Penerapan AKSes Versi Baru

20 May 2019 Aro

Merujuk pada surat KSEI nomor KSEI-14106/DIR/1118 tanggal 13 November 2018 perihal Rencana Perubahan Mekanisme Pendaftaran Fasilitas AKSes dan Surat Keputusan Direksi KSEI nomor KEP-0001/DIR/KSEI/0119 tanggal 16 Januari 2019 tentang Peraturan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia Nomor I-F tentang AKSes, berikut ini disampaikan mekanisme terkait implementasi AKSes versi baru, yaitu:

 

1.       Investor yang belum memiliki user ID untuk login AKSes dapat secara langsung mendaftarkan diri sebagai Pengguna AKSes versi baru dengan menggunakan informasi login investor yang akan dikirimkan langsung oleh AKSes ke alamat email investor yang terdaftar di C-BEST, dengan mekanisme sebagai berikut:

 

a.     Pendaftaran AKSes oleh investor dilakukan dengan mengisi data utama berupa alamatemail yang terdaftar pada C-BEST dan nomor identitas berupa:

                              i.    NIK bagi investor individu lokal;

                             ii.    Nomor paspor bagi investor individu asing; atau

                            iii.    Nomor SID bagi investor institusi.

Informasi login berupa password selanjutnya dapat dibuat melalui link (tautan) aktivasi yang akan disampaikan oleh AKSes ke alamat email investor setelah dilakukannya pendaftaran.

 

b.    AKSes akan memeriksa kesesuaian antara data yang disampaikan pada proses pendaftaran Pengguna AKSes dengan data identitas milik investor yang terdaftar di sistem C-BEST.

 

c.     AKSes hanya akan menerima pendaftaran Pengguna AKSes jika data sebagaimana yang dimaksud dalam butir huruf b telah sesuai.

 

2.       Investor yang telah memiliki user ID pada AKSes versi sebelumnya (existing user), tetap dapat memanfaatkan AKSes Versi Baru dengan menggunakan user ID dan password yang sama.

 

3.       KSEI tidak lagi menerbitkan kartu AKSes dan PIN mailer sebagai informasi pendaftaran Pengguna AKSes efektif terhitung dimulainya implementasi AKSes versi baru. Kewajiban penyerahan kartu AKSes dan PIN mailer yang selama ini disampaikan oleh Pemegang Rekening kepada investor dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

 

4.       Pemegang Rekening wajib memberitahukan terhadap nasabah yang belum menerima kartu AKSes untuk dapat memonitor portofolio Efek miliknya melalui AKSes versi baru.

 

5.       Implementasi AKSes versi baru tidak mencabut kewajiban Pemegang Rekening untuk memberikan akses informasi yang memungkinkan investor dapat secara langsung memonitor mutasi dan/atau saldo Efek dan/atau dana yang disimpan pada Sub Rekening Efek atas nama investor di KSEI. Hal tersebut dilakukan dengan menyampaikan data email investor yang benar pada sistem C-BEST.

 

6.       Pemegang Rekening wajib memastikan kebenaran alamat email investor yang disampaikan kepada KSEI. Segala dampak atas ketidakakuratan atau ketidaksesuaian alamat emailinvestor merupakan tanggung jawab Pemegang Rekening.

tradesmart article
Glosarium