mengembangkan perusahaan ataupun untuk membayar utang yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. 

Selain itu, perusahaan yang sudah melantai di BEI akan menjadi perusahaan publik yang terus dipantau oleh media. Sekiranya nantinya hasil sorotan menunjukkan sisi positif dari perusahaan, maka perusahaan akan bisa secara tidak langsung memasarkan bisnisnya dan citra perusahaan akan positif di tengah masyarakat luas. 

Daftar Saham IPO September 2024

  1. PT. Master Print Tbk (PTMR)

PT. Master Print Tbk (PTMR) merupakan perusahaan yang tergolong ke sektor bahan baku. Perusahaan yang berdiri pada tahun 2006 ini bergerak di bidang perdagangan yaitu sebagai distributor resmi serta penyewaan barang-barang industri pengemasan. Kegiatan usaha yang dilakukan termasuk menyediakan jasa pemasangan, penyediaan suku cadang, hingga layanan purna jual. 

PT. Master Print Tbk (PTMR) yang merupakan anak usaha dari PT. Mitra Pack Tbk (PTMP) ini akan mengeluarkan maksimal sebanyak 435 juta lembar sahamnya atau sekitar 22,81% dari total sahamnya saat ini. Terkait dengan harga penawaran sahamnya sendiri berada di kisaran harga Rp125 hingga Rp135 per lembar saham. 

Adapun total dana segar yang berpotensi untuk diraup oleh emiten dengan kode saham PTMR ini saat IPO nanti adalah sekitar Rp54,37 miliar hingga Rp58,72 miliar. Hasil dari IPO ini sendiri direncanakan untuk digunakan dalam melakukan akuisisi dan penambahan modal kerja perusahaan, seperti pembelian barang regular dan mesin printer berikut dengan suku cadangnya. 

Masa penawaran awal alias bookbuilding emiten satu ini dijadwalkan pada tanggal 20 hingga 24 September 2024. Sedangkan masa penawaran umumnya diperkirakan akan dilangsungkan pada tanggal 2 hingga 4 Oktober. Pencatatan saham PTMR di BEI diperkirakan akan dilakukan pada tanggal 8 Oktober 2024, dengan Profindo Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek (underwriter).  

  1. PT. Verona Indah Pictures Tbk (VERN)

Perusahaan lainnya yang juga direncanakan IPO pada bulan September 2024 adalah PT. Verona Indah Pictures dengan kode saham VERN. Perusahaan ini bergerak di sektor barang konsumen non primer, dengan bisnis berupa rumah produksi yang sudah dimulai sejak 2010. VERN melakukan aktivitas bisnis berupa produksi, pasca produksi, hingga distribusi film, video, dan program televisi. 

Pada penawaran umum perdana sahamnya nanti atau saat IPO, PT. Verona Indah Pictures Tbk (VERN) akan melepas sahamnya sebanyak 1,12 miliar saham. Total saham yang dilepas untuk publik itu setara dengan 23,54% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan dengan nilai nominal Rp80 per saham. Harganya nanti mulai dari Rp190 hingga Rp195 per saham. 

Pada saat IPO nantinya, PT. Verona Indah Pictures Tbk (VERN) berpotensi mengumpulkan dana segar dengan jumlah maksimal sebesar Rp218,72 miliar. Dana segar yang berpotensi diperoleh dari IPO tersebut direncanakan untuk keperluan akuisisi dan modal kerja. Tentu saja, totalnya telah dikurangi dengan biaya-biaya emisi yang wajib untuk dibayarkan. 

Perihal dana untuk akuisisi, dana yang akan digunakan dari IPO adalah sebesar 7,33%. Akuisisi yang dilakukan adalah akuisisi properti, berupa tanah dan bangunan, dengan luas masing-masing 160 meter persegi dan 1.060 meter yang berlokasi di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Sedangkan untuk sisanya, akan digunakan untuk modal kerja, seperti pembiayaan kegiatan produksi hingga pemasarannya.

Masa penawaran awal atau bookbuilding PT. Verona Indah Pictures Tbk (VERN) dilakukan mulai dari tanggal 18 September hingga 25 September 2024. Kemudian, penawaran umum perdana sahamnya dijadwalkan akan dilakukan mulai tanggal 2 Oktober hingga 4 Oktober nanti. Setelahnya, saham dijadwalkan untuk listing perdana di BEI pada tanggal 8 Oktober 2024. 

Tunggu Emiten Saham PTMR dan VERN di RHB Tradesmart ID

Daftar saham IPO September 2024 mungkin sudah menjadi saham yang Smart People tunggu-tunggu penawaran umum perdananya. Agar tidak ketinggalan info terbaru terkait IPO-nya saham tersebut dan bisa ikut serta langsung menjadi pemilik saham itu nantinya, Smart People bisa pakai aplikasi investasi saham online, RHB Tradesmart ID, untuk memantaunya. 

RHB Tradesmart ID merupakan aplikasi investasi saham yang mudah digunakan dan ekonomis. Aplikasi ini menghadirkan fitur Smart Analyzer yang bermanfaat untuk memantau pergerakan saham-saham incaran Smart People secara real time. Tidak hanya itu saja, investasi saham juga akan terasa lebih ekonomis, dikarenakan adanya fitur Smart Rate, Smart Fee, dan Smart Points. 

Unduh RHB Tradesmart ID sekarang juga untuk merasakan kemudahan dalam berinvestasi saham secara online

Sumber: 

Ariyanti, Fiki. 2024, September 18. Rumah Produksi Film (VERN) Bidik Dana IPO Rp218,72 Miliar, Buat Apa Saja? IDX Channel. Diakses pada tanggal 28 September 2024 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/rumah-produksi-film-vern-bidik-dana-ipo-rp21872-miliar-buat-apa-saja/2

Natalia, Tasya. 2024, September 24. Anak Usaha Mitra Pack Mau IPO, Begini Prospek PTMR! CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 28 September 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/research/20240924121036-128-574158/anak-usaha-mitra-pack-mau-ipo-begini-prospek-ptmr

Nurhaliza, Shifa. 2021, Maret 27. Sudah Tahu Apa Itu IPO di Saham? Yuk Simak Penjelasannya. IDX Channel. Diakses pada tanggal 28 September 2024 melalui https://www.idxchannel.com/economics/sudah-tahu-apa-itu-ipo-di-saham-yuk-simak-penjelasannya

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal