<< Back

Perencanaan Pensiun Matang = Masa Tua Bahagia?

Strategi Finansial Masa Pensiun

Strategi finansial untuk mempersiapkan masa pensiun sangatlah penting, tujuannya tentu agar di masa tua bisa hidup nyaman dan bahagia tanpa kesulitan masalah finansial. Karena itulah, Smart People harus melakukan perencanaan dan menyiapkan dana pensiun sebaik mungkin. 

Mengenal Jenis Dana yang Tepat untuk Masa Pensiun 

Masa pensiun adalah masa di mana seseorang sudah tidak bekerja lagi, itu artinya sudah tidak ada lagi penghasilan. Untuk memenuhi kebutuhan di masa pensiun, Smart People harus menyiapkan berbagai hal. 

Berikut adalah beberapa jenis dana yang bisa dipertimbangkan untuk dana masa pensiun:

  1. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

DPLK merupakan program dana pensiun dari lembaga keuangan perusahaan asuransi. Sistem lembaga keuangan ini mengharuskan setiap peserta menyetor sejumlah uang secara berkala. 

Uang yang disetor nantinya akan diinvestasikan oleh lembaga keuangan tersebut, kemudian imbal hasil dari DPLK ini akan dikelola secara profesional untuk mendapatkan potensi hasil yang optimal. 

  1. Reksadana

Masa pensiun strategi finansial selanjutnya bisa Smart People dapatkan dari reksadana. Reksadana merupakan salah satu investasi mengumpulkan dana dari berbagai investor. Dana tersebut nantinya akan diinvestasikan dalam bentuk portofolio yang beragam. 

 

Adapun jenis reksadana ini meliputi investasi saham, obligasi serta campuran yang bisa dipilih sesuai dengan profil risiko dan jangka waktu investasi. Dengan reksadana, Smart People bisa mendapat imbal hasil seperti fleksibilitas dan diversifikasi yang baik untuk persiapan masa pensiun. 

  1. Asuransi Pensiun

Selain reksadana, produk asuransi pensiun juga memberikan beragam manfaat. Dengan membayar sejumlah biaya premi secara rutin dan berkala, Smart People akan mendapat manfaat tertentu seperti perlindungan asuransi selama masa kontribusi. 

  1. Tabungan Pensiun

Tidak jauh berbeda dengan asuransi pensiun, tabungan pensiun merupakan produk yang berasal dari perbankan. Tabungan ini dirancang khusus untuk mempersiapkan dana pensiun. 

Tabungan asuransi biasanya menghasilkan bunga lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Selain itu, jenis tabungan ini juga mempunyai fitur yang mendukung pensiun, misalnya setoran otomatis serta pembatasan penarikan sebelum masa pensiun. 

Berapa Lama Mengumpulkan Uang Sampai Dana Masa Pensiun Cukup? 

Tujuan utama strategi finansial untuk masa pensiun adalah mengumpulkan dana yang cukup agar saat pensiun nanti tidak mendapat kesulitan finansial. Namun pertanyaan penting yang sering muncul adalah berapa lama sih waktu yang dibutuhkan sampai dana cukup untuk masa pensiun? Jawabannya tentu beragam, tergantung banyak faktor. Faktor inilah yang harus diperhatikan dalam merencanakan masa pensiun.

Langkah pertama dalam menyiapkan masa pensiun strategi finansial yaitu menentukan kebutuhan finansial saat pensiun seperti menghitung biaya hidup, perawatan kesehatan hingga aktivitas apa saja yang diinginkan. 

Definisi hidup nyaman berbeda untuk setiap orang, oleh karena itu penting untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan di masa pensiun sebelum menentukan besar kecilnya uang yang akan ditabung secara rutin. Hal ini adalah langkah awal yang harus dilakukan dalam menyiapkan masa pensiun. 

Sebagai contoh Smart People bisa menyimpan sekitar 10 sampai 15% gaji bulanan selama bekerja. Besaran ini tentunya harus disesuaikan dengan banyaknya hal yang ingin Smart People capai di masa pensiun. Semakin banyak aktivitas, gaya hidup dan kebutuhan, maka uang yang harus dikumpulkan tentu harus lebih banyak juga. Namun jangan lupa kalkulasikan inflasi di mana inflasi ini bisa mengurangi nilai uang di tabungan. 

5 Instrumen Investasi untuk Meningkatkan Uang di Masa Pensiun

Ada beberapa jenis instrumen investasi untuk meningkatkan uang di saat pensiun yang bisa Smart People pilih. Apa saja? Simak detailnya di bawah ini:

  1. Investasi Properti

Cara pertama yang bisa Smart People pilih adalah dengan berinvestasi properti.  Investasi properti ini bisa mencakup pembelian apartemen, rumah atau tanah. 

Dengan berinvestasi properti, Smart People akan mendapat imbal hasil pasif melalui sewa atau potensi kenaikan nilai aset properti tersebut. Akan tetapi investasi jenis ini membutuhkan modal yang besar dan tentunya membutuhkan pemeliharaan atau perawatan yang tidak sedikit. 

  1. Deposito

Deposito adalah simpanan di bank dengan bunga tetap serta jangka waktu tertentu. Deposito merupakan investasi yang sangat aman dengan risiko rendah yang bisa Smart People pilih. Namun return atau hasil yang didapat juga biasanya lebih rendah dibandingkan instrumen lain. 

  1. Emas

Jenis instrumen ini masih menjadi salah satu jenis instrumen yang banyak dipilih karena mudah disimpan dan didapatkan meskipun bagi pemula sekalipun. Emas juga sering dianggap sebagai aset safe haven karena nilainya yang cenderung stabil, bahkan saat pasar sedang tidak menentu. Meskipun emas ini tidak memberikan imbal hasil pasif, emas bisa Smart People pilih untuk melindungi nilai kekayaan dari inflasi.

 

  1. Obligasi

Instrumen investasi yang bisa Smart People pilih selanjutnya adalah obligasi. Obligasi yaitu investasi berupa surat utang yang diterbitkan perusahaan atau pemerintah. Investor akan mendapat hasil secara berkala dan pokok utang ketika obligasi jatuh tempo.

Dibandingkan dengan saham, obligasi cenderung lebih aman terutama obligasi dari pemerintah. Akan tetapi imbal hasil yang didapat juga tentunya lebih rendah dari hasil investasi saham. 

  1. Investasi Saham 

Jenis instrumen berikutnya adalah saham. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang memungkinkan Smart People memiliki sebagian kecil dari sebuah perusahaan.

Investasi saham ini akan memberikan imbal hasil yang tinggi. Hasil dan imbal hasil ini didapatkan dari kenaikan harga saham dan dividen. Meski begitu, investasi ini memiliki risiko yang tinggi karena harganya yang fluktuatif.

Investasi Saham dengan RHB Tradesmart ID

Beberapa instrumen investasi di atas bisa Smart People pilih untuk meningkatkan uang agar kebutuhan selama masa pensiun bisa tercukupi. Nah buat Smart People yang masih mempersiapkan dana pensiun atau lagi mencari instrumen yang tepat, RHB Tradesmart ID bisa jadi solusinya. 

RHB Tradesmart ID adalah aplikasi investasi dan trading saham online yang sudah diawasi OJK. Dengan RHB Tradesmart ID, Smart People akan mendapat berbagai manfaat dengan fitur canggih yang akan memudahkan dalam memilih jenis saham di dalamnya. 

Yuk investasi saham di RHB Tradesmart ID dan nikmati fitur-fitur yang dihadirkannya dengan mengunduh di handphone kesayangan Smart People. 

Sumber:

 

 

 

Ira Laili, 2023. Mengenal Jenis Dana Pensiun dan Manfaatnya. Diakses 24 Juni 2024 melalui  https://www.google.com/amp/s/bisnis.tempo.co/amp/1781622/mengenal-jenis-dana-pensiun-dan-manfaatnya

Nur Jamal Shaid, Kompas Juni 2024. 6 instrumen Investasi Untuk Menyimpan Dana Pensiun. Diakses 24 Juni melalui  https://money.kompas.com/read/2024/06/02/225656926/simak-6-instrumen-investasi-untuk-menyimpan-dana-pensiun?page=all

Cara Menyiapkan Tabungan sebagai Dana Pensiun di Hari Tua. Diakses 24 Juni 2024 melalui https://www.greateasternlife.com/id/in/asuransi-individu/mengenal-asuransi/bagaimana-memulai-rencana/perencanaan-masa-pensiun/tabungan-untuk-pensiun.html

Bayu Irfan,  2024. 6 Jenis Instrumen Investasi Yang Cocok Untuk Generasi Muda. Diakses 24 Juni 2024 melalui  https://mediakeuangan.kemenkeu.go.id/article/show/6-jenis-instrumen-investasi-yang-cocok-bagi-generasi-muda

 

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal