<< Back

Investasi Jangka Pendek Minim Risiko? Ini 4 Contohnya!

asian girl reading and studying

Melakukan investasi tidak harus menunggu punya banyak uang. Bahkan Smart People juga bisa memulainya dari sekarang. Salah satu opsi yang bisa dicoba jika masih ragu melakukannya adalah investasi jangka pendek. Pasalnya investasi ini cenderung memiliki tingkat risiko yang lebih rendah namun memberikan hasil  dengan waktu relatif singkat. Jadi tidak heran apabila peminat investasi ini tergolong cukup banyak.

Kenalan dengan Investasi Jangka Pendek untuk Hasil Singkat

Sebelum membahas lebih jauh sebaiknya Smart People cari tau terlebih dahulu apa sih investasi ini. Ya investasi jangka pendek termasuk salah satu produk investasi yang dilakukan dengan cara menyetorkan sejumlah dana yang sebelumnya telah ditentukan untuk kemudian dikelola dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Nantinya imbal atau hasil yang diperoleh dari investasi tersebut bisa dicairkan dalam waktu singkat. Umumnya akan berlangsung hingga jangka waktu satu tahun. Sifat dana dalam investasi ini terbagi menjadi dua, yakni:

  • Dana memiliki sifat sebagai pendapatan tetap atau pendapatan yang diperoleh di setiap periode tertentu.
  • Dana yang bisa diperjualbelikan atau dicairkan.

Jika dibandingkan dengan investasi jangka panjang, hal ini tentunya akan lebih menghasilkan. Bagaimana tidak, waktunya cenderung singkat dengan proses pencairan yang mudah pula. Imbal dan hasil yang didapatkan nantinya juga bisa dipakai untuk mencukupi keperluan ataupun kebutuhan dalam jangka waktu dekat. 

Jenis-Jenis Investasi Jangka Pendek

Bagaimana sudahkah tertarik dan mencoba berinvestasi dari sekarang? Setidaknya ada beberapa jenis investasi jangka pendek yang bisa Smart People jadikan sebagai opsi pilihan terbaik yang mana dapat memberikan imbal dalam waktu singkat. Terutama satu atau kurang dari satu tahun. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Surat Utang Jangka Pendek

Pertama, ada surat jangka pendek yakni sebuah instrumen keuangan dimana mewakili utang dengan rentang jatuh tempo yang relatif singkat atau kurang dari satu tahun. Umumnya surat semacam ini akan digunakan oleh beberapa pihak. Seperti entitas, perusahan atau pemerintah untuk mendapatkan hasil atas janji bayar kembali pinjaman dalam waktu cepat. Beberapa surat tersebut adalah:

  • Sertifikat Deposito
  • Commercial Paper
  • Commercial Mortgage-Backed Securities (CMBS)
  • Surat Utang Bank
  • Treasury Bills (T-Bills)
  • Surat Utang Korporasi Jangka Pendek
  • Asset-Backed Commercial Paper (ABCP)
  • Surat Utang Negara (SUN)

Memang secara garis besar beberapa bentuk investasi di atas memiliki likuiditas tinggi sedangkan risiko bunganya juga rendah karena punya tenggat singkat. Sehingga tidak heran jika imbal dan hasilnya akan rendah jika dibandingkan dengan utang jangka panjang. Namun sebagai investor Smart People bisa lebih mudah mencairkan. Selain itu termasuk aman untuk menyimpan dana. 

  1. Deposito Bank

Deposito adalah produk dari perbankan yang memiliki tingkat bunga tetap pada jangka waktu tertentu. Deposito juga menjadi opsi investasi yang cenderung aman. Bahkan Smart People juga bisa mengaksesnya secara mudah. Nantinya investor akan menempatkan dana ke bank atau lembaga keuangan dengan suku bunga tetap. 

Sedangkan jangka waktunya satu bulan sampai satu tahun saja. Tergantung kesepakatan investor dengan bank. Pada saat jatuh tempo, maka investor dalam menarik dana tersebut bersama bunganya. Namun jika penarikan terjadi sebelum jatuh tempo maka akan ada denda dan bunga tidak bisa ditarik. 

  1. Saham Dividen

Investasi saham dividen menjadi strategi di mana sang investor akan memilih saham perusahaan yang secara rutin membayarkan dividen kepada pemegang saham. Dividen sendiri adalah imbalan perusahaan ke pemegang saham sebagai hasil dari kepemilikan saham mereka. 

Jenis perusahaan yang biasanya akan dipilih oleh para investor adalah perusahaan dengan sejarah pembayaran dividen konsisten serta stabil. Pasalnya perusahaan seperti ini memiliki statibitas dalam keuangan serta kinerja yang bagus. Namun sebaiknya Smart People tetap mempertimbangkan beberapa faktor risiko sebelum memutuskan menanamkan saham.

  1. Reksa Dana Pasar Uang

Selanjutnya ada instrumen investasi jangka pendek reksadana pada pasar uang. Meski pada umumnya merupakan instrumen jangka menengah sampai panjang, namun ada beberapa yang secara khusus dibuat untuk jangka panjang.

Sesuai namanya reksa dana pasar uang maka nantinya Smart People akan menginvestasikan dananya ke instrumen pasar uang. Seperti obligasi, deposito, dan surat berharga komersial. Jika Smart People tipe orang yang takut akan risiko dan cari aman, maka sebaiknya pertimbangkan hal ini. 

Tips dan Trik Investasi Saham untuk Imbalan yang Maksimal

Meskipun pada dasarnya memang rendah risiko, sebelum mengambil keputusan Smart People tetap harus selalu mempertimbangkan berbagai macam hal yang mungkin saja terjadi. Dengan begitu kemungkinan risiko itu muncul bisa diantisipasi terlebih dahulu sejak awal. Dampaknya imbalan hasil yang diterima bisa sesuai harapan. Berikut beberapa strategi dalam berinvestasi saham:

  • Analisis kapan waktu tepat untuk membeli saham secara fundamental dan teknikal.
  • Pelajari hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli saham, mulai dari tingkat likuiditas, profil perusahaan, fluktuasi dari indeks harga saham, ROE dan lainnya.
  • Beli saham pada saat harganya turun di level tertentu namun masih aman untuk dibeli.
  • Beli saat saham sampai pada level tertentu atau tembus ke level tertinggi.
  • Beli saham setelah terjadi breakout atau saat sudah ada di bawah. Sebab jenis saham seperti ini sering mengalami kenaikan yang kencang.
  • Jual saham saat harganya sedang naik, jika sedang turun gunakan metode cut loss.

Bagaimana sudah siapkah untuk berinvestasi sedari sekarang? Jika sudah siap maka selalu ingat bahwa semua investasi tentu punya resiko jadi selalu berhati-hati dan terapkan strategi terbaik. Smart People juga bisa belajar investasi jangka pendek bersama RHB Tradesmart. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Sumber: 

Edukatips. 2022, 22 Maret. Jenis Investasi Jangka Pendek yang Berpotensi Cuan Buat Pemula. Diakses 26 Juni 2024 melalui https://www.bca.co.id/id/informasi/Edukatips/2022/03/21/06/45/jenis-investasi-jangka-pendek-yang-berpotensi-cuan-buat-pemula

Sunfile. 2024, 07 Februari. Jenis Investasi Jangka Pendek yang Dapat Hadirkan Keuntungan Cepat. Diakses 26 Juni 2024 melalui https://www.sunlife.co.id/id/life-moments/preparing-to-retire/ypes-of-short-term-investments-that-can-bring-fast-profits/

OJK. Investasi Saham Juga Harus Punya Strategi Dong? Yuk, Bagi Investor Pemula Simak Artikel Berikut Ini. Diakses 26 Juni 2024 melalui https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10433

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal