<< Back

Bullish Abandoned Baby: Pengertian dan Cara Menggunakannya

bullish-saham

Grafik candlestick atau grafik lilin merupakan salah satu grafik yang polanya menjadi acuan bagi sebagian besar trader dalam trading saham. Ada banyak pola grafik candlestick ini, salah satunya adalah pola bullish abandoned baby. Yuk, kenali pola bullish abandoned baby saham dan bagaimana cara menggunakannya dalam menganalisis pergerakan harga saham. 

Apa Itu Pola Bullish Abandoned Baby Saham?

(Sumber foto: Investopedia)

Bullish abandoned baby merupakan sebuah tipe pola candlestick atau lilin yang digunakan oleh para trader sebagai sinyal atas terjadinya reversal atau perubahan dari tren menurun atau downtrend. Adapun ekspektasi atas kemunculan pola ini adalah harga saham akan terus merangkak naik, mengingat pola menunjukkan bahwa penjualan saham sementara waktu sedang berkurang. 

Pola ini terbentuk saat downtrend dan terdiri atas 3 batang harga atau disebut juga price bars. Adapun 3 batang harga yang dimaksud adalah large down candle yang pertama, kemudian diikuti dengan doji candle yang berada di bawah lilin pertama. Terakhir, ada  strong bullish candle yang berada lebih tinggi di atas doji dan bergerak secara agresif ke arah atas. 

Kemunculan pola ini bisa mengidentifikasi fase awal dari sebuah tren kenaikan harga atau uptrend yang baru. Para trader yang melakukan trading menggunakan pola ini akan merasa terbantu untuk memperoleh imbal hasil yang signifikan. Pola ini juga menjadi indikasi akan adanya perubahan tren harga dari yang sebelumnya bearish menjadi bullish

Kriteria Terbentuknya Pola Bullish Abandoned Baby Saham

Para trader mengamati kemunculan pola ini untuk digunakan sebagai sinyal berakhirnya sebuah downtrend. Kemunculan pola ini sendiri terbilang langka, mengingat ada beberapa kriteria khusus yang harus dimiliki untuk pola tersebut bisa diidentifikasi sebagai bullish abandoned baby. Berikut adalah kriteria dari pola tersebut. 

Kriteria yang pertama adalah lilin atau batang harga yang pertama merupakan large down candle alias lilin besar dengan batang berwarna merah yang berada di area downtrend. Kemudian, kriteria kedua berupa lilin doji atau doji candle yang berada dengan sedikit jarak tepat di bawah lilin atau batang harga yang pertama. 

Terakhir, untuk lilin yang ketiga merupakan  lilin atau batang harga dengan tubuh yang berwarna putih, yang berada di atas lilin yang kedua alias lilin doji. Jika ketiga lilin atau batang harga telah muncul dan membentuk pola yang dijelaskan di atas, artinya pola tersebut bisa diidentifikasi sebagai pola bullish abandoned baby

Struktur dari ketiga lilin ini akan muncul di bagian dasar atau bagian bawah grafik harga, yang mengindikasikan bahwa penjual mulai melemah, sehingga para pembeli berupaya untuk menguasai pasar. Pola ini diminati oleh para trader karena sifatnya yang memang terpercaya. 

Trading dengan Pola Bullish Abandoned Baby Saham

  1. Strategi Entry 

Strategi entry atau memasuki pasar dengan pola ini yaitu mengambil long position setelah lilin ketiganya muncul. Kemudian, langsung atur stop-limit order di atas lilin ketiga. Adapun ekspektasi dengan menggunakan strategi ini adalah harga akan terus naik, sehingga dengan bergeraknya lilin ketiga ke atas, akan muncul kesempatan membeli saham.  

  1. Strategi Stop-Loss 

Sebagai bentuk antisipasi atas kemungkinan loss dari perubahan yang tidak bisa diprediksi, trader sebaiknya langsung mengatur stop-loss limit di bawah bayangan ekor lilin doji star. Beberapa trader mungkin juga berupaya untuk mengantisipasi risiko dengan memposisikan stop-loss order di bawah garis akhir ekor lilin ketiga. 

3. Target Imbal Hasil 

Terkait dengan target imbal hasil, pola ini sendiri tidak memiliki potensi target imbal hasilnya. Trader berkemungkinan memerlukan beberapa metode exit lain, agar bisa digunakan dalam memproyeksi kemungkinan potensi imbal hasil yang bisa dihasilkan. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah target imbal hasil di level Fibonacci retracement.

Risiko Menggunakan Pola Bullish Abandoned Baby Saham

  1. Potensi Sinyal yang Keliru 

Pola ini memiliki potensi untuk menerima sinyal yang keliru. Meskipun pola ini menunjukkan sinyal bahwa akan muncul kebalikan dari tren menurun yang sedang berlangsung, namun harga saham belum pasti akan mulai merangkak naik. Trader harus berhati-hati dalam menggunakannya dan memastikan keputusan trading tidak hanya bergantung padanya. 

  1. Risiko Loss 

Para trader juga harus menyadari bahwa ada kemungkinan pembalikan atau reversal tren urung terjadi. Jika hal itu terjadi, maka trader akan mengalami loss. Mengingat kemungkinan tidak tercapainya ekspektasi dari pola ini, trader harus memiliki manajemen risiko yang mumpuni, guna menekan potensi loss nantinya saat trading

Analisis Pola Grafik Candlestick dengan RHB Tradesmart ID 

Pergerakan harga saham yang kemudian membentuk pola grafik candlestick tertentu merupakan hal yang bisa dianalisis, untuk kemudian hasilnya digunakan dalam mengambil keputusan investasi atau trading saham. Agar bisa memahami pola pergerakan harga saham tersebut, Smart People bisa gunakan aplikasi trading dan investasi saham online, RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID dilengkapi dengan fitur Smart Analyzer berteknologi ARO (Assisted Robo Optimization), yang bermanfaat untuk kebutuhan menganalisis saham. Hasil analisis saham inilah yang kemudian bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan trading. Selain Smart Analyzer, juga masih ada fitur lainnya berupa Smart Fee, Smart Rate, dan Smart Points. 

Unduh RHB Tradesmart ID sekarang juga dan lihat pergerakan saham dengan lebih mudah. 

Sumber: 

Micthell, Cory. 2024, April 18. Bullish Abandoned Baby: Definition and How Pattern Is Used. Investopedia. Diakses pada tanggal 28 September 2024 melalui https://www.investopedia.com/terms/b/bullish-abandoned-baby.asp

WallStreetMojo Team. 2024, Agustus 21. Bullish Abandoned Baby. WallStreetMojo. Diakses pada tanggal 28 September 2024 melalui https://www.wallstreetmojo.com/bullish-abandoned-baby/

Chen, Tom. 2024, September 10. How to Trade The Abandoned Baby Bullish Candlestick. HowtoTrade. Diakses pada tanggal 28 September 2024 melalui https://howtotrade.com/chart-patterns/abandoned-baby-bullish-pattern/

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal