<< Back

6 Daftar Saham Perusahaan Teknologi di Indonesia

daftar saham perusahaan teknologi

Daftar saham perusahaan teknologi di pasar modal Indonesia cukup menarik untuk dipantau. Tidak sedikit investor yang melirik saham dari emiten teknologi karena sektor ini kerap masuk dalam jajaran saham-saham top gainers.

Melihat perkembangan dan tren di era modern, industri teknologi tanah air memiliki potensi yang menjanjikan. Jika Smart People tertarik dengan saham teknologi, simak daftar emiten yang terdaftar di BEI berikut ini.

Pengertian Perusahaan Teknologi

Perusahaan teknologi adalah perusahaan yang berfokus pada bidang pembuatan atau penjualan produk teknologi. Produk yang dimaksud bukan sebatas perangkat keras komputer, melainkan beragam ekosistem lain seperti perangkat lunak hingga layanan berbasis teknologi.

Industri ini mencakup berbagai model bisnis yang cukup luas. Namun, secara umum perusahaan teknologi melakukan aktivitas bisnis seperti berikut.

  • Mengembangkan produk teknologi
  • Menyediakan layanan online seperti search engine dan marketing
  • Menjual produk atau layanan teknologi kepada perusahaan maupun pengguna

Smart People mungkin mengenal beberapa perusahaan teknologi terkemuka yang dikenal dengan sebutan “Big Tech”, sebut saja Microsoft, Alphabet Inc (Google), Apple, Meta (Facebook), dan Amazon. Meski tidak sebesar “Big Five” tersebut, Indonesia memiliki banyak perusahaan teknologi dengan sebagian besar merupakan perusahaan rintisan atau startup.

Jenis Perusahaan Bergerak di Bidang Teknologi

Sektor teknologi adalah industri yang sangat besar dan perusahaan-perusahaan melakukan aktivitas yang berbeda-beda. Berdasarkan kegiatan usahanya, berikut beberapa jenis perusahaan teknologi yang paling umum.

1. Hardware Retailers  

Perusahaan ini bergerak di bidang penjualan produk teknologi fisik seperti komputer dan aksesori, smartphone, tablet, kamera, dan lain-lain. Selain itu, perusahaan hardware juga biasanya menyediakan layanan seperti perbaikan dan dukungan pelanggan.

2. Software as a Service (SaaS)

Dalam daftar saham perusahaan teknologi yang ada di BEI, beberapa merupakan perusahaan spesialis perangkat lunak (software). Jenis perusahaan ini yang menyediakan solusi perangkat lunak untuk berbagai industri seperti perbankan, pemasaran, layanan kesehatan, dan lain-lain. Umumnya, mereka menyediakan layanan tersebut secara berlangganan.

3. Cloud Solutions Provider (CSP)

Perusahaan CSP adalah perusahaan yang menyediakan layanan cloud, seperti Platform as a Service (PaaS), Backup and Recovery, Disaster Recovery as a Service (DRaaS), dan lainnya. Perusahaan umumnya menawarkan solusi cloud dalam beberapa pilihan, cloud lokal, cloud publik, maupun hybrid.

4. Independent Software Vendor (ISV)

Sedikit berbeda dengan perusahaan perangkat lunak, vendor atau perusahaan ISV biasanya merancang dan menjual software yang independen untuk umum. Contohnya Adobe System yang dikenal dengan beberapa produk perangkat lunak, Photoshop, After Effects, dan Illustrator. Produk-produk tersebut dapat berjalan pada perangkat keras atau sistem operasi yang berbeda.

5. Data Center (DC)

Pusat data atau data center adalah infrastruktur teknologi yang menampung informasi bisnis, penyimpanan file, hingga server. Infrastruktur ini terdiri dari jaringan komputasi dan sistem penyimpanan.

Daftar Saham Perusahaan Teknologi di Indonesia

Emiten teknologi menjadi salah satu incaran para investor saham. Berikut ini daftar saham perusahaan teknologi yang mungkin bisa Smart People pertimbangkan untuk investasi.

1. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO)

Gojek dan Tokopedia memiliki basis pengguna yang cukup besar. Pada tahun 2021, keduanya resmi bergabung menjadi satu perusahaan dengan nama GoTo Gojek Tokopedia. Di Bursa Efek Indonesia (BEI), emiten dengan kode saham GOTO ini diketahui memiliki saham mencapai 1,2 Triliun.

2. PT Bukalapak.com Tbk (BUKA)

Bukalapak dikenal sebagai salah satu perusahaan e-commerce terbesar di tanah air. Perusahaan yang telah membantu jutaan MKM ini didirikan pada tahun 2010. Sahamnya dengan kode BUKA yang terdaftar di BEI mencapai 103 Miliar lembar saham.

3. PT Global Digital Niaga (BELI)

Smart People mungkin mengenal perusahaan ini dengan layanan e-commerce Blibli. Selain mengelola platform e-commerce, Global Digital Niaga juga menjalankan bisnis ritel online B2B, B2C, dan B2B2C. PT Global Digital Niaga memiliki saham sebanyak 120 Miliar sejak IPO pada November 2022.

4. PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK)

Didirikan pada tahun 1983, PT Elang Mahkota Teknologi memulai perjalanan bisnis di industri komputer. Perusahaan ini telah berkembang menjadi salah satu perusahaan ternama di sektor media.

Saluran TV nasional seperti Indosiar dan SCTV adalah beberapa perusahaan di bawah kendali PT Elang Mahkota Teknologi. Di pasar modal tanah air, perusahaan ini memiliki saham yang jumlahnya mencapai 61 Miliar.

5. PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL)

Metrodata Electronics adalah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi serta layanan perangkat keras dan perangkat lunak. Aktivitas bisnis perusahaan ini juga termasuk layanan cloud, platform bisnis digital, keamanan, AI, big data, dan analitik. Jumlah saham MTDL mencapai 12 Miliar lembar saham.

6. PT WIR Asia Tbk (WIRG)

WIR Asia adalah salah satu perusahaan metaverse yang fokus pada pengembangan teknologi realitas di Indonesia. Perusahaan ini masuk dalam daftar emiten teknologi di BEI dengan total sahamnya mencapai 11 Miliar lembar saham.

Itulah sebagian emiten yang tercatat dalam daftar saham perusahaan teknologi di Bursa Efek Indonesia. Tertarik untuk membeli saham-saham teknologi ini? Buruan download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store, lalu mulai beli saham incaran Smart People.

 

Referensi:

Cesilia. 2024. “Daftar Saham Teknologi yang Terdaftar di BEI. Sudah koleksi?”. Fortuneidn.com

Jeremy Bailus. 2023. “What Are The Different Types of Tech Companies? The Ultimate Guide”. Filament.digital

Amanah Solution. 2022. “4 Jenis Perusahaan IT Ditinjau dari Segi Jasanya”. Amanahsolution.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal