<< Back

5 Daftar Saham Perusahaan Pangan di Indonesia

indonesian-woman-eating-chips

Para investor yang masih pemula seringkali memilih saham yang mudah, terjangkau, namun tetap memiliki prospek yang cerah. Salah satunya saham perusahaan pangan dengan cakupannya yang terbilang luas dan prospek imbal hasil yang cukup menjanjikan.

Apa Itu Saham Perusahaan Pangan

Saham emiten pangan merupakan saham-saham yang berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang pangan. Instrumen investasi ini mencakup berbagai industri yang berkaitan dengan produk makanan, baik produksi, pengolahan, hingga distribusinya.

Saham-saham yang diperdagangkan di bursa efek terbilang sangat beragam. Selain itu, industri makanan, seperti makanan pokok diketahui tetap mempunyai permintaan yang stabil meskipun kondisi ekonomi sedang kurang menentu.

Tidaklah mengherankan jika saham-saham perusahaan yang bergerak di bidang pangan cenderung menjadi salah satu pilihan investasi favorit bagi para investor. 

Daftar Saham Perusahaan Pangan di Indonesia

Ada berbagai saham perusahaan pangan yang bisa Smart People pilih. Mulai dari saham emiten produsen makanan pokok, distribusi produk kuliner, hingga industri pengolahan lebih lanjut. Berikut beberapa daftar saham potensial yang dapat dipilih:

1. ICBP

Saham dari emiten PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk ini seringkali masuk ke dalam daftar saham top of mind di Indonesia. Saham yang dimilikinya juga termasuk stabil dan tahan terhadap resesi sehingga cocok dijadikan sebagai pilihan investasi dalam jangka panjang.

Selain itu, emiten ini sudah banyak diketahui sebagai produsen berbagai barang konsumsi yang sudah dikenal masyarakat luas. Berbagai produk makanan dan minuman banyak diproduksi oleh emiten tersebut, mulai dari mie instan, bubur bayi, hingga makanan ringan.

ICBP sendiri termasuk dalam golongan saham blue chip yang bisa dipertimbangkan untuk diinvestasikan. Selain memiliki kinerja yang positif dari segi laba dan pendapatan, harga saham ini juga relatif stabil di kisaran Rp10.275 per lembar per 5 Juli 2024.

2. NASI

Saham milik PT. Wahana Inti Makmur Tbk ini juga menjadi salah satu saham favorit bagi para investor pemula. Pasalnya, emiten yang berdiri sejak tahun 2015 ini merupakan emiten kebutuhan pokok yang memproduksi berbagai jenis beras.

Beras masih menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia sehingga permintaan terhadap produk tersebut sangatlah tinggi. Hal ini tentu juga berdampak positif terhadap kinerja saham NASI sejak memutuskan melantai di bursa saham pada 2021.

Harga saham NASI sendiri terbilang fluktuatif, bahkan sempat melonjak pada bulan Juni 2024 lalu sehingga BEI melakukan suspensi sementara sampai dengan pembukaan sesi di awal Juli 2024..

3. MYOR

MYOR merupakan salah satu saham perusahaan pangan yang berasal dari emiten PT. Mayora Indah, Tbk sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan makanan dan minuman. Perusahaan yang telah berdiri sejak 1977 ini tentu sudah banyak dikenal masyarakat luas.

Saham ini juga mencatat kinerja yang cukup positif pada kuartal pertama 2024. Mulai dari laba bersih yang meningkat 52,9% menjadi Rp1,1 triliun hingga penjualan bersih yang mencapai lebih dari Rp8,7 triliun. Laporan keuangannya pun menunjukkan tren yang cukup baik.

Meskipun demikian, pertumbuhan total MYOR memang terbilang lebih lambat karena faktor-faktor non-teknis hingga pelemahan ekonomi negara ASEAN. Sementara dari harga saham, MYOR dikenal cukup stabil di kisaran harga Rp2.400 per lembar pada awal Juli 2024.

4. CEKA

Saham dari PT. Wilmar Cahaya Indonesia Tbk ini merupakan saham yang juga cukup potensial untuk Smart People miliki. Emiten yang bergerak di bidang produksi minyak nabati dan khusus pada industri makanan dan perdagangan ini juga mencatatkan kinerja yang cukup baik.

Meskipun di tahun 2024 ini terdapat tantangan besar dalam hal kondisi agrobisnis, penjualan neto perusahaan ini naik menjadi Rp1,69 triliun di kuartal pertama. Kendati demikian, kondisi tersebut diprediksi masih akan terus membaik dengan tetap tingginya kebutuhan pangan.

Secara harga, saham CEKA terbilang stabil meskipun sempat terjadi pelemahan di awal-awal tahun 2024. Pada awal bulan Juli 2024, saham ini terpantau berada di kisaran harga Rp1.800-an per lembar sehingga cukup menarik untuk Smart People koleksi.

5. ROTI

PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk (ROTI) juga menjadi salah satu saham emiten pangan yang banyak dikenal masyarakat Indonesia. Saham perusahaan dengan produk “Sari Roti” ini juga sangat menarik untuk Smart People koleksi karena kinerjanya yang cukup baik.

Seperti misalnya pada kuartal pertama 2024 di mana emiten ROTI mencatatkan laba bersih sebesar lebih dari Rp73,7 miliar atau melonjak lebih dari 50% secara YoY. Per akhir Maret 2024, total pendapatannya juga naik menjadi lebih dari Rp940 miliar.

Dari kinerjanya yang baik ini, tentu dapat dilihat jika saham emiten tersebut cukup menarik untuk dimiliki dengan prospek perusahaan yang cukup baik. Harga sahamnya juga terbilang stabil di kisaran Rp1.000 per lembar.

Transaksi Saham Perusahaan Pangan di RHB Tradesmart ID

Itulah beberapa hal mengenai saham perusahaan pangan, termasuk definisi dan apa saja yang termasuk dalam saham tersebut di Indonesia. Memilih saham emiten pangan menjadi pilihan yang tepat buat Smart People yang ingin mendapatkan imbal hasil optimal, namun pastikan tetap memilih emiten dengan kinerja dan fundamental yang stabil, ya!

Untuk mendapatkan informasi mana saja saham-saham terkenal di bidang pangan, Smart People perlu menggunakan aplikasi investasi yang tepat. Gunakan RHB Tradesmart ID yang sudah dikenal memiliki berbagai fitur menarik dan jaminan anti lag. Download sekarang juga di Play Store atau App Store!

Referensi:

Kartika, Dyah Ayu. (2023). 8 Saham Makanan dan Minuman Tercuan Sepanjang 2023 Berjalan. DataIndonesia.id

Tim Redaksi. (2024). 7 Daftar Saham Perusahaan Pangan di Indonesia. RHBTRadesmart.co.id

Yusuf, Mohammad Yan. (2023). Inilah 7 Saham Consumer Goods Indonesia Terbaik 2023. IDXChannel.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal