<< Back

Family Office Bukan Kantor Keluarga, Ini Arti Sebenarnya!

Dalam beberapa waktu terakhir, istilah family office seringkali mencuat di tengah kondisi ekonomi Indonesia. Pemerintah bahkan sedang menyiapkan regulasi guna menstimulasi pembentukan layanan ini, terutama karena berbagai peluang menarik di baliknya.

Apa Itu Family Office?

Jika diterjemahkan secara langsung, istilah family office dapat diartikan sebagai kantor keluarga. Padahal, istilah tersebut lebih mengacu pada perusahaan atau firma yang memberikan layanan kepada keluarga dengan penghasilan yang tinggi.

Secara lebih rinci, family office merupakan perusahaan swasta yang bertugas dalam menangani manajemen investasi dan pengelolaan kekayaan keluarga super kaya yang memiliki aset sebesar US$50-100 juta atau sekitar Rp900 juta sampai Rp1 triliun.

Berbeda dengan manajer investasi pada umumnya, layanan ini menawarkan solusi yang lengkap untuk memastikan kebutuhan keuangan dan investasi yang lebih privat kepada individu atau keluarga dengan status super kaya tersebut.

Di luar negeri, ada sejumlah family office yang bertugas mengelola dana keluarga tertentu. Salah satunya Walton Enterprises yang didirikan oleh Sam Walton, founder raksasa ritel Walmart dari Amerika Serikat. Total dana kelolaannya mencapai US$224 miliar.

Di Indonesia, ada juga family office milik keluarga Hartono yang dikenal sebagai salah satu miliarder. Melalui PT Dwimuria Investama Andalan, keluarga Hartono memiliki lebih dari 54% saham bank BCA dengan total dana kelolaan hingga mencapai US$21 miliar.

Jenis-jenis Layanan

Setidaknya, terdapat tiga jenis layanan yang banyak digunakan oleh berbagai keluarga super kaya di dunia. Mulai dari jenis perusahaan yang tertuju pada satu keluarga saja hingga melayani beberapa keluarga. Berikut tipe-tipe perusahaan yang dimaksud:

1. Single family office

Sesuai namanya, layanan ini dikhususkan untuk satu keluarga kaya saja sehingga sifatnya privat dengan kontrol penuh oleh keluarga. Layanan yang disediakan juga fokus dalam memenuhi kebutuhan keuangan, investasi, hingga manajemen gaya hidup keluarga super kaya.

2. Multi family office

Layanan yang disediakan oleh multi family office pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan single family office. Hanya saja, jenis perusahaan ini melayani beberapa keluarga atau individu sekaligus. Meski demikian, biayanya lebih rendah karena dibagi pada sejumlah keluarga.

3. Outsourced family office

Ada juga layanan yang melibatkan pihak ketiga dalam pengelolaan kekayaan sehingga pihak keluarga akan lebih sedikit memegang kendali. Umumnya, perusahaan outsourced disediakan oleh pihak perbankan atau sekuritas yang menangani banyak kebutuhan seperti halnya layanan lainnya.

Fungsi dan Layanan Family Office

Pemerintah Indonesia sendiri merencanakan Bali dan IKN Nusantara sebagai pusat family office, meskipun masih dalam tahap perencanaan yang lebih matang. Pendirian layanan ini juga memiliki fungsi dan layanan yang variatif, di antaranya:

1. Perencanaan kekayaan jangka panjang

Adanya layanan seperti ini diyakini akan membantu keluarga kaya dalam merencanakan hingga mengelola kekayaannya. Dengan demikian, mereka akan mampu memenuhi kebutuhan saat ini maupun lintas generasi, termasuk perencanaan pajak, warisan, dan strategi kekayaan lainnya.

2. Membantu menjaga kekayaan keluarga

Kekayaan yang sangat besar tentu tidak mudah untuk dijaga. Oleh karena itu, layanan ini akan senantiasa memastikan pengelolaan kekayaan tersebut secara aman dan efisien untuk generasi berikutnya. Bahkan, perencanaan warisan dan meminimalisir pajak akan dilakukan guna menjaga kekayaan keluarga super kaya tersebut.

3. Manajemen gaya hidup keluarga kaya

Orang dengan kekayaan super kaya dikenal mempunyai gaya hidup yang berbeda, misalnya dengan koleksi barang-barang mewah hingga traveling dengan pesawat pribadi. Oleh karena itu, layanan ini mempunyai tugas dalam mengelola kebutuhan dan gaya hidup keluarga tersebut sehingga tidak mempengaruhi kekayaan mereka.

4. Manajemen investasi dan pengembangan kekayaan

Untuk membuat kekayaan semakin berkembang, perusahaan ini juga berperan mengelola portofolio investasi keluarga, termasuk saham, real estate, dan sebagainya. Layanan seperti ini akan senantiasa melindungi kekayaan keluarga super kaya tersebut melalui strategi investasi maupun diversifikasi yang efisien.

5. Tujuan filantropi

Layanan semacam ini juga dibuat untuk memastikan keluarga kaya tersebut mencapai tujuan filantropi berupa dukungan dan sumber daya yang dilakukan secara terorganisir. Melalui cara ini, keluarga super kaya akan dapat mendirikan badan amal hingga mengelola donasi.

Mengapa Perlu Menggunakan Family Office?

Pembentukan layanan seperti ini sejatinya memiliki kelebihan tertentu, baik bagi pemerintah pada umumnya maupun keluarga super kaya pada khususnya. Terlebih, ada banyak negara maju yang sudah mengadopsi layanan tersebut. Berikut beberapa kelebihan yang dimaksud:

1. Struktur organisasi yang jelas dan transparan

Melalui penerapan layanan seperti ini, Indonesia dapat memiliki struktur organisasi yang jelas dalam meningkatkan efisiensi, akuntabilitas, hingga diversifikasi guna mengurangi risiko dan memaksimalkan imbal hasil, terutama di bidang investasi.

2. Pengelolaan kekayaan yang profesional

Pembentukan perusahaan seperti ini juga menjadi langkah positif dalam mengelola kekayaan secara lebih profesional. Terlebih jika didukung dengan regulasi dan birokrasi yang sesuai guna menarik minat para investor maupun para konglomerat.

3. Berdampak positif terhadap perekonomian Indonesia

Hal ini juga memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia, terutama melalui peningkatan investasi dalam negeri, meningkatnya para ahli di sektor finansial, hingga stabilitas pada pasar modal dan keuangan.

Meskipun tidak memiliki kekayaan super, Smart People tetap perlu mengelola pendapatan melalui investasi. Pilih RHB Tradesmart yang dikenal sebagai aplikasi investasi yang dilengkapi fitur terbaik guna mempermudah investasi. Download sekarang di PlayStore atau AppStore!

Referensi:

Asmarani, Nora Galuh Candra. (2024). Apa Itu Family Office?. DDTC.co.id

Dian, Rusti. (2024). Apa Itu Family Office? Berikut Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Target Sasarannya. Narasi.tv

Fikri, Muhammad. (2024). Mengenal Family Office, Pengelola Dana Keluarga Super Kaya. DataIndonesia.id

Thamrin, Bashravie. (2024). Tengah Dikaji Pemerintah, Apa itu Family Office dan Benefitnya bagi Indonesia?. Institut Teknologi Bandung.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal