<< Back

Ada 5 Strategi Trading, Mana yang Cocok untuk Kamu?

strategi trading

Setiap trader tentu memiliki strategi untuk menentukan posisi buy dan sell. Strategi trading saham online umumnya menggunakan analisa fundamental, teknikal, atau kombinasi keduanya.

Menggunakan strategi yang tepat dapat mempermudah trader untuk menganalisa dan mengeksekusi posisi. Apakah Smart People sudah menemukan strategi yang cocok sesuai gaya trading? Jika belum, ada beberapa strategi trading dengan kelebihannya masing-masing yang bisa dipertimbangkan.

Sebelum mengeksekusi pasar saham, sebaiknya Smart People menentukan strategi trading yang cocok sesuai profil risiko. Beberapa strategi trading berikut mungkin ada yang cocok untuk Smart People terapkan.

READ MORE : Ada 5 Strategi Trading, Mana yang Cocok untuk Kamu?

Strategi scalping

Scalping trading adalah strategi trading yang paling populer di kalangan trader Indonesia. Strategi ini cenderung dimanfaatkan untuk hasil yang kecil (5-15 pips) dalam waktu singkat. Scalper biasanya akan membuka posisi puluhan hingga ratusan dalam sehari

Indikator yang sering dipakai oleh para scalper antara lain stochastic, oscillator, moving average, bollinger bands, dan lain-lain. Kelebihan dari strategi ini adalah peluang imbal hasilnya yang semakin besar pada likuiditas pair mata uang yang semakin tinggi.

Teknik scalping memiliki peluang upside yang lebih tinggi dibanding strategi trading lain seperti swing trading. Scalper dapat mengambil imbal hasil yang kecil tetapi berkala dengan membeli dan menjual saham dalam sehari

Strategi harian (day trading)

Day trading merupakan salah satu strategi trading saham online yang banyak dipakai oleh trader dari seluruh level. Seorang trader yang menerapkan strategi ini bisa mendapatkan imbal hasil yang maksimal dengan memanfaatkan arah pasar.

Strategi day trading biasanya dipakai untuk membuat transaksi (order) dan eksekusi di hari yang sama. Oleh sebab itu, day trading ini cocok untuk trader yang ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Seorang trader yang menggunakan strategi ini bisa memperoleh imbal hasil dari perubahan harga kecil dari saham yang dijual-belikan dalam satu hari. Namun, trader perlu memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup agar bisa sukses dengan strategi day trading ini.

Swing trading

Ada juga swing trading yang merupakan strategi trading yang menggabungkan analisa fundamental dan teknikal. Swing trader biasanya akan membeli saham atau komoditas lain dengan memperhatikan performa dari komoditas tersebut.

Komoditas akan dijual kembali dalam waktu yang tidak terlalu singkat dan tidak terlalu lama. Biasanya trader akan menjualnya pada beberapa minggu atau bulan saat harganya mengalami kenaikan yang ditargetkan.

Kelebihan strategi ini adalah trader bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat dan tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama untuk mengecek pergerakan harga. Potensi imbal hasil yang bisa diperoleh swing trader bisa lebih besar daripada scalping dan day trading.

Position trading

Berikutnya ada position trading yaitu strategi trading yang lebih fokus pada aspek fundamental. Position trading juga bisa menerapkan analisa teknikal untuk menentukan waktu yang tepat membuka poin entry dan exit.

Pada fluktuasi pasar yang lebih kecil tidak perlu dipertimbangkan karena tidak mempengaruhi chart pasar yang lebih luas. Inilah salah satu kelebihan position trading yang membuat trader tidak perlu terlalu sering memantau chart atau pergerakan harga.

Kelebihan strategi trading saham online ini adalah potensi hasilnya yang lebih besar dari strategi scalping, swing, maupun day trading. Smart People juga bisa menjadikan sebagai pekerjaan sampingan karena trading dengan strategi ini yang tidak harus dipantau setiap saat. Pada kondisi pasar sedang bullish, peluang imbal hasil bisa lebih besar.

Breakout trading

Breakout trading adalah strategi trading yang memanfaatkan peluang saat harga menembus support dan resistance. Support adalah batas bawah dan resistance adalah batas atas untuk harga saham. Trader yang menggunakan strategi breakout ini harus paham kondisi yang memberikan peluang paling bagus.

Breakout dalam trading ada dua yaitu true breakout dan false breakout. True breakout ketika pergerakan harga saham melewati suatu level dan tidak berbalik atau bahkan tembus lebih dalam lagi. Sedangkan pada false breakout, harga saham berbalik sehingga gagal membentuk sinyal breakout.

Trader bisa memperoleh imbal hasil yang baik jika sudah memastikan true breakout. Oleh sebab itu, perlu konfirmasi dengan candlestick bahwa sinyal tersebut bukan false breakout. Gunakan indikator lainnya pada aplikasi sebagai pendukung sebelum Smart People mengambil keputusan.

Trading saham kini semakin mudah apalagi dengan adanya aplikasi RHB TradeSmart ID. Di RHB ini memiliki fitur Smart Points, Smart People bisa mengumpulkan poin untuk ditukar dengan saldo Gopay lho. Semakin sering bertransaksi, maka semakin banyak poin yang bisa dikumpulkan.

Itulah beberapa strategi trading yang cukup populer di kalangan trader Indonesia. Smart People yang belajar trading saham online bisa menentukan sendiri strategi seperti apa yang cocok sesuai gaya trading dan profil risiko yang dimiliki. Pastikan Smart People benar-benar memahami strategi yang digunakan, jangan hanya ikut-ikutan orang lain saja.Tertarik untuk menggunakan strategi-strategi trading di atas? Smart People bisa mulai belajar jual-beli saham melalui aplikasi RHB TradeSmart ID. Aplikasi jual-beli saham online yang stabil dan tentunya jarang mengalami lag. Jadi, tunggu apalagi? Segera download aplikasi RHB Tradesmart ID di Play Store dan App Store.

RHB Smart Talk

Tonton pembahasan menarik mulai dari ide trading, analisa fundamental, dan analisa teknikal untuk emiten saham pilihan

Setiap hari Senin-Jumat jam 8.45 pagi bersama tim riset RHB Sekuritas

Raih #MomenSmart bersama RHB Sekuritas

Trading saham lebih smart dengan mudah dan cepat bersama fitur ARO

PT RHB Sekuritas Indonesia

Revenue Tower 10-11th Floor
District 8, SCBD Lot 13
Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53
Jakarta, 12190

021-50939888 (Hunting RHB SI)
021-50939700 (Support OLT)

www.rhbtradesmart.co.id
id.support@rhbgroup.com

Download Sekarang

PT RHB Sekuritas Indonesia terdaftar dan diawasi oleh

© 2021 owned by RHB Sekuritas Indonesia
Terms & Condition Internal