<< Back

Program Makan Siang Gratis, GOTO Dapat Rp1,5 T Setahun?

indonesian-woman-with-online-taxi-driver

Realisasi program makan siang gratis menjadi perhatian banyak pihak, tidak hanya masyarakat biasa, namun juga berbagai kalangan investor saham. Salah satu saham yang terdampak positif misalnya GOTO (PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk).

Kehadiran GOTO dalam Program Makan Siang Gratis

Keterlibatan GOTO dalam program makan siang tentu menjadi hal yang cukup menarik. Hal ini menandakan bahwa pemerintahan Prabowo-Gibran dinilai akan tetap menggandeng pihak swasta maupun berbagai perusahaan untuk memastikan kelancaran program tersebut.

Perusahaan ini dipilih sebagai salah satu penyedia dalam ekosistem pemesanan makanan. Emiten teknologi ini menyasar pada pemanfaatan fitur seperti GoFood, GoRide, hingga GoPay guna mempermudah pendistribusian dan pengawasan program makan gratis tersebut.

Implementasi program makan bergizi gratis ini bahkan sudah menggandeng emiten GOTO dalam sejumlah uji coba di beberapa sekolah. Dalam proyek uji coba tersebut, disediakan 500 paket makanan yang melibatkan puluhan pengemudi GoRide untuk pengantaran makanan.

Uji coba tersebut bertujuan untuk mendapatkan pengalaman hingga pembelajaran di lapangan yang nantinya dapat digunakan dalam mendukung implementasi program makan bergizi. Secara lebih lanjut, rencananya uji coba akan dilaksanakan hingga Oktober 2024 mendatang.

Program Makan Siang Gratis dan GOTO Berdampak Besar?

Smart People mungkin akan bertanya, apakah keterlibatan GOTO pada program makan siang gratis ini akan berdampak? Jawabannya tentu saja bisa. Banyak ekonom memprediksi GOTO akan memperoleh banyak benefit dari program tersebut apabila diimplementasikan.

Diperkirakan, GOTO akan memperoleh pendapatan bersih minimal Rp1,5 triliun per tahun hingga tambahan GMV sebesar Rp30 triliun. Perkiraan ini didasarkan pada pemerolehan tingkat penerimaan antara 5-10% karena tingginya volume pemesanan makanan.

Selain itu, Smart People juga perlu menyadari bahwa keterlibatan GOTO secara tidak langsung juga akan memberikan dampak yang positif, baik bagi pemerintahan maupun perusahaan itu sendiri. Berikut beberapa hal yang bisa saja terjadi:

1. Meningkatnya lapangan pekerjaan

Hingga saat ini, GOTO memang tidak pernah mengemukakan jumlah karyawannya, namun diyakini bahwa dengan adanya program makan bergizi tersebut, GOTO akan menambahkan ratusan ribu pengemudi GoRide di seluruh Indonesia hingga mencapai 2,5 juta pengemudi.

Terlebih, tantangan yang harus dihadapi juga terbilang kompleks, yakni ketersediaan pengemudi di daerah-daerah terpencil. Untuk alasan inilah, saat ini GOTO sedang mempertimbangkan perekrutan pengemudi secara nasional.

2. Kenaikan pendapatan UMKM

Pendapatan berbagai UMKM jika diyakini akan meningkat ketika program makan siang ini berjalan. Pihak GOTO tentu dapat bekerjasama dengan restoran-restoran di setiap daerah untuk menyediakan makan siang gratis di setiap sekolah.

Bahan-bahan pangan yang dimanfaatkan pada program ini juga dinilai akan meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani lokal. Dengan demikian, program dan kerjasama yang dilakukan GOTO diyakini akan menumbuhkan ekosistem pangan yang besar di Indonesia.

3. Peningkatan inisiasi digital

Program makan siang gratis bergizi yang digagas oleh pemerintahan terpilih juga dinilai akan memberikan dampak positif terhadap inisiatif digitalisasi. Selain itu, hal ini juga akan berdampak dari sudut pandang makro dan konsumsi rumah tangga.

Keterlibatan perusahaan teknologi seperti GOTO juga dinilai akan mampu melacak akuntabilitas dana hingga meminimalisir ruang penyelewengan dana. Efek positif terhadap perekonomian masyarakat berbasis digital juga akan semakin maksimal.

Bagaimana Prospek Saham GOTO Ke Depannya?

Turut hadirnya GOTO dalam program yang digagas oleh pemerintahan terpilih ini tentu akan berimbas positif terhadap kinerjanya. Bahkan bukan tidak mungkin akan menjadi katalis yang positif sampai dengan meningkatkan kembali gairah saham GOTO.

Seperti yang diketahui, harga saham GOTO selama bulan Juni-Juli 2024 selalu berada di bawah Rp51. Meski demikian, kinerja keuangan emiten pada semester pertama 2024 terpantau semakin membaik meskipun masih membukukan rugi bersih hingga Rp2,7 triliun.

Meski demikian, rugi bersih pada semester pertama ini turun drastis hingga lebih dari 62% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pendapatannya juga tercatat meningkat 12% menjadi lebih dari Rp7,7 triliun dibandingkan tahun lalu.

Secara rinci, pendapatan GOTO dari imbalan jasa turun menjadi Rp2,9 triliun dengan pendapatan iklan menjadi Rp339 miliar. Sementara itu, pendapatan dari jasa pengiriman naik drastis menjadi Rp2,6 triliun, begitu pula pendapatan jasa pinjaman yang menjadi Rp667 miliar.

Perusahaan juga mencatat pendapatan dari hasil divestasi Tokopedia ke Tiktok dengan imbalan jasa senilai lebih dari Rp266 miliar pada semester pertama di tahun 2024. Meski demikian, aset GOTO tercatat turun menjadi Rp46 triliun dibandingkan akhir tahun lalu.

Berdasarkan kinerja sahamnya pada bulan Agustus 2024, GOTO cenderung stagnan di angka 50-54 rupiah per-saham. Kondisi ini memang cukup mengkhawatirkan, namun bukan berarti tidak memiliki prospek yang cukup positif. Smart People tetap perlu melakukan pemantauan, terlebih dengan rencana GOTO yang akan menjadi mitra pemerintah dalam program makan siang tersebut.

Program Makan Siang Gratis Adalah Simbiosis Mutualisme

Dari ulasan di atas, dapat diketahui jika program makan siang gratis dan GOTO akan menimbulkan suatu simbiosis mutualisme, baik bagi pemerintah, perusahaan, bahkan investor. Bagi Smart People yang ingin berinvestasi saham emiten tersebut, sangat disarankan untuk memastikan kembali potensi hasil yang dimiliki sehingga tidak menyesal di kemudian hari.

Untuk memastikan pemilihan saham yang tepat, Smart People juga membutuhkan aplikasi investasi terpercaya. Pilih RHB Tradesmart yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik sehingga mempermudah transaksi investasi. Download RHB Tradesmart di PlayStore atau AppStore, sekarang juga!

Referensi:

Septi, Dhima Wahyu. (2024). Gandeng GoTo, Uji Coba Makan Bergizi Gratis Jangkau 3.000 Siswa di 3 Kota. Solopos.com

Situmorang, Parluhutan. (2024). Menengok Peluang GOTO dan GRAB Masuk Program Makan Bergizi Gratis Pemerintah, Siapa Diuntungkan?. InvestorTrust.id

Tim Riset. (2024). Dapat Berkah Makan Siang Gratis, Ini Analis Saham GOTO Jangka Panjang. CNBC Indonesia

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal