<< Back

3 Daftar Saham Rumah Produksi di Indonesia  

asian woman directing movie and shooting film

Apakah Smart People merupakan penikmat film buatan anak bangsa? Jika iya, tampaknya saham rumah produksi atau production house layak untuk Smart People miliki. Meskipun masih belum ada banyak, namun saham-saham rumah produksi yang ada saat ini menunjukkan performa yang cukup bagus. Yuk simak bersama apa saja saham rumah produksi di Indonesia yang ada saat ini.

Apa Itu Saham Perusahaan Production House/Rumah Produksi? 

Saham perusahaan rumah produksi atau production house merupakan saham dari perusahaan yang memberikan layanan produksi konten audio visual, seperti film, iklan, ataupun web series. Adapun saham perusahaan rumah produksi tergolong ke dalam industri Hiburan dan Film dari sektor Barang Konsumen Non Primer. 

Daftar Saham Entertainment di Indonesia 

  1. PT MD Entertainment Tbk. (FILM)

PT MD Entertainment Tbk. (FILM) merupakan perusahaan film dan rumah produksi yang sudah berdiri sejak 7 Desember 2006 silam di Jakarta. Dhamoo Punjabi dan Manoj Punjabi merupakan sosok dibalik salah satu rumah produksi terbesar di Indonesia ini. Deretan film-film box office seperti Habibie & Ainun dan Ayat-Ayat Cinta merupakan karya yang dihasilkan oleh perusahaan ini.

FILM ini sendiri merupakan emiten rumah produksi film pertama yang hadir di Bursa Efek Indonesia (BEI). Emiten ini mulai melantai atau melakukan Initial Public Offering (IPO) pada tanggal 07 Agustus 2018 silam. Pada saat itu, FILM menawarkan 1.307.770.000 saham dengan harga IPO sebesar Rp210 per saham dan berhasil meraup dana mencapai Rp274,63 miliar. 

Berdasarkan laporan Kuartal I-2024 yang dirilis oleh FILM, emiten ini berhasil meraup laba bersih sebesar Rp4,59 miliar, meningkat sebesar 59,18% year on year (YoY) dibandingkan dengan Rp2,88 miliar pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Tidak hanya itu saja, pendapatannya juga bertumbuh 94% YoY menjadi Rp36 miliar. 

Pada awal Agustus ini, nilai kapitalisasi pasar FILM mencapai Rp36.618.199 dengan harga saham per lembar sebesar Rp3.850. Nilai kapitalisasinya yang cukup besar ini membuat FILM menjadi pemuncak dari nilai kapitalisasi pasar emiten-emiten lainnya yang berada di industri Hiburan dan Film ini.  

  1. PT MNC Digital Entertainment Tbk. (MSIN)

Saham rumah produksi di Indonesia selanjutnya adalah PT MNC Digital Entertainment Tbk. (MSIN). Perusahaan ini didirikan dengan nama PT Bhakti Media Internasional pada tanggal 13 Juli 2000, yang saat ini dipimpin oleh Noersing sebagai Direktur Utama. Jabatan ini sebelumnya dipegang oleh Hary Tanoe, sosok penting dibalik berdirinya MNC Digital Entertainment. 

MSIN merupakan penyedia konten media terbesar di Indonesia, dengan bisnis utama dalam memproduksi, mengembangkan, dan mendistribusikan konten-konten terbaik dan berkualitas tinggi melalui semua platform media yang ada saat ini, baik itu berbentuk drama, web series, film, bahkan juga musik. 

MSIN IPO atau mulai melantai di bursa saham pada tanggal 8 Juni 2018 silam. Di masa itu, MSIN menawarkan 1.560.000.000 sahamnya atau 29.99% dari total sahamnya, dengan harga sebesar Rp500 per lembar saham. Pada saat IPO tersebut, MSIN berhasil mengumpulkan dana hingga Rp780 miliar. 

Pada awal Agustus ini, nilai kapitalisasi pasar MSIN mencapai Rp35.192.081, yang mana besarannya berada di bawah nilai kapitalisasi pasar FILM di industri yang sama. Saat ini, harga per lembar saham MSIN berada di angka Rp2.900, yang mana merupakan harga tertinggi yang dicapai MSIN hingga saat sekarang ini. 

  1. PT Tripar Multivision Tbk. (RAAM)

Saham rumah produksi di Indonesia yang masih tergolong anyar adalah RAAM, saham perusahaan PT Tripar Multivision Tbk. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 dan dimiliki oleh Mr. Raam Jethmal Punjabi. Perusahaan ini fokus di sektor produksi video dan segala macam usaha yang bersangkutan, seperti memperdagangkan hingga mengedarkan hasilnya. 

RAAM mulai melantai di BEI pada tanggal 5 Mei 2023. Pada saat IPO, RAAM menawarkan sebanyak 929,2 juta lembar sahamnya atau sekitar 15% sahamnya dengan harga Rp234 per lembarnya. Pada saat IPO tersebut, RAAM berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp217,43 miliar, yang sebagian besarnya digunakan untuk modal kerja perseroan, seperti membiayai produksi film. 

Setelah lepas setahun dari waktu IPO-nya, RAAM sekarang memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp3.097.100. Pada awal Agustus ini, harga RAAM berada di angka Rp500 per lembar saham. Berdasarkan laporan keuangan Kuartal-I 2024 yang dirilisnya, diketahui RAAM berhasil membukukan pendapatan positif sebesar 104% YoY menjadi Rp64,09 miliar, dari sebelumnya Rp31,40 miliar. 

Koleksi Saham Rumah Produksi di Indonesia? Yuk via RHB Tradesmart ID Saja!

Minat masyarakat untuk menonton film karya anak bangsa yang terus meningkat, tentu saja menjadikan saham rumah produksi layak untuk dilirik. Nah, bagi Smart People yang memang sudah mengincar saham-saham di atas sejak lama, yuk amati dan analisa pergerakan saham-saham tersebut dengan lebih mudah menggunakan aplikasi investasi saham online, RHB Tradesmart ID. 

Analisis saham melalui fitur Smart Analyzer RHB Tradesmart ID akan membuat Smart People terbantu dalam mengambil keputusan investasi saham nantinya. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan investasi saham juga akan bisa ditekan, karena RHB Tradesmart ID menghadirkan fitur Smart Rate dan Smart Fee yang bikin biaya investasi jadi lebih ekonomis. 

Unduh RHB Tradesmart ID sekarang juga untuk pengalaman investasi saham online yang beda dari biasanya. Kumpulkan imbal hasil dan wujudkan tujuan investasi Smart People. 

Sumber: 

Aprilyani, Jane. 2024, Mei 02. RAAM Mampu Catat Pertumbuhan Pendapatan di Kuartal I-2024. Kontan. Diakses pada tanggal 4 Agustus 2024 melalui https://industri.kontan.co.id/news/raam-mampu-catat-pertumbuhan-pendapatan-di-kuartal-i-2024

Elvira, Vina. 2024, Mei 05. Laba MD Pictures (FILM) Naik 59,18% pada Kuartal I, Ini Penopangnya. Kontan. Diakses pada tanggal 4 Agustus 2024 melalui https://industri.kontan.co.id/news/laba-md-pictures-film-naik-5918-pada-kuartal-i-ini-penopangnya

Tim IDN Financials. Saham Sektor Barang Konsumen Bukan Primer Industri Hiburan dan Film. IDN Financials. Diakses pada tanggal 4 Agustus 2024 melalui https://www.idnfinancials.com/id/company/industry/entertainment-and-movie-production-e62

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal