<< Back

5 Perusahaan Saham Ini Sering Bagi-Bagi Dividen, Siapa Saja?

Daftar Perusahaan Saham Bagi Dividen

Daftar perusahaan saham bagi dividen tiap tahun memang menarik untuk disimak. Terlebih lagi bagi para investor yang memburu dividen jangka pendek. Imbal hasil ini bisa jadi sumber passive income yang stabil bagi pemegang saham.

Selain itu, dividen yang dibagikan secara rutin juga membantu investor dalam meningkatkan nilai modal. Berikut ini beberapa emiten yang konsisten membagikan dividen kepada para investor.

Pengertian Dividen Saham

Dividen adalah laba bersih perusahaan yang besarannya ditentukan oleh direksi dan disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dalam kurun waktu tertentu, dividen akan dibagikan kepada seluruh pemegang saham berdasarkan porsi saham yang dimiliki.

Semakin besar laba perusahaan yang dibukukan, semakin besar pula potensi dividen untuk para investor. Bahkan investor bisa mendapatkan imbal hasil ini lebih dari satu kali dalam satu tahun yakni dividen interim dan dividen final.

Dividen yang dibagikan rutin menunjukan konsistensi perusahaan dalam meningkatkan kinerja dan laba pendapatan. Pembayaran dividen kepada para pemegang saham ini bertujuan untuk menjaga kepercayaan investor.

Ada dua jenis dividen yang paling umum dibagikan oleh perusahaan yaitu dividen tunai dan dividen saham. Dividen tunai berarti investor bisa mendapatkan imbal hasil secara tunai. Sedangkan dividen saham berarti investor akan mendapatkan tambahan kepemilikan saham di perusahaan.

Kapan Dividen Saham Dilakukan

Selain kenaikan harga saham, dividen menjadi kabar gembira bagi para investor. Jadwal pembagian dividen menjadi momen yang selalu ditunggu. Kapan sebenarnya perusahaan membagikan dividen saham?

Dividen interim: pembayaran dividen sebelum periode keuangan perusahaan ditutup

Dividen final: pembayaran dividen setelah pembukuan keuangan perusahaan ditutup

Perusahaan bisa membagikan dividen interim, dividen final, maupun gabungan keduanya. Jika perusahaan Smart People menerapkan dividen interim dan final, berarti Smart people bisa mendapatkan dua kali atau lebih pembagian dividen dalam setahun.

Hal ini tergantung dari kinerja laba perusahaan yang didapatkan pada tahun sebelumnya. Beberapa emiten dalam daftar perusahaan saham bagi dividen bisa membayarkan setiap bulanan atau triwulanan.

Dividen interim dibagikan setelah persetujuan direksi dan disahkan oleh para pemegang saham kendali. Sedangkan untuk dividen final harus melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Tanggal-tanggal Penting Terkait Pembagian Dividen

Investor biasanya mendapatkan dividen sesuai hasil RUPS dikurangi dengan dividen interim yang sudah didapatkan sebelumnya. Terkait jadwal dan tahap-tahap pembagian dividen ini, Smart People harus tahu beberapa tanggal penting berikut.

– Date of Record

Tanggal pencatatan atau date of record adalah tanggal bagi perusahaan mendata siapa saja pemegang saham yang berhak menerima atau tidak menerima dividen.

– Cumulative Date

Cumulative date atau biasa disingkat cum date adalah tanggal yang menjadi batas akhir investor mendapatkan dividen.

– Expired Date

Expired date atau ex date adalah tanggal bagi perusahaan tidak lagi membayar dividen. Ex date jatuh pada satu hari setelah cum date. Misalnya, cum date saham ABC tanggal 1 Juli 2024, berarti ex date 2 Juli 2024.

– Payment Date

Payment date adalah tanggal pembayaran dividen dari perusahaan kepada seluruh pemegang saham yang berhak atas dividen.

– Declaration Date

Declaration date adalah tanggal bagi perusahaan mengumumkan secara resmi mengenai bentuk dividen, jumlah dividen yang dibagikan, serta jadwal penting seperti recording date, cum date, ex date, dan payment date.

Daftar Perusahaan di Indonesia yang Memiliki Jadwal Rutin Bagi Dividen Saham Tiap Tahunnya

Dividen menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam memilih emiten atau saham perusahaan. Penasaran daftar perusahaan saham bagi dividen rutin dari emiten apa saja?

1. PT Bank Central Asia Tbk

Pemegang saham BBCA perlu bergembira karena dalam lima tahun terakhir emiten ini tidak pernah absen membagikan dividen. Bukan hanya dividen final, tetapi juga dividen interim yang cukup konsisten.

Pada 14 April 2023, bank swasta terbesar di Indonesia ini mencairkan Rp 20,90 Triliun dividen dari laba perseroan tahun sebelumnya. Termasuk dividen jumbo dengan yield 2,22%.

2. PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO)

Perusahaan batu bara ini berkomitmen membagikan dividen dua kali setahun. ADRO membagikan dividen tahun buku 2022 pada 13 Januari 2023 sebesar USD 500 juta dan pada 6 Juni 2023 dengan nominal yang sama.

3. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM)

Aneka Tambang atau Antam adalah perusahaan tambang BUMN yang memiliki dividen yield 3,99% pada tahun lalu. Membagikan Rp 1,9 Triliun dividen pada 14 Juli 2023 dari laba bersih yang dibukukan dari tahun sebelumnya.

4. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT)

Perusahaan pengelola ritel Alfamart tidak ketinggalan menjadi salah satu emiten yang rajin bagi-bagi dividen. Memiliki dividen yield 0,83% dan membagikan Rp 999,07 Miliar dividen pada Juni 2023. 

5. PT Astra International Tbk (ASII)

Kemudian, ada perusahaan otomotif yakni Astra yang rajin membagikan dividen interim dan dividen final. Dari laba tahun 2022 yang dibukukan, perusahaan membagikan sebesar Rp 25,909 Triliun pada 31 Oktober 2022 dan Mei 2023.

Bagi Smart People yang ingin mencari saham dengan pembagian dividen yield tinggi bisa cari melalui index IDX High Dividend 20. Bagaimana, daftar perusahaan saham bagi dividen yang paling rajin ini menarik, kan?

Download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store terlebih dulu. Setelah itu, mulai investasi pada saham-saham di atas atau saham pilihan lainnya. 

Referensi:

Rendi Mahendra. 2023. “Pengertian Dividen dan Mekanisme Pembagiannya”. Bisnis.com

Muhammad Idris. 2024. “Kapan Dividen Dibagikan? Ini Penjelasan Lengkapnya”. Kompas.com

Jujuk Ernawati. 2023. “Daftar 20 Emiten Paling Rajin Bagi-Bagi Dividen”. Idxchanel.com

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal