<< Back

Profil Saham SeaBank, Saham Perusahaan Bank Digital Shopee

asian-woman-online-shopping-seabank

Jika bicara mengenai bank digital yang saat ini memiliki banyak pengguna di Indonesia, SeaBank bisa dipastikan menjadi salah satunya. Banyaknya pengguna SeaBank, salah satunya disebabkan oleh terafiliasinya bank digital tersebut dengan e-commerce ternama yakni Shopee. Lantas, bagaimana profil saham Seabank ini? Smart People bisa temukan jawabannya di bawah ini. 

Profil PT. Bank Seabank Indonesia (SeaBank) 

PT. Bank Seabank Indonesia alias SeaBank merupakan aplikasi layanan perbankan digital yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas finansial, mulai dari menabung hingga bertransaksi. Bank digital ini menjadi begitu melejit karena terafiliasi dengan Shopee yang merupakan e-commerce ternama. Namun, tahukah Smart People kalau SeaBank dulunya memiliki nama yang berbeda? 

SeaBank pada awalnya merupakan Bank BKE alias PT. Bank Kesejahteraan Ekonomi yang didirikan oleh Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo pada tahun 1991 silam. Namun, setelah melalui perjalanan panjang, Bank BKE resmi diakuisisi oleh Sea Group yang merupakan induk perusahaan Shopee pada tahun 2021. Alhasil, terjadilah perubahan nama dari Bank BKE menjadi SeaBank.  

Saat ini, pemegang saham SeaBank sebanyak 85% adalah PT. Danadipa Artha Indonesia. Sedangkan sisa sebanyak 15% sahamnya dimiliki oleh PT. Koin Investama Nusantara. SeaBank yang saat ini sudah menjadi bank digital favorit di Indonesia, dipimpin oleh Dono Boestami selaku Komisaris Utama dan Sasmaya Tuhuleley sebagai Direktur Utama. 

Laporan Keuangan Saham SeaBank di 2023

Kinerja yang baik ditunjukkan oleh SeaBank di sepanjang tahun 2023. Bagaimana tidak, berdasarkan laporan keuangan yang dirilis pada bulan April 2024 lalu, tercatat bahwa SeaBank berhasil meraup laba operasional sebanyak Rp288,97 miliar. Angka ini mengalami lonjakan drastis dari yang sebelumnya Rp62,8 miliar di tahun 2022. 

Tidak hanya pada laba operasional saja, laba kotor yang berhasil didapatkan oleh SeaBank juga mengalami kenaikan yang signifikan. Pada tahun 2023, SeaBank berhasil membukukan laba kotor sebesar Rp307,78 miliar, dari yang sebelumnya hanya Rp59,54 miliar di 2022. Sedangkan untuk laba bersih sendiri, SeaBank berhasil meraup sebanyak Rp241,47 miliar di tahun 2023. 

Pencapaian SeaBank yang tidak kalah gemilang di tahun 2023 adalah jumlah nasabahnya yang menembus angka 10 juta nasabah. Sepanjang tahun 2023 tersebut, SeaBank juga mencatat rata-rata transaksi harian sebanyak 2,5 juta kali yang dilakukan oleh nasabah. Adapun transaksi yang biasa dilakukan adalah seperti transfer sesama dan antar bank, pembayaran tagihan, hingga pembayaran dengan QRIS. 

Performa Perusahaan SeaBank di 2024

Pada paruh awal tahun 2024 ini, bisa dibilang kalau PT. Bank Seabank Indonesia alias SeaBank menunjukkan performa yang begitu gemilang. Pada Semester I-2024 lalu, SeaBank berhasil membukukan laba sebelum pajak sebesar Rp204 miliar. Jumlah laba sebelum pajak ini meningkat sebesar 350% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp34,81 miliar.

Meningkatnya laba sebelum pajak SeaBank secara drastis di antaranya didukung oleh penyaluran kreditnya yang sebesar Rp18 triliun, dengan rasio NPL (Non Performing Loan) yang terjaga di angka 1,98%. Tidak hanya itu saja, SeaBank juga mencatatkan nilai aset sebesar Rp31 triliun, meningkat sebanyak 11% yang disumbang oleh penghimpunan DPK (Dana Pihak Ketiga) yang tumbuh 13%. 

Bagusnya performa SeaBank pada paruh awal tahun 2024 ini juga terlihat dari rata-rata transaksi harian nasabahnya yang mencapai 3 juta, dengan jumlah perputaran uang mencapai angka Rp2 triliun. Adapun hal yang mendukung tercapainya angka tersebut adalah ketersediaan fitur-fitur menarik di SeaBank, mulai dari pembayaran tagihan e-commerce, tagihan listrik, hingga transfer rekening.  

Rencana SeaBank di Tahun 2024, Ada Saham SeaBank?

Pencapaian yang gemilang di paruh awal 2024 ini tidak serta-merta membuat PT. Ban Seabank Indonesia atau SeaBank berdiam diri saja menikmati keberhasilannya. Dalam waktu dekat, yakni pada akhir tahun 2024, SeaBank berencana meluncurkan direct loan atau pinjaman langsung dengan bunga yang lebih rendah, khusus bagi nasabah atau debiturnya dengan rekam jejak yang baik. 

Sampai saat ini, program pinjaman langsung ini masih berada dalam tahap uji coba. Para nasabah atau debitur yang terpilih, bisa mencoba produk kredit dengan bunga yang ditawarkan sebesar 2% per bulannya. Nantinya, program pinjaman langsung dari SeaBank ini direncanakan untuk diberi nama SeaBank Pinjam. 

Selain program pinjaman langsung melalui SeaBank Pinjam, SeaBank juga berupaya untuk melakukan supply chain financing dengan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) yang mendukung jalannya ekosistem Shopee. UMKM yang dimaksud seperti perusahaan pergudangan atau logistik yang selama ini menjadi salah satu tonggak utama dalam lancarnya bisnis Shopee. 

Akan kah nanti ada saham SeaBank melantai di bursa saham Indonesia? Mari kita pantau bersama-sama.

Pantau Saham Bank Digital dengan Mudah via RHB Tradesmart ID

Hingga saat ini, saham SeaBank masih belum melantai di BEI (Bursa Efek Indonesia). Namun, Smart People masih bisa memiliki saham bank digital, mengingat sudah ada beberapa emiten bank digital yang melakukan IPO. Agar investasi saham bank digital nantinya lebih terasa mudah, Smart People bisa gunakan aplikasi investasi online, RHB Tradesmart ID. 

RHB Tradesmart ID punya fitur unggulan untuk kebutuhan menganalisis saham, yakni Smart Analyzer. Fitur ini didukung oleh teknologi ARO (Assisted Robo Optimization), yang bakal membantu Smart People dalam menganalisis saham hingga memantau pergerakan saham secara real time. Alhasil, Smart People bisa lebih mudah dalam mengambil keputusan investasi saham nantinya. 

RHB Tradesmart ID merupakan solusi bagi Smart People yang ingin investasi saham dengan mudah. Bagaimana, masih mau menunggu lama untuk unduh RHB Tradesmart ID?  

Sumber: 

Khaerunnisa, Rizka. 2024, Agustus 07. SeaBank berencana rilis produk “direct loan” pada akhir tahun ini. Antara. Diakses pada tanggal 28 September 2024 melalui https://www.antaranews.com/berita/4244943/seabank-berencana-rilis-produk-direct-loan-pada-akhir-tahun-ini

Media Digital. 2024, April 04. SeaBank Catat Laba Rp241,47 Miliar dan 10 Juta Nasabah di 2023. Bisnis.com. Diakses pada tanggal 28 September 2024 melalui https://finansial.bisnis.com/read/20240404/90/1755482/seabank-catat-laba-rp24147-miliar-dan-10-juta-nasabah-di-2023.

Angriani, Desi. 2024, Agustus 07. Melambung 350 Persen, SeaBank Bukukan Laba Rp204 Miliar Semester I-2024. IDX Channel. Diakses pada tanggal 28 September 2024 melalui https://www.idxchannel.com/banking/melambung-350-persen-seabank-bukukan-laba-rp204-miliar-semester-i-2024

Sidik, Syahrizal. 2021, Februari 22. Dicaplok Shopee, Bank BKE Ganti Nama Jadi Seabank Indonesia. CNBC Indonesia. Diakses pada tanggal 28 September 2024 melalui https://www.cnbcindonesia.com/market/20210222121156-17-225133/dicaplok-shopee-bank-bke-ganti-nama-jadi-seabank-indonesia

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal