<< Back

Daftar dan Kriteria Saham Bagger 2023, Bagaimana 2024?

asian woman young adult writing on laptop

Sebagai seorang trader saham, sudah seharusnya Smart People mengetahui istilah ‘saham bagger’. Istilah tersebut merujuk pada saham yang bisa mendatangkan imbal hasil yang berkali lipat lebih banyak, sehingga tujuan trading atau investasi akan bisa lebih cepat terwujud. Jika masih belum tahu apa itu saham bagger, yuk simak ulasan tentangnya di bawah ini. 

Apa Itu Saham Bagger

Saham bagger merupakan saham yang dikenal mampu memberikan imbal hasil yang berkali-kali lipat lebih tinggi. Penamaan ‘bag’ pada ‘bagger’ sendiri berasal dari kata ‘base’, istilah yang digunakan dalam permainan baseball. Istilah ‘base’ ini menjadi tolak ukur dari keberhasilan atau kesuksesan yang diraih oleh seorang pemain baseball.

Lantas, seberapa banyak imbal hasil yang bisa diperoleh oleh pemegang saham bagger ini? Bayangkan saja, saham ini berpotensi untuk memberikan return yang fantastis nilainya, bisa hingga mencapai 100% per lembar sahamnya atau bahkan lebih dari itu. Jika kondisinya lebih dari 100%, saham tersebut biasanya disebut dengan istilah ‘saham multibagger’.  

Saham bagger biasanya merupakan saham yang diterbitkan oleh perusahaan dengan pertumbuhan yang terbilang pesat. Potensi imbal hasil pun terbilang besar dari tahun ke tahun. Smart People bisa bayangkan, berapa imbal hasil yang diperoleh sekiranya saham yang dibeli dengan harga Rp1.000 per lembar saham, mengalami kenaikan hingga Rp10.000 per lembar sahamnya. 

Kenaikan harga saham yang begitu fantastis inilah yang membuat saham bagger menjadi incaran atau begitu dicari-cari oleh para trader maupun investor saham. Besarnya imbal hasil yang diperoleh dengan menjadi saham bagger sebagai aset investasi akan bisa mempercepat tercapainya tujuan trading atau investasi. 

Kriterianya? 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, saham bagger biasanya berasal dari perusahaan dengan pertumbuhan yang terbilang cepat. Namun, jika Smart People masih sulit menemukannya dengan ciri tersebut, Smart People bisa pahami dan gunakan kriteria di bawah ini untuk bisa menemukan saham bagger yang sudah lama dicari-cari. 

  1. Memiliki Price to Earning Ratio (PER) yang Kecil 

Price to earning ratio merupakan gambaran mengenai rasio harga saham perusahaan dan imbal hasil atau laba yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Rasio ini merupakan rasio yang kerap kali dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh para investor sebelum memutuskan untuk membeli saham sebuah perusahaan.

Berkaitan dengan PER, saham yang berpotensi untuk menghasilkan imbal hasil yang berkali-kali lipat lebih banyak jumlahnya biasanya memiliki rasio yang sangat kecil. Jadi intinya, semakin kecil rasio dari saham tersebut, maka akan semakin bagus. Jadi, pastikan dulu Smart People mencari tahu PER dari saham yang akan dibeli agar bisa mendapatkan saham bagger. 

  1. Perusahaan yang Menerbitkan Saham Tidak Memiliki Banyak Utang 

Biasanya, perusahaan dengan saham yang berpotensi mendatangkan imbal hasil yang besar ini memiliki karakteristik level utang perusahaan yang tidak tinggi atau utangnya masih berada di level yang wajar.

  1. Sifat Sahamnya bisa Bertahan Saat Krisis 

Bukanlah perkara mudah bagi saham perusahaan untuk bisa melewati badai krisis, namun tidak begitu dengan saham bagger. Saham ini dikenal bisa bertahan, bahkan jika kondisi ekonomi sedang tidak baik-baik saja. 

Kemampuan saham bagger untuk bertahan di tengah krisis didukung oleh fundamental perusahaannya yang bagus. Alhasil, saat saham-saham lain mengalami penurunan harga secara terus-menerus disebabkan oleh sentimen pasar, saham bagger akan bisa bangkit dengan cepat dan pulih kembali harganya. 

  1. Pertumbuhan Laba yang Konsisten 

Saham ini memang menunjukkan pertumbuhan laba yang konsisten dalam kurun waktu tertentu. Kondisi ini didukung oleh potensi imbal hasil yang besar dari saham tersebut dalam jangka waktu yang relatif panjang. 

Daftar Saham Bagger di 2023  

Pada tahun 2023 lalu, beberapa saham teridentifikasi sebagai saham multibagger. Bayangkan saja, dalam kurun waktu 6 bulan saja, harga saham tersebut sudah mengalami kenaikan lebih dari 100%. Tentu saja saham-saham tersebut juga layak untuk dipertimbangkan sebagai pengisi portofolio tahun ini. Lantas, saham apa saja yang teridentifikasi sebagai saham multibagger di 2023? 

Setidaknya, ada 9 emiten saham yang tercatat sebagai saham multibagger pada semester I tahun 2023. Saham-saham tersebut meliputi AMMN, WIIM, AUTO, PANI, RAAM, CHIP, CUAN, WINE, dan HILL. Berdasarkan pertumbuhan harganya di kurun waktu tersebut, AMMN berhasil mencatatkan kenaikan harga tertinggi, yakni sebesar 185,39% dalam waktu 2 bulan saja.   

Beli Saham Bagger dengan Aplikasi Investasi RHB Tradesmart ID

Jika ingin memperoleh imbal hasil yang besar, saham bagger layak sekali untuk Smart People koleksi. Agar bisa menemukan saham pendulang imbal hasil yang tepat untuk Smart People beli, Smart People bisa gunakan aplikasi investasi saham online, RHB Tradesmart ID. RHB Tradesmart ID menghadirkan fitur SMART guna mendukung investasi saham yang mudah dan ekonomis. 

RHB Tradesmart ID punya Smart Analyzer yang bisa dimanfaatkan untuk menganalisis saham hingga memantau pergerakan harga saham secara real time. Selain itu, ada juga fitur Smart Fee dan Smart Rate, yang memungkinkan Smart People untuk melakukan transaksi investasi ataupun trading dengan biaya investasi yang begitu terjangkau. 

RHB Tradesmart ID merupakan solusi tepat untuk investasi saham Smart People. Unduh RHB Tradesmart ID  dan manfaatkan deretan fitur SMART yang dihadirkannya. 

Sumber: 

Nadya, Kurnia. 2023, September 04. 9 Daftar Saham Multibagger 2023: Enam Bulan Harga Naik 100 Persen Lebih, Sudah Punya? IDX Channel. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2024 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/9-daftar-saham-multibagger-2023-enam-bulan-harga-naik-100-persen-lebih-sudah-punya

Wijayanti, Ratih Ika. 2023, April 10. Apa itu Saham Bagger? Begini Penjelasan Lengkapnya. IDX Channel. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2024 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/apa-itu-saham-bagger-begini-penjelasan-lengkapnya

Yusuf, Mohammad Yan. 2023, Juni 21. Inilah Price to Earning Ratio dalam Saham. IDX Channel. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2024 melalui https://www.idxchannel.com/market-news/inilah-price-to-earning-ratio-dalam-saham

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal